3 Pencapaian Rodri Sepanjang 2023, Luar Biasa!

Tidak cukup untuk masuk 2023 FIFA FIFPRO World 11

FIFA mengumumkan sebelas pemain yang masuk 2023 FIFA FIFPRO Men's World 11. Nama-nama besar seperti Kylian Mbappe, Lionel Messi, dan Kevin De Bruyne terpilih sebagai finalis. Akan tetapi, tidak ada nama Rodri dalam daftar 2023 FIFA FIFPro Men's World 11.

Padahal, Rodri merupakan pemain kunci di balik kesuksesan Manchester City meraih lima trofi sepanjang 2023. Kehadirannya memberikan pengaruh positif kepada permainan tim. Pencapaian pemain asal Spanyol itu juga cukup mentereng. Berikut pencapaian Rodri sepanjang 2023.

1. Mengangkat trofi enam kali bersama Manchester City dan Timnas Spanyol

3 Pencapaian Rodri Sepanjang 2023, Luar Biasa!Rodri menjuarai Liga Champions Eropa. (uefa.com)

Rodri turut berkontribusi dalam raihan gelar juara Manchester City dan Timnas Spanyol. Ia selalu menjadi pilihan utama untuk posisi gelandang bertahan di klub maupun negaranya. Rodri berhasil membuat lini tengah stabil sehingga timnya mampu memenangi banyak pertandingan.

Perannya sangat penting dalam raihan treble winner Manchester City pada 2023/2024. Ia lalu membantu The Citizens menjuarai Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Rodri juga berhasil membawa Timnas Spanyol meraih titel juara UEFA Nations League 2023.

Baca Juga: Kehidupan Sederhana Rodri, Dari Tak Punya Medsos hingga Meraih Sarjana

2. Menjadi pemain terbaik di laga final UCL dan Nations League 2023

3 Pencapaian Rodri Sepanjang 2023, Luar Biasa!Rodri (uefa.com)

Rodri berhasil menjadi pahlawan kemenangan Manchester City di laga final Liga Champions Eropa melawan Inter Milan. Ia menjadi pencetak gol tunggal ketika The Citizens unggul 1-0 atas Inter Milan sampai laga usai. Rodri juga berhasil menjaga lini tengah Manchester City stabil dan membantu barisan pertahanan dalam menahan gempuran Inter Milan.

Dilansir Fotmob, akurasi operan Rodri mencapai 92 persen dengan 2 operan berhasil menciptakan peluang mencetak gol. Ia mampu menjaga pertahanan dari lini tengah Manchester City dengan melakukan 5 kali aksi defensif, 3 kali intersep, dan 9 kali ball recoveries. Rodri terpilih sebagai Man of the Match dalam laga final Liga Champions.

Di sisi lain, performa Rodri cukup impresif selama bermain penuh 120 menit. Ia mampu memberikan 81 operan sukses dari total 89 kali percobaan. Rodri juga berhasil memenangi tekel 2 kali, 9 kali ball recoveries, dan 4 aksi defensif. Permainan apik Rodri membuatnya terpilih sebagai Player of the Finals.

3. Menerima penghargaan Golden Ball di Piala Dunia Antarklub 2023

3 Pencapaian Rodri Sepanjang 2023, Luar Biasa!Rodri (mancity.com)

Rodri tampil memukau dalam dua pertandingan Piala Dunia Antarklub 2023. Ia sukses berkontribusi ketika Manchester City menjuarai turnamen tersebut. Rodri terpilih sebagai pemain terbaik Piala Dunia Antarklub sehingga berhak atas penghargaan Golden Ball.

Dilansir Fotmob, statistik Rodri di Piala Dunia Antarklub menunjukkan dirinya memiliki akurasi operan mencapai 96 persen dengan 190 operan sukses. Ia juga mampu melakukan 15 umpan jauh berhasil dengan persentase akurasinya 83 persen. Selain itu, persentase Rodri dalam berduel fisik dengan pemain lawan mencapai 85 persen.

Ketiga pencapaian Rodri tersebut seharusnya cukup untuk membuatnya masuk jajaran pemain terbaik dalam 2023 FIFA FIFPro Men's World 11. Ia memang bukan sosok yang rajin mencetak gol maupun assist, tetapi kehadirannya sangat penting bagi performa Manchester City, terutama pada 2022/2023. Rodri layak mendapatkan apresiasi lebih atas performanya selama 2023.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 16 Manchester City Sebelum Rodri

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya