5 Pencetak Gol Athletic Bilbao di Derbi Basque dalam 3 Kemenangan

Mereka menjadi bintang kemenangan

Derbi Basque antara Athletic Bilbao dan Real Sociedad sering kali menghadirkan pertandingan yang cukup sengit. Kedua tim sama-sama memiliki hasrat tinggi untuk meraih kemenangan demi gengsi dan prestasi.

Derbi Basque sejauh ini telah 167 kali digelar. Athletic Bilbao unggul dengan 66 kemenangan. Sementara, Real Sociedad mengantongi 59 kemenangan.

Kedua tim saling mengalahkan tiap kali bermain di kandang masing-masing. Athletic Bilbao berhasil menaklukan Real Sociedad di stadion mereka, San Mames, 3 kali dalam 3 musim terakhir.

Berikut empat pemain Athletic Bilbao yang mencetak gol dalam raihan positif tersebut.

1. Dani Vivian memecah kebuntuan Athletic Bilbao

5 Pencetak Gol Athletic Bilbao di Derbi Basque dalam 3 KemenanganDani Vivian (athletic-club.eus)

Dani Vivian sukses memecah kebuntuan Athletic Bilbao ketika meraih kemenangan 4-0 atas Real Sociedad di LaLiga Spanyol pada 20 Februari 2022. Ia bermain sebagai seorang bek tengah dari menit pertama. Vivian lalu berhasil mencetak satu gol pada babak kedua menit ke-68.

Ia memanfaatkan umpan matang dari tendangan sudut Alex Berenguer. Vivian dapat melompat tanpa penjagaan ketat. Ia langsung menyundul bola masuk ke sisi kiri gawang Sociedad. Torehan golnya membuka jalan bagi Athletic Bilbao untuk mencetak gol pada menit-menit berikutnya.

2. Oihan Sancet menggandakan keunggulan Bilbao

5 Pencetak Gol Athletic Bilbao di Derbi Basque dalam 3 KemenanganOihan Sancet (athletic-club.eus)

Masih dari pertandingan yang sama, Oihan Sancet menggandakan keunggulan Athletic Bilbao menjadi 2-0. Ia mencetak gol dengan cara yang spektakuler. Sama seperti Vivian, Sanchet merobek gawang Sociedad setelah menerima umpan dari tendangan sudut.

Ia mengawali pertandingan dari sebagai pemain cadangan. Sanchet baru masuk menggantikan Raul Garcia pada babak kedua menit ke-62. Ia berhasil memanfaatkan umpan matang dari tendangan pojok Iker Muniain. Bilbao makin mendominasi jalannya pertandingan usai unggul dua gol.

Baca Juga: 6 Pemain Athletic Bilbao yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023

3. Inaki Williams sering kali memberikan mimpi buruk bagi pertahanan Real Sociedad

5 Pencetak Gol Athletic Bilbao di Derbi Basque dalam 3 KemenanganInaki Williams (athletic-club.eus)

Inaki Williams berhasil menegaskan kemenangan Athletic Bilbao 4-0 atas Real Sociedad di LaLiga Spanyol pekan ke-25 pada 20 Februari 2022. Ia sukses memaksimalkan umpan matang dari Alex Berenguer dengan sepakan tap-in. Namun, torehan gol Williams tidak hanya terjadi di laga LaLiga Spanyol pada pekan ke-25.

Ia mampu mencetak dua gol kemenangan saat Bilbao bertemu lagi dengan Sociedad di San Mames dalam laga LaLiga Spanyol pekan ke-29 pada 15 April 2023. Williams menorehkan gol pertamanya dalam laga tersebut usai memanfaatkan umpan matang Mikel Vesga. Ia menggandakan keunggulan setelah mengonversi umpan Raul Garcia menjadi gol. Athletic Bilbao sukses menang 2-0 dalam laga tersebut.

4. Iker Muniain turut menyumbang satu gol dalam kemenangan 4-0 atas Real Sociedad

5 Pencetak Gol Athletic Bilbao di Derbi Basque dalam 3 KemenanganIker Muniain

Iker Muniain mencetak gol keempat bagi Athletic Bilbao dalam kemenangan 4-0 melawan Real Sociedad di LaLiga Spanyol pekan ke-25 pada 20 Februari 2020. Uniknya, gol tersebut tercipta setelah ia menerima umpan dari Sancet pada menit ke-89. Muniain yang berlari menusuk ke kotak penalti Sociedad dari sayap kanan berhasil memasukan bola dengan tendangan kaki kirinya.

Torehan gol tersebut terasa spesial bagi Muniain. Sebab, ia sebelumnya gagal mengeksekusi penalti pada babak pertama menit ke-32. Terlebih lagi, Muniain menyelesaikan laga ini dengan catatan 1 gol dan 1 assist.

5. Alejandro Berrenguer menjadi bintang kemenangan dengan dua gol

5 Pencetak Gol Athletic Bilbao di Derbi Basque dalam 3 KemenanganAlejandro Berrenguer (depan) (athletic-club.eus)

Alejandro Berrenguer sukses menjadi bintang kemenangan Athletic Bilbao 2-1 atas Real Sociedad di LaLiga Spanyol pekan ke-20 pada 13 Januari 2024. Torehan dua golnya hanya bisa dibalas satu oleh Real Sociedad. Berrenguer berhasil terpilih sebagai Man of the Match dalam laga ini. 

Berrenguer menorehkan gol pertamanya usai memanfaatkan kesalahan dari kiper Sociedad, Unai Marrero, pada babak pertama. Ia kemudian menggandakan keunggulan Bilbao setelah mendapatkan bola muntah di kotak penalti. Berrenguer langsung saat menendang bola masuk ke gawang kiper Real Sociedad, . Ia berhasil menjadi Man of the Match dalam laga tersebut.

Kelima pemain di atas menunjukkan kontribusi yang cukup signifikan di Derbi Basque melawan Real Sociedad dalam tiga kemenangan terakhir di San Mames. Mereka masih menjadi baigian dari proyek masa depan Bilbao lewat kombinasi pemain senior dan junior. Selain itu, rata-rata skuad Atlhletic Bilbao merupakan produk asli akademi mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Athletic Bilbao dengan Masa Bakti Terlama, Loyal!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya