3 Pencetak Gol Terbanyak dalam 1 Kualifikasi Euro

Rekor baru telah tercipta

Kualifikasi Euro sering kali menghadirkan rekor-rekor baru dalam sejarah sepak bola Eropa. Misalnya, Warren Zaïre-Emery yang berhasil menjadi pencetak gol termuda untuk Timnas Prancis usai Perang Dunia II. Itu terjadi ketika ia menyumbang satu gol dalam kemenangan 14-0 atas Gibraltar pada 18 November 2023.

Rekor baru sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu Kualifikasi Euro juga baru saja tercipta. Romelu Lukaku berhasil mencatatkan namanya sebagai pemain dengan jumlah gol paling banyak dalam satu Kualifikasi Euro. Ia memecahkan rekor tersebut ketika Belgia menang 5-0 atas Azerbaijan dalam pertandingan Kualifikasi Euro 2024 pada 19 November 2023. Lukaku bahkan mencetak empat gol dalam satu laga.

Tercatat, ada tiga pemain top Eropa yang mampu menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu Kualifikasi Euro.

1. David Healy merobek gawang lawan 13 kali selama Kualifikasi Euro 2008

3 Pencetak Gol Terbanyak dalam 1 Kualifikasi EuroDavid Healy (uefa.com)

David Healy pernah menduduki peringkat pertama sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu Kualifikasi Euro. Ia sukses merobek gawang lawan-lawannya sebanyak 13 kali sepanjang Kualifikasi Euro 2008. Sayangnya, Healy gagal membawa Timnas Irlandia Utara lolos ke putaran final Euro 2008.

Irlandia Utara hanya mampu finis di peringkat ke-3 dengan koleksi 20 poin. Mereka tidak mampu bersaing dengan Spanyol dan Swedia yang berhasil lolos ke putaran final Euro 2008. Di sisi lain, Healy total mencetak 36 gol dari 95 pertandingan di semua kompetisi bersama Timnas Irlandia Utara.

Baca Juga: 9 Potret Milena Lewandowska, Sang Kakak di Balik Sukses Lewandowski

2. Robert Lewandowski berhasil menyamai rekor David Healy dengan 13 gol

3 Pencetak Gol Terbanyak dalam 1 Kualifikasi EuroRobert Lewandowski (uefa.com)

Robert Lewandowski menjadi pemain kedua setelah David Healy yang mampu menorehkan 13 gol dalam 1 Kualifikasi Euro. Striker Timnas Polandia itu berhasil menyamai rekor Healy sepanjang Kualifikasi Euro 2016. Lewandowski mencetak gol yang ke-13 saat Polandia menang 2-1 atas Republik Irlandia serta memastikan lolos ke putaran final Euro 2016 dengan finis sebagai runner-up Grup D.

Timnas Polandia sukses mengoleksi 21 poin dari 10 pertandingan Kualifikasi Euro 2016. Sayangnya, Lewandowski hanya bisa mengantarkan Timnas Polandia sampai ke perempat final Euro 2016. Mereka kalah dari Portugal lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1.

3. Romelu Lukaku menorehkan 14 gol selama Kualifikasi Euro 2024

3 Pencetak Gol Terbanyak dalam 1 Kualifikasi EuroRomelu Lukaku (uefa.com)

Romelu Lukaku resmi mengukir namanya sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu Kualifikasi Euro. Ia memecahkan rekor Healy dan Lewandowski dengan torehan 14 gol. Ia juga berhasil membawa Timnas Belgia lolos ke putaran final Euro 2024 Jerman. Ditambah lagi, striker AS Roma itu membuat rekor tersebut dengan memborong empat gol saat mengalahkan Azerbaijan dengan skor 5-0 pada 19 November 2023.

Lukaku bahkan berhasil mencetak quattrick hanya dalam waktu 20 menit pada babak pertama. Secara rinci, ia merobek gawang Azerbaijan pada menit 17, 26, 30, dan 37. Hasil ini membuat Belgia menyelesaikan Kualifikasi Euro 2024 tanpa mengalami kekalahan. 

Ketiga pemain di atas sukses mengukir namanya dalam buku sejarah sepak bola Eropa. Dari tiga pemain di atas, hanya Romelu Lukaku dan Robert Lewandowski yang masih aktif bermain. Mereka pun berpeluang menciptakan sejarah baru dalam karier internasional mereka. Namun, Lewandowski harus bekerja keras pada babak playoff untuk bisa membawa negaranya ke putaran final Euro 2024. Sebab, Polandia hanya finis di peringkat ketiga dalam klasemen Grup E dengan koleksi sebelas poin di Kualifikasi Euro 2024.

Baca Juga: 6 Penyerang yang Berseragam AS Roma pada 2023/2024, Lukaku Tertajam

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya