3 Pencetak Gol Terbanyak dalam Laga Tandang di UCL

Deretan penyerang papan atas

Liga Champions Eropa (UCL) menjadi panggung bagi para pemain terbaik dunia untuk menunjukkan kualitasnya. Bagi para penyerang, mencetak gol di Liga Champions Eropa merupakan momen yang spesial. Sebab, UCL merupakan kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa bahkan dunia.

Lebih spesialnya lagi jika sang pemain mampu menorehkan gol ketika bertandang ke kandang lawannya. Pasalnya, mereka harus menghadapi tekanan besar setiap kali menjalani laga tandang yang berada di luar negara tempat mereka berkarier. Itulah mengapa UCL sempat menerapkan peraturan keunggulan gol tandang di fase gugur sebelum dihapus pada 2021.

Tercatat, tiga penyerang top dunia ini mampu mengukir rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam laga tandang di UCL. Siapa saja mereka?

1. Karim Benzema mencetak 14 gol dalam laga tandang UCL

3 Pencetak Gol Terbanyak dalam Laga Tandang di UCLKarim Benzema (twitter.com/ChampionsLeague)

Karim Benzema merupakan salah satu penyerang top hasil binaan akademi Olympique Lyon. Ia melakoni debutnya di Liga Champions Eropa ketika Lyon menjamu Rosenborg di Stade de Gerland pada babak grup 2005/2006. Benzema langsung mencetak gol dalam kemenangan Lyon 2-1 atas Rosenborg.

Ia kemudian menorehkan gol tandang pertamanya ketika Lyon menang 3-0 di kandang Steaua Bucharest pada fase grup UCL 2006/2007. Benzema terakhir kali mencetak gol tandang di Liga Champions Eropa ketika berhasil merobek gawang Liverpool dua kali di Anfield pada leg pertama babak 16 besar 2022/2023. Secara keseluruhan, striker asal Prancis itu mencetak 14 gol tandang di UCL.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Pernah Membawa Borussia Dortmund ke Semifinal UCL

2. Kylian Mbappe sejauh ini telah menorehkan 15 gol tandang

3 Pencetak Gol Terbanyak dalam Laga Tandang di UCLKylian Mbappe (uefa.com)

Kylian Mbappe memulai kiprahnya di Liga Champions Eropa ketika AS Monaco menghadapi Bayer Leverkusen pada babak grup 2016/2017. Ia kala itu masih berusia 17 tahun dan hanya bermain sebagai pemain pengganti. Gol pertama Mbappe tercipta ketika AS Monaco bertandang ke kandang Manchester City, Etihad Stadium, pada leg pertama babak 16 besar UCL 2016/2017. Mbappe mencetak satu gol dalam kekalahan AS Monaco atas Manchester City dengan skor 3-5.

Meski kalah, laga tersebut menjadi awal kegemilangan Mbappe di Liga Champions Eropa. Ia kembali merobek gawang Manchester City ketika AS Monaco berbalik menang di kandang dengan skor 3-1 pada leg kedua. Terbaru, Mbappe mencetak dua gol di kandang sementara Barcelona, Estadio Olimpic Lluis Companys, pada leg kedua perempat final UCL 2023/2024. Torehan tersebut membuatnya melewati rekor Benzema dengan total 15 gol tandang.

3. Cristiano Ronaldo masih menjadi pemain tersubur di laga tandang UCL dengan 23 gol

3 Pencetak Gol Terbanyak dalam Laga Tandang di UCLCristiano Ronaldo (uefa.com)

Cristiano Ronaldo memulai perjalanannya di Liga Champions Eropa ketika membela Manchester United menghadapi Vfb Stuttgart pada fase grup 2003/2004. Namun, gol pertamanya justru hadir ketika MU membantai AS Roma dengan skor 7-1 pada leg kedua perempat final UCL 2006/2007. CR7 bahkan menyumbang dua gol dalam kemenangan terbesar Manchester United di fase gugur Liga Champions Eropa itu.

Uniknya, gol tandang pertama Ronaldo di UCL tercipta saat menjadi pahlawan kemenangan MU 1-0 atas mantan klubnya, Sporting Lisbon, pada babak grup UCL 2007/2008. Ia menorehkan gol tandang terakhirnya ketika membela MU pada periode keduanya. Ronaldo menyumbang satu gol dalam kemenangan Manchester United 2-0 kontra Villarreal pada babak grup 2020/2021. Ia total memiliki koleksi 23 gol tandang di Liga Champions Eropa. Crisitiano Ronaldo masih mempertahankan rekor ini per April 2024.

Pencapaian 23 gol Cristiano Ronaldo masih berpeluang dipecahkan oleh Kylian Mbappe. Pasalnya, penyerang asal Prancis itu sudah mengoleksi 15 gol tandang di Liga Champions Eropa. Usia Mbappe juga masih 25 tahun. Ia pun masih berpeluang melampaui rekor-rekor Cristiano Ronaldo lainnya di ajang UCL.

Baca Juga: 3 Sisi Non-Teknis Ini Memengaruhi Hasil Perempat Final UCL 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya