3 Pencetak Gol Tercepat di Laga Persahabatan

Rekor yang sulit diulang

Laga persahabatan internasional seringkali dianggap tidak terlalu penting karena bukan bagian dari kompetisi mana pun. Meski begitu, berbagai rekor unik berhasil tercipta dalam pertandingan yang juga dikenal dengan laga uji coba ini. Salah satunya adalah pemain yang berhasil mencetak gol dalam waktu singkat pada babak pertama.

Rekor ini terbilang sulit untuk dilakukan. Pasalnya, kebanyakan tim akan memulai membangun serangan dari belakang saat kick-off alih-alih langsung menyerang untuk mencetak gol. Akan tetapi, tiga pemain ini berhasil mengukir rekor gol tercepat dalam laga persahabatan.

1. Lukas Podolski menorehkan gol ke gawang Ekuador dengan durasi 9 detik

3 Pencetak Gol Tercepat di Laga PersahabatanLukas Podolski (dfb.de)

Lukas Podolski merupakan pemain yang cukup diandalkan Timnas Jerman di lini depan sejak debutnya pada Juni 2004. Ia menjadi salah satu pemain yang memiliki jalan karier yang cukup unik. Podolski tidak terlalu bersinar di level klub, tetapi cukup tajam ketika membela Timnas Jerman. Ia telah mencetak 49 gol dan 31 assist dalam 130 pertandingan di semua kompetisi.

Salah satu momen spesial Podolski bersama Der Panzer terjadi ketika menghadapi Ekuador dalam laga persahabatan pada 29 Mei 2013. Podolski melakukan pressing kepada pemain bertahan Ekuador usai wasit meniup peluit babak pertama. Ia berhasil merebut bola di depan kotak penalti dan langsung menggiring bola kemudian melepaskan tembakan akurat ke arah sudut kanan gawang Ekuador. Podolski menorehkan gol tersebut dalam durasi 9 detik.

2. Florian Wirtz hanya butuh 7 detik untuk merobek gawang Prancis

3 Pencetak Gol Tercepat di Laga PersahabatanFlorian Wirtz (bundesliga.com)

Florian Wirtz tengah dalam performa terbaiknya pada 2023/2024. Ia sejauh ini telah mencetak 11 gol dan 17 assist dalam 36 laga di semua kompetisi bersama Bayer Leverkusen. Performa apiknya itu berhasil Wirtz aplikasikan saat membela Timnas Jerman saat menjalani laga persahabatan kontra Prancis pada 23 Maret 2024.

Ia yang tidak dijaga ketat pemain Prancis menerima umpan matang dari Toni Kroos di depan kotak penalti. Wirtz langsung melepaskan tembakan keras dan masuk ke gawang Prancis yang dikawal Brice Samba. Gol tersebut tercipta ketika pertandingan baru berjalan 7 detik pada babak pertama. Wirtz sukses menjadi pencetak gol tercepat dalam sejarah Timnas Jerman.

3. Christoph Baumgartner mencetak gol fantastis dalam waktu 6 detik

3 Pencetak Gol Tercepat di Laga PersahabatanChristoph Baumgartner (instagram.com/baumi_14)

Christoph Baumgartner merupakan pemain yang memiliki reputasi mentereng di Bundesliga sejak membela TSG Hoffenheim pada 2019. Ia kini tercatat sebagai pemain RB Leipzig dari musim panas 2023. Baumgartner juga menjadi andalan di lini depan Timnas Austria sejak debutnya ketika melawan Norwegia pada laga uji coba 4 September 2020.

Pemain berusia 24 tahun itu diturunkan sebagai starter di posisi striker saat Austria bertandang ke Slovakia dalam pertandingan persahabatan pada 23 Maret 2024. Baumgartner melakukan aksi heroik saat wasit meniup peluit kick-off babak pertama. Ia menggiring bola sendiri melewat tiga pemain Slovakia dan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola masuk ke sisi kiri gawang Slovakia saat pertandingan baru berjalan 6 detik. Baumgartner menjadi pencetak gol tercepat dalam sejarah pertandingan internasional.

Ketiga pemain tersebut menunjukkan aksi luar biasa dengan mencetak gol dengan cepat pada awal babak pertama. Uniknya, Wirtz dan Baumgartner mengukir rekor tersebut pada hari yang sama. Terlebih lagi, gol kedua pemain ini hanya berbeda 1 detik. Akankah ada lagi pemain yang mampu memecahkan rekor Baumgartner sebagai pencetak gol tercepat?

Baca Juga: 10 Potret Christoph Baumgartner, Pemain yang Diandalkan Timnas Austria

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya