3 Pencetak Gol Termuda LaLiga Spanyol yang Berasal dari Turki

Rekor baru telah tercipta pada 2023/2024

Beberapa pemain asal Turki pernah menjalani karier gemilang ketika bermain di LaLiga Spanyol. Sebut saja Arda Turan yang meraih gelar juara LaLiga Spanyol bersama Atletico Madrid dan Barcelona serta Nihat Kahveci yang bersinar di Real Sociedad dan Villarreal.  Mereka pernah mengukir sejarah sebagai pemain Turki termuda yang mencetak gol di LaLiga Spanyol.

Namun, pencapaian tersebut telah beberapa kali dipecahkan oleh generasi pemain Turki yang lebih muda. Rekor terbaru bahkan terjadi pada LaLiga 2023/2024. Berikut tiga pencetak gol termuda LaLiga Spanyol yang berasal dari Turki.

1. Enes Unal menorehkan gol pertamanya di LaLiga saat berusia 20 tahun 4 bulan

3 Pencetak Gol Termuda LaLiga Spanyol yang Berasal dari TurkiEnes Unal (villarrealcf.es)

Enes Unal mengawali kariernya di LaLiga Spanyol ketika pindah secara permanen dari Manchester City pada musim panas 2017. Ia kemudian berhasil mengawali kiprahnya di LaLiga Spanyol dengan torehan gol pertamanya ketika Villarreal menang 3-1 atas Real Betis pada 10 September 2017. Unal saat itu masih berusia 20 tahun 4 bulan.

Meski begitu, Villarreal tetap meminjamkan Unal kepada Levante pada Oktober 2017. Ia kemudian berhasil tampil reguler ketika membela Getafe secara permanen pada periode Agustus 2020--Januari 2024. Unal kini kembali menjalani masa peminjaman di Bournemouth dari Februari 2024.

Baca Juga: 5 Pemain Villarreal Terakhir yang Mencetak Hattrick di LaLiga Spanyol

2. Emre Mor merobek gawang lawan di LaLiga Spanyol saat usianya 20 tahun 2 bulan 22 hari

3 Pencetak Gol Termuda LaLiga Spanyol yang Berasal dari TurkiEmre Mor (twitter.com/Emremor29)

Emre Mor pernah dilabeli wonderkid ketika membela Borussia Dortmund pada 2016/2017. Kemampuan olah bola serta visi permainannya membuatnya digadang-gadang bakal menjadi bintang Turki masa depan. Akan tetapi, kariernya bersama Dortmund tidak berjalan lancar sehingga ia pindah ke Celta Vigo pada Agustus 2017.

Mor mengawali perjalanannya di Spanyol dengan gemilang. Ia mencetak gol pembuka saat Celta Vigo menang atas UD Las Palmas 5-2 pada 16 Oktober 2017. Mor saat itu masih berusia 20 tahun 2 bulan 22 hari. Mor kemudian beberapa kali dipinjamkan kepada sejumlah klub seperti Galatasaray, Olympiacos, dan Karagumruk. Ia sempat pindah secara permanen ke Fenerbahce, tetapi kini kembali ke Karagumruk sebagai pemain pinjaman sampai Juni 2024.

3. Arda Guler mencetak gol pertamanya di Real Madrid saat usianya 19 tahun 14 hari

3 Pencetak Gol Termuda LaLiga Spanyol yang Berasal dari TurkiArda Guler (twitter.com/realmadrid)

Arda Guler disebut-sebut sebagai Turkish Messi atau Messi dari Turki karena memiliki kemampuan dribel dan kecepatan ciamik. Ia mengambil langkah besar dalam kariernya dengan menerima tawaran Real Madrid pada musim panas 2023. Akan tetapi, Guler langsung mengalami cedera cukup parah dan absen lama sampai Januari 2024.

Ia baru sekali bermain sebagai starter ketika menang 3-1 atas Aradina pada babak ketiga Copa Del Rey 6 Juni 2024. Guler akhirnya menorehkan gol pertamanya ketika Real Madrid menang atas Celta Vigo dengan skor 4-0 dalam pertandingan LaLiga Spanyol pekan ke-28 pada 10 Maret 2024. Ia sukses menjadi pemain Turki termuda yang mencetak gol di LaLiga Spanyol dengan usia 19 tahun 14 hari.

Pencapaian ketiga pemain ini tidak mudah untuk dipecahkan oleh talenta muda Turki lainnya. Sebab, tidak banyak pemain Turki yang berkarier di Spanyol ketika usia muda sebelum 20 tahun. Maka dari itu, gol Arda Guler begitu bermakna bagi karier sang pemain. Apalagi, ia mampu menorehkannya bersama klub raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid.

Baca Juga: 3 Pemain Prancis yang Mencapai 250 Penampilan di LaLiga

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya