3 Pencetak Gol Termuda PSG di UCL, Zaïre-Emery Pecahkan Rekor!

Semuanya masih aktif bermain pada 2023/2024

Paris Saint-Germain (PSG) dikenal sebagai klub yang konsisten belanja pemain bintang secara jor-joran sejak Qatar Sports Investments (QSI) mengakuisisi klub pada 2011. Meski begitu, klub berjuluk Les Parisiens tetap mengorbitkan pemain muda dari akademinya. Sebut saja Presnel Kimpembe yang kini menjadi pilar utama PSG di lini belakang dan Kingsley Coman yang berhasil menjadi bintang di Bayern Muenchen.

PSG memiliki wonderkid yang sukses bikin gebrakan pada 2023/2024. Sosok tersebut adalah Warren Zaïre-Emery yang tengah naik daun berkat performanya yang luar biasa. Ia bahkan mampu membuat beberapa rekor mentereng salah satunya di Liga Champions Eropa. Zaïre-Emery kini tercatat sebagai pencetak gol termuda PSG di UCL berkat satu golnya saat bermain imbang 1-1 melawan Borussia Dortmund di babak grup pada 13 Desember 2023.

Setidaknya, ada tiga pemain yang tercatat sebagai pencetak gol termuda PSG di Liga Champions Eropa. Ketiga pemain ini masih aktif bermain di skuad utama PSG pada 2023/2024.

1. Marquinhos pernah menjadi pencetak gol termuda di UCL saat berusia 19 tahun

3 Pencetak Gol Termuda PSG di UCL, Zaïre-Emery  Pecahkan Rekor!Marquinhos (psg.fr)

Marquinhos bikin gebrakan usai didatangkan dari AS Roma pada musim panas 2013. Ia mencetak satu gol dalam kemenangan 4-1 atas Olympiacos di babak grup Liga Champions Eropa pada 17 September 2013. Marquinhos menyundul bola ke gawang setelah menerima umpan dari tendangan pojok pada babak kedua menit ke-85. Ia masih berusia 19 tahun 4 bulan 3 hari ketika mencetak gol tersebut.

Pemain asal Brasil itu tidak butuh waktu lama untuk menorehkan gol keduanya di UCL. Ia kembali menyumbang satu gol saat PSG menang 3-0 atas Benfica di babak grup Liga Champions Eropa pada 2 Oktober 2013. Rekor Marquinhos sebagai pencetak gol termuda PSG di UCL bertahan selama 4 tahun.

2. Kylian Mbappé unjuk diri dengan gol pertamanya di UCL saat berumur 18 tahun

3 Pencetak Gol Termuda PSG di UCL, Zaïre-Emery  Pecahkan Rekor!Kylian Mbappe (uefa.com)

Kylian Mbappé langsung mencetak satu gol saat tampil dalam laga perdananya di Liga Champions Eropa bersama PSG. Ia sukses merobek gawang lawannya, Celtic, di pertandingan fase grup UCL pada 12 September 2017. Mbappé berhasil menggeser Marquinhos sebagai pencetak gol termuda PSG di Liga Champions Eropa. Pasalnya, ia masih berumur 18 tahun 8 bulan 23 hari.

Mbappé kemudian berkembang menjadi penyerang tajam di dunia. Ia sejauh ini telah mencetak 37 gol dan 26 assist dalam 58 laga di Liga Champions Eropa bersama PSG. Sayangnya, Mbappé belum berhasil memberikan gelar juara Liga Champions Eropa untuk PSG.

3. Warren Zaïre-Emery pecahkan rekor Mbappe saat usianya 17 tahun

3 Pencetak Gol Termuda PSG di UCL, Zaïre-Emery  Pecahkan Rekor!Warren Zaïre-Emery (uefa.com)

Warren Zaïre-Emery sukses memecahkan rekor Mbappé sebagai pencetak gol termuda PSG di UCL. Ia mencetak satu gol ketika PSG bermain imbang 1-1 melawan Borussia Dortmund dalam laga babak grup pada 13 Desember 2023. Usia Zaïre-Emery masih 17 tahun 9 bulan 6 hari ketika mencetak gol tersebut.

Torehan gol Zaïre-Emery tidak hanya penting bagi perjalanan kariernya, tetapi juga untuk PSG. Pasalnya, PSG berhasil lolos ke babak 16 besar berkat gol penyeimbang dari Zaïre-Emery. Klub berjuluk Les Parisiens itu menempati urutan ke-2 dalam klasemen akhir grup F. Zaïre-Emery sendiri sejauh ini telah menorehkan total 8 penampilan dan mencetak 1 gol serta 3 assist di Liga Champions Eropa bersama PSG.

Ketiga pemain di atas masih aktif membela PSG pada 2023/2024. Kehadiran Zaïre-Emery menjadi kabar baik bagi proyek masa depan PSG. Pasalnya, Les Parisiens tengah membangun skuad inti dengan pemain muda dari jebolan akademi ataupun pembelian di bursa transfer. Apalagi, Mbappé dikabarkan akan hengkang pada musim panas 2024. Menarik untuk melihat bagaimana kiprah Zaïre-Emery dan para talenta muda lainnya di PSG.

Baca Juga: 11 Potret Warren Zaire-Emery, Wonderkid Potensial Paris Saint-Germain

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya