3 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala FA

Hanya satu pemain yang berasal dari luar Britania Raya

Piala FA merupakan kompetisi tertua dalam sejarah sepak bola Inggris. Turnamen ini telah berlangsung sejak 1871 atau selama 153 tahun. Segudang sejarah tercipta sepanjang gelaran Piala FA, salah satunya rekor para pemain yang menjadi pencetak gol.

Tercatat ada tiga sosok pemain tertua yang menorehkan gol dalam sejarah Piala FA. Mereka menunjukkan kualitasnya di usia yang sudah tidak muda lagi. Uniknya, ketiga pemain ini semuanya menciptakan rekor sebagai pencetak gol tertua dalam sejarah Piala FA pada 2023/2024.

1. Shaun Whalley mencetak gol di Piala FA saat usianya 36 tahun 2 bulan 28 hari

3 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala FAShaun Whalley (accringtonstanley.co.uk)

Shaun Whalley tercatat sebagai pencetak gol tertua ketiga dalam sejarah Piala FA. Hal tersebut terjadi setelah pemain asal Inggris itu menorehkan satu gol saat timnya, Accrington Stanley, bermain imbang 2-2 melawan Doncaster Rovers pada 4 November 2023. Whalley yang bermain sebagai winger kiri mencetak gol melalui kaki kanannya.

Whalley sendiri pernah membela sejumlah klub yang berkompetisi di kasta ketiga dan keempat sepak bola Inggris. Misalnya, ia pernah membela Chester City, Luton Town, Sotuhport, dan Shrewsbury Town di League One dan League Two. Puncak kariernya terjadi ketika ia membela Shrewsbury Town. Saat itu, Shaun Whalley berhasil mencetak 39 gol dan 52 assist dari 257 pertandingan di semua kompetisi. Sayangnya, Whalley belum pernah bermain di Premier League sepanjang kariernya.

Baca Juga: Daftar Juara FA Cup Inggris Sejak 1871-2023, Terbaru Manchester City

2. Lee Martin menorehkan gol di Piala FA ketika umurnya 36 tahun 8 bulan 26 hari

Lee Martin sukses menciptakan sejarah di Piala FA sebagai pencetak gol tertua kedua. Hebatnya lagi, ia menjadi penentu kemenangan timnya, Ramsgate FC, saat menaklukan Woking FC 2-1 di babak pertama Piala FA pada 4 November 2023. Martin yang bermain sebagai seorang striker sekaligus kapten tim berhasil merobek gawang Woking FC pada babak kedua menit ke-72.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Lee Martin merupakan jebolan akademi Manchester United. Ia lebih banyak menjalani masa peminjaman ke enam klub berbeda, mulai dari Royal Antwerp, Rangers, Stoke City, Plymouth Argyle, Sheffield United, dan Nottingham Forest. Martin tercatat hanya tiga kali tampil bersama Manchester United dengan rincian masing-masing sekali di Premier League dan dua kali di Piala Liga.

3. Thiago Silva menciptakan sejarah di Piala FA saat usianya 39 tahun 3 bulan 15 hari

3 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala FAThiago Silva (instagram.com/chelseafc)

Thiago Silva sukses mengukir namanya sebagai pencetak gol tertua dalam sejarah Piala FA. Bek asal Brasil itu menorehkan satu gol ketika Chelsea menang 4-0 atas Preston North End di babak ketiga Piala FA pada 6 Januari 2024. Terlebih lagi, Thiago Silva mencetak gol hanya 5 menit setelah dirinya masuk menggantikan Alfie Gilchrist pada babak kedua menit ke-61.

Ia berhasil menyundul bola setelah menerima umpan dari tendangan sudut yang diambil oleh Cole Palmer pada menit ke-66. Thiago Silva kini tercatat telah mencetak 7 gol dan 4 assist dari 138 pertandingan di semua kompetisi bersama Chelsea. Ia dikabarkan tidak akan memperpanjang kontraknya yang berakhir pada musim panas 2024.

Dari tiga pemain di atas, hanya Thiago Silva yang merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Akankah ada pemain lain yang bisa memecahkan rekor Thiago Silva sebagai pemain tertua yang menorehkan gol di Piala FA? Patut dinanti!

Baca Juga: 5 Klub Paling Sering Menaklukkan Manchester United di Piala FA

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya