4 Pencetak Gol Tertua Real Madrid dalam Sejarah LaLiga Spanyol

Hanya satu pemain yang berposisi gelandang

Real Madrid memiliki sejarah panjang dalam sepak bola Spanyol dan Eropa. El Real merupakan peraih gelar juara LaLiga Spanyol terbanyak dengan koleksi 35 titel. Mereka juga pemegang rekor juara terbanyak di Liga Champions Eropa dengan 14 titel. Banyak rekor yang Real Madrid ciptakan, baik secara kolektif maupun individual. 

Salah satu rekor yang cukup menarik berkaitan dengan pencetak gol. Real Madrid memiliki pemain veteran yang mampu menorehkan gol pada usia yang sudah mencapai lebih dari 35 tahun di LaLiga Spanyol. Pencapaian para pemain senior itu masuk dalam rekor sejarah Real Madrid maupun LaLiga sendiri. Tidak heran mereka dianggap sebagai legenda bagi sepak bola Spanyol.

Inilah empat pencetak gol tertua Real Madrid dalam sejarah LaLiga Spanyol itu.

1. Paco Gento mencetak gol di LaLiga Spanyol saat usia 36 tahun 3 bulan 25 hari

https://www.youtube.com/embed/0eOGFJLow3Q

Paco Gento bergabung dengan Real Madrid dari Racing Santander pada musim panas 1953. Ia langsung menjadi andalan El Real di lini depan sebagai winger kiri. Gento membuktikan mampu secara konsisten mencetak gol sampai usianya tidak muda lagi.

Ia bahkan merobek gawang lawannya di LaLiga Spanyol, Real Sociedad, saat usianya sudah memasuki 36 tahun 3 bulan 25 hari. Golnya membawa Real Madrid menang 3-0 atas Sociedad pada 15 Februari 1970. Gento total bermain dalam 551 penampilan dengan 165 gol di semua kompetisi bersama Real Madrid. Ia turut mempersembahkan 12 gelar juara LaLiga dan 6 titel juara Liga Champions.

2. Amancio masih bisa menorehkan gol ketika umurnya 36 tahun 5 bulan 11 hari

4 Pencetak Gol Tertua Real Madrid dalam Sejarah LaLiga SpanyolAmancio (realmadrid.com)

Amancio menghabiskan kariernya bersama Real Madrid sejak bergabung dari Deportivo La Coruna pada musim panas 1962. Pemain asal Spanyol langsung meunjukkan ketajamannya di LaLiga Spanyol saat mencetak total 24 gol dalam 28 laga pada musim pertamanya di Real Madrid pada 1962/1963. Amancio secara konsisten mampu tampil tajam sampai ia pensiun pada 1976.

Ia menorehkan gol terakhirnya di LaLiga saat Real Madrid menang 2-0 atas Sporting Gijon pada 27 Maret 1976. Amancio mencetak gol kedua setelah Vicente del Bosque mencetak gol pembuka Real Madrid. Usianya saat itu sudah memasuki 36 tahun 5 bulan 11 hari. Amancio sendiri tampil dalam total 431 pertandingan dengan torehan 144 gol di semua kompetisi.

Baca Juga: Alphonso Davies dan Legenda Bek Sayap Real Madrid

3. Luka Modric bikin gol kemenangan Real Madrid pada usia 38 tahun 5 bulan 16 hari

4 Pencetak Gol Tertua Real Madrid dalam Sejarah LaLiga SpanyolLuka Modric (realmadrid.com)

Banyak yang meragukan kapasitas Luka Modric saat awal kedatangannya dari Tottenham Hotspur pada musim panas 2012. Sebab, Real Madrid saat itu sudah memiliki gelandang top seperti Xabi Alonso, Mesut Oezil, dan Sami Khedira. Namun, Modric membuktikan dirinya adalah salah satu gelandang terbaik di dunia.

Ia masih tampil prima dengan kemampuan mengatur serangan dan visi permainannya. Modric tidak jarang keluar sebagai pahlawan kemenangan lewat torehan golnya. Itu seperti ketika ia menorehkan gol kemenangan Real Madrid 1-0 atas Sevilla di LaLiga Spanyol pada 25 Februari 2024. Usia pemain asal Kroasia itu sudah memasuki 38 tahun 5 bulan 16 hari. Modric pun menjadi pencetak gol tertua Real Madrid dalam sejarah LaLiga.

4. Ferenc Puskas (38 tahun 7 bulan 19 hari) menjadi pencetak gol tertua Real Madrid di LaLiga Spanyol

https://www.youtube.com/embed/oh2rXjEAnC8

Nama Ferenc Puskas begitu melegenda di Real Madrid dan sepak bola dunia. Ia telah mengukir banyak prestasi dan rekor bagi Real Madrid dan Timnas Hungaria. Salah satu rekor yang Puskas ciptakan adalah menjadi pencetak gol tertua Real Madrid di LaLiga Spanyol.

Torehan golnya saat Real Madrid menang 2-1 atas Sevilla menjadi momentum baginya untuk mengukir rekor tersebut. Puskas saat itu sudah memasuki usia 38 tahun 7 bulan 19 hari. Namanya kemudian diabadikan untuk penghargaan gol terbaik selama setahun versi FIFA. Selain itu, stadion terbesar di Hungaria juga menggunakan nama Puskas. Ia sendiri bermain dalam total 234 pertandingan dengan 204 gol di semua kompetisi bersama Real Madrid.

Dari empat pemain di atas, hanya Modric yang masih aktif bermain pada 2023/2024. Ia bahkan berpeluang memecahkan rekor Puskas jika mampu mencetak gol di LaLiga Spanyol pada pekan-pekan terakhir 2023/2024. Hal tersebut akan menjadi prestasi yang luar biasa bagi karier sang pemain sebelum meninggalkan klub karena kontraknya habis pada musim panas 2024.

Baca Juga: 5 Pemain yang Jadi Tumpuan Vicente Del Bosque saat Melatih Real Madrid

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya