6 Pencetak Hattrick Tercepat dalam Sejarah LaLiga Spanyol

Rekor nomor satu belum terpecahkan

LaLiga Spanyol memiliki segudang rekor menarik terkait pencetak gol. Salah satunya tentang para pemain yang menorehkan 3 gol dalam 1 pertandingan atau yang biasa disebut dengan hattrick. Bintang-bintang seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo termasuk pemain yang pernah mencetak trigol dalam sejarah LaLiga.

Meski begitu, dua nama besar tersebut bukanlah sosok yang mampu menorehkan hattrick dalam waktu singkat. Setidaknya, ada enam pemain yang berhasil mengukir sejarah dengan mencetak hattrick tercepat di LaLiga Spanyol. Hebatnya, rekor tercepat belum terpecahkan selama 29 tahun.

1. Artem Dovbyk menorehkan hattrick dalam waktu 6 menit 32 detik

https://www.youtube.com/embed/u6Jl4s0nKoM

Artem Dovbyk menampilkan permainan luar biasa ketika Girona membantai Sevilla 5-1 dalam laga LaLiga Spanyol pekan ke-21 pada 21 Januari 2024. Pemain asal Ukraina itu mencetak trigol dalam pertandingan tersebut. Hebatnya lagi, Dovbyk melakukannya hanya dalam waktu 6 menit 32 detik.

Ia mencetak gol pertamanya saat memaksimalkan assist Savio pada babak pertama menit ke-13. Ia menorehkan brace ketika Girona melancarkan serangan balik cepat dan mampu mengonversi umpan dari Portu menjadi gol pada menit ke-15. Dovbyk melengkapi hattrick saat menyelesaikan assist Yan Couto melalui sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti pada menit ke-19.

2. Karim Benzema mencetak trigol hanya dalam 6 menit 30 detik

https://www.youtube.com/embed/4ASM44qvE80

Karim Benzema memamerkan ketajamannya di depan gawang ketika menorehkan hattrick saat Real Madrid menang 6-0 atas Real Valladolid di laga LaLiga Spanyol pekan ke-27 pada 2 April 2023. Pemain asal Prancis itu bahkan menjadi pencetak trigol tercepat dalam sejarah Real Madrid. Sebab, Benzema hanya butuh 6 menit 30 detik untuk menuntaskan torehan tiga gol dalam satu laga itu.

Torehan gol pertama Benzema berasal dari sundulan kepalanya setelah mendapatkan umpan lambung dari Vinicius Junior pada menit ke-29. Vinicius Junior kembali menjadi pemberi assist untuk gol kedua Benzema pada menit ke-32. Striker asal Prancis itu sukses merobek gawang Valladolid untuk ketiga kalinya setelah memaksimalkan umpan matang dari Rodrygo lewat tendangan akrobatiknya.

3. Luis Suarez menorehkan hattrick untuk Almeria dalam waktu 5 menit 25 detik

6 Pencetak Hattrick Tercepat dalam Sejarah LaLiga SpanyolLuis Suarez (udalmeriasad.com)

Striker asal Kolombia milik UD Almeria, Luis Suarez, menorehkan hattrick dengan cepat saat bermain imbang 3-3 melawan Granada pada 2 Oktober 2023. Uniknya, ketiga golnya itu semuanya berasal dari assist Largie Ramazani. Suarez mampu mencetak trigol itu dalam waktu 5 menit 25 detik.

Gol pertama Suarez terjadi setelah dirinya berhasil menaklukan kiper Granada, Andre Ferreira, dalam situasi 1 lawan 1 pada babak pertama menit ke-41. Ia menorehkan gol keduanya setelah memaksimalkan umpan Ramazani dengan sepakan tap-in. Suarez kemudian memanfaatkan kesalahan Andre Ferreira yang gagal mengantisipasi bola dari luar kotak penalti untuk mencetak trigolnya. Sayangnya, hattrick Suarez mampu dibalas tiga gol oleh Granada pada babak kedua.

Baca Juga: 3 Pemain Girona yang Pernah Mencetak Hattrick di LaLiga

4. David Villa hanya membutuhkan waktu 4 menit 46 detik untuk menorehkan trigol

6 Pencetak Hattrick Tercepat dalam Sejarah LaLiga SpanyolDavid Villa (uefa.com)

David Villa mengukir rekor apik bagi Valencia di LaLiga Spanyol. Ia menjadi pencetak hattrick ketiga di LaLiga. Trigol tersebut juga menjadi yang pertama selama Villa membela Valencia pada periode 2005--2010. Villa melakukannya ketika membawa klubnya menang 3-0 melawan Athletic Bilbao.

Hebatnya lagi, David Villa mencetak trigol tersebut saat pertandingan menyisakan 10 menit pada babak kedua. Ia mencetak gol pertamanya dalam laga tersebut setelah memanfaatkan umpan matang dari Miguel Angel Angulo pada menit ke-81. Villa kemudian merobek gawang Athletic Bilbao untuk kedua kalinya usai memaksimalkan assist Ruben Baraja pada menit ke-84. Ia melengkapi torehan hattrick saat menyelesaikan umpan Mista dengan baik pada menit ke-86. Villa total membutuhkan waktu 4 menit 46 detik untuk menyelesaikan trigolnya itu.

5. Kevin Gameiro melengkapi torehan hattrick dalam waktu 4 menit 45 detik

6 Pencetak Hattrick Tercepat dalam Sejarah LaLiga SpanyolKevin Gameiro (atleticodemadrid.com)

Kevin Gameiro merupakan salah satu pemain asal Prancis yang membela sejumlah klub LaLiga Spanyol. Salah satu klub yang pernah ia bela adalah Atletico Madrid. Gameiro mampu mencetak hattrick saat Atletico Madrid menang 4-1 atas Sporting Gijon dalam laga LaLiga Spanyol pekan ke-23 pada 18 Februari 2017. Ia mampu menyelesaikan hattrick tersebut dengan durasi 4 menit 45 detik.

Ia memulai laga sebagai pemain cadangan. Gameiro baru masuk menggantikan Angel Correa pada menit ke-62. Ia sukses memberikan dampak positif kepada Atletico Madrid dengan torehan trigolnya.

Gameiro mencetak gol pertamanya dalam laga ini pada menit ke-80. Ia lalu merobek gawang Gijon untuk kedua kalinya semenit kemudian. Gameiro menuntaskan torehan trigolnya saat memaksimalkan umpan matang dari Antoine Griezmann pada menit ke-85.

6. Bebeto masih memegang rekor sebagai pencetak hattrick tercepat di LaLiga Spanyol

6 Pencetak Hattrick Tercepat dalam Sejarah LaLiga SpanyolBebeto (kiri) (facebook.com/fifaworldcup)

Bebeto memiliki catatan menarik dalam sebagai pencetak hattrick tercepat dalam sejarah LaLiga Spanyol. Ia sebenarnya menorehkan 5 gol dalam 1 pertandingan saat Deportivo La Coruna menang 5-0 Albacete Balompie pada 1 Oktober 1995. Namun, jarak waktu dari gol pertama sampai gol kedua cukup panjang.

Bebeto menorehkan gol pertama dalam laga tersebut pada babak pertama menit ke-2. Ia lalu mencetak empat gol dalam waktu singkat pada babak kedua menit ke-83, 84, 86, dan 89. Jika menghitung dari torehan gol kedua sampai gol keempat dalam laga tersebut, maka Bebeto tercatat mencetak trigol 4 menit 43 detik. Rekor tersebut masih terus bertahan selama 29 tahun.

Tidak mudah untuk menorehkan hattrick di LaLiga Spanyol. Terlebih lagi, trigol itu dicetak dalam waktu yang singkat. Maka dari itu, aksi keenam pemain di atas menjadi salah satu rekor unik yang pernah ada dalam sejarah LaLiga Spanyol.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Belgia yang Memperkuat Klub LaLiga pada 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya