4 Pertukaran Pemain antara PSV Eindhoven dan Borussia Dortmund

Salah satunya mencetak gol ke klub mantannya

PSV Eindhoven bermain imbang 1-1 melawan Borussia Dortmund dalam laga babak 16 besar Liga Champions Eropa leg pertama pada 20 Februari 2024. Dortmund membuka keunggulan melalui Donyell Malen pada babak pertama menit ke-24. PSV membalasnya melalui tendangan penalti Luuk de Jong pada babak kedua menit ke-56. Keduanya masih memiliki peluang untuk lolos ke babak perempat final dengan kedudukan agregat 1-1.

Salah satu hal menarik dalam pertemuan antara kedua klub ini yaitu pertukaran pemain saat jendela bursa transfer. PSV dan Dortmund tidak memiliki sejarah panjang terkait bisnis transfer. Namun, pertukaran pemain antara PSV dan Dortmund terbilang efektif dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Berikut empat pertukaran pemain yang pernah terjadi antara PSV Eindhoven dengan Borussia Dortmund.

1. Flemming Povlsen gantung sepatu di Dortmund usai pindah dari PSV

https://www.youtube.com/embed/8xpQig_B2Hc

Flemming Povlsen pernah membela PSV Eindhoven selama setahun pada 1989/1990. Ia bergabung dari FC Koln dengan harga 2 juta euro atau Rp33,7 miliar pada musim panas 1989. Povlsen kemudian dijual oleh PSV Eindhoven kepada Borussia Dortmund dengan harga transfer yang sama pada musim panas 1990.

Penyerang asal Denmark itu tidak terlalu bersinar bersama Dortmund. Ia hanya mencetak 23 gol dan 28 assist dalam 146 pertandingan di semua kompetisi. Povlsen memutuskan pensiun sebagai pemain di Dortmund pada Juli 1995.

2. Karier Mario Gotze membaik usai hengkang dari Dortmund ke PSV

4 Pertukaran Pemain antara PSV Eindhoven dan Borussia DortmundMario Goetze (psv.nl)

Mario Goetze sempat menjadi wonderkid ketika awal kemunculannya bersama tim senior Borussia Dortmund pada 2009/2010. Ia begitu bersinar ketika dilatih oleh Juergen Klopp dan berhasil menjuarai Bundesliga selama dua musim berturut-turut pada 2010/2011 dan 2011/2012. Namun, kariernya menurun akibat mengalami rangkaian cedera dan kegagalannya beradaptasi di Bayern Muenchen pada periode 2013--2016.

Goetze lalu kembali ke Dortmund pada musim panas 2016. Akan tetapi, kariernya tidak kunjung membaik akibat terus menerus mengalami cedera dan penurunan performa. Ia akhirnya dilepas secara gratis kepada PSV Eindhoven pada Oktober 2020. Goetze mampu mengembalikan performa terbaiknya selama membela PSV pada periode 2020--2022. Ia mampu mencatat 77 penampilan dan menorehkan 18 gol serta 18 assist di semua kompetisi. Goetze memutuskan kembali ke Bundesliga bersama Eintracht Frankfurt pada musim panas 2022.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Borussia Dortmund Ditahan PSV

3. Donyell Malen makin bersinar setalah bergabung dengan Dortmund dari PSV

4 Pertukaran Pemain antara PSV Eindhoven dan Borussia DortmundDonyell Malen (uefa.com)

Donyell Malen pernah menjadi rebutan klub-klub besar ketika dirinya tampil gemilang bersama PSV Eindhoven dan Timnas Belanda. Ia menunjukkan peningkatan dari segi penampilannya di lini depan PSV pada periode 2018--2021. Malen total bermain dalam 116 pertandingan dan mencetak 55 gol serta 24 assist di semua kompetisi.

Ia akhirnya memilih menerima tawaran dari Borussia Dortmund pada musim panas 2021. Penampilannya makin membaik bersama Dortmund. Malen sejauh ini telah menorehkan 30 gol dan 17 assist dalam 102 laga di semua kompetisi. Salah satu golnya terjadi saat membuka keunggulan Dortmund atas PSV dalam laga babak 16 besar Liga Champions Eropa leg pertama pada 20 Februari 2024.

4. Thorgan Hazard tidak menjalani peminjaman yang begitu sukses di PSV

4 Pertukaran Pemain antara PSV Eindhoven dan Borussia DortmundThorgan Hazard (psv.nl)

Borussia Dortmund membeli Thorgan Hazard dari Borussia Monchengladbach pada musim panas 2019. Ia diharapkan mampu memberikan kreativitas untuk memperkuat lini serang Dortmund. Akan tetapi, penampilannya begitu inkonsisten dan sering mengalami cedera sehingga ia tersingkir dari tim utama Dortmund. Ia total tampil dalam 123 laga dengan menorehkan 18 gol serta 21 assist di semua kompetisi.

Dortmund memutuskan meminjamkan Hazard kepada PSV Eindhoven pada Januari 2023. Sayangnya, ia kembali gagal tampil impresif dengan hanya bermain dalam 13 pertandingan dan menorehkan 2 gol serta 1 assist di semua kompetisi. Hazard lalu dilepas oleh Dortmund kepada RSC Anderlecht pada musim panas 2023.

Dari empat pemain di atas, hanya Thorgan Hazard yang terbilang tidak begitu berhasil dari pertukaran pemain antara PSV Eindhoven dengan Borussia Dortmund. Di sisi lain, Goetze berhasil mengembalikan reputasinya sebagai salah satu talenta terbaik Jerman ketika bermain untuk PSV Eindhoven. Begitu juga Malen yang makin matang bersama Dortmund. Sementara itu, Povlsen memutuskan mengakhiri kariernya bersama Dortmund setelah bergabung dari PSV Eindhoven.

Baca Juga: 6 Pemain PSV Eindhoven yang Pernah Merumput di Bundesliga

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya