Carlos Alcaraz, The Next Marchisio yang Siap Meroket di Juventus

Pemain muda yang punya prospek cerah!

Juventus tidak banyak melakukan aktivitas transfer pada Januari 2024. I Bianconeri hanya mendatangkan dua pemain baru, yaitu Tiago Djalo dan Carlos Alcaraz. Djalo dibeli dari Lille, sementara Alcaraz didatangkan dengan status pemain pinjaman.

Peminjaman Alcaraz cukup menarik perhatian publik sepak bola Italia. Pasalnya, kiprahnya di sepak bola Eropa belum terlalu lama. Ia sebelumnya didatangkan oleh Southampton dari Racing Club pada Januari 2023. Namun, ia mengalami pengalaman pahit dengan terdegradasi dari Premier League pada 6 bulan pertamanya berkarier di Eropa.

Meski begitu, Juventus tetap mendatangkannya sebagai pemain pinjaman pada bursa transfer Januari 2024. Ia disebut-sebut memiliki kemiripan dengan legenda I Bianconeri, Claudio Marchisio. Lantas, siapa sebenarnya sosok Carlos Alcaraz? Berikut tiga fakta menarik mengenai pemain berusia 21 tahun itu.

1. Pernah menjadi pahlawan kemenangan Racing Club

Carlos Alcaraz, The Next Marchisio yang Siap Meroket di JuventusCarlos Alcaraz (instagram.com/_alcaraz22)

Carlos Alcaraz lahir di La Plata pada 30 November 2002. Ia memulai karier sepak bolanya bersama akademi Racing Club pada 2017. Alcaraz merintis kariernya mulai dari tim junior level U-20, Racing Club II, hingga mendapat promosi ke tim senior. Ia melakoni debutnya ketika menghadapi Atletico Tucuman di Argentine Primera Division pada 26 Januari 2020. 

Salah satu pencapaian terbaiknya selama membela Racing Club terjadi dalam laga final Trofeo De Campeones Superliga. Ia menjadi pahlawan kemenangan Racing Club saat mencetak gol pada babak kedua extra time menit ke-118. Sayangnya, Alcaraz langsung mendapat kartu merah pada menit 120+4.

Ia total bermain dalam 83 pertandingan dengan torehan 12 gol dan 5 assist bersama Racing Club di semua kompetisi. Alcaraz kemudian menerima tawaran dari Southampton pada Januari 2023. Akan tetapi, ia gagal menyelamatkan Southampton dari zona degradasi pada akhir 2022/2023. Meskipun mendapat tawaran dari Benfica dan Inter Milan, Alcaraz tetap membela Southampton sampai paruh pertama 2023/2024.

2. Disebut-sebut sebagai The Next Claudio Marchisio

Carlos Alcaraz, The Next Marchisio yang Siap Meroket di JuventusCarlos Alcaraz (southamptonfc.com)

Alcaraz merupakan pemain yang biasa beroperasi sebagai gelandang tengah sejak menimba ilmu di akademi Racing Club. Ia juga mampu bermain di berbagai posisi, seperti gelandang serang, gelandang sisi kanan dan kiri, gelandang bertahan, bek kanan, winger kanan, bahkan penyerang tengah. DilansirTransfermarkt, Alcaraz total bermain dalam 61 pertandingan sebagai gelandang tengah, 13 kali di posisi striker, 10 kali gelandang serang, dan 10 kali gelandang sisi kanan.

Namun, Alcaraz lebih dikenal sebagai gelandang bertipe box to box. Kemampuannya dalam menyerang dan bertahan membuatnya disebut-sebut mirip legenda Juventus, Claudio Marchisio. Dilansir Forbes, menurut mantang pemain Inter Milan, Ezequiel Schelotto, Alcaraz punya daya jelajah yang tinggi dan mampu menembak dari luar kotak penalti dengan akurasi tinggi seperti halnya Marchisio.

3. Mengidolakan Cristiano Ronaldo

Carlos Alcaraz, The Next Marchisio yang Siap Meroket di JuventusCarlos Alcaraz (juventus.com)

Meskipun Alcaraz berasal dari Argentina, Lionel Messi bukanlah pemain idolanya. Dilansir One Football, ia mengungkapkan dalam sesi wawancara pertamanya bersama Juventus terkait siapa pemain idolanya. Alcaraz secara terang-terangan menyebut Cristiano Ronaldo sebagai panutan dan idolanya sejak kecil.

Ia mengatakan cara Ronaldo membangun karier dengan kerja keras sangat menginspirasinya. Selain itu, Alcaraz sering memilih Juventus dalam video game ketika bermain PlayStation. Ia bersyukur bisa bergabung dengan Juventus, klub yang pernah dibela oleh CR7. Alcaraz menjalani debutnya bersama Juventus ketika menghadapi Inter Milan dalam laga Serie A Italia pada 4 Februari 2024. Namun, ia belum bisa menunjukkan kemampuannya karena hanya bermain selama 1 menit.

Kehadiran Alcaraz diharapkan dapat menambah kekuatan di lini tengah Juventus. Ia memiliki potensi menjadi pemain hebat dengan kemampuannya yang serba bisa. Alcaraz perlu menunjukkan etos kerja dan sikap profesional yang baik agar dapat berkembang di Juventus. Ia punya peluang untuk dipermanenkan oleh Bianconeri apabila mampu memberi kesan yang baik kepada manajer Juventus, Massimiliano Allegri, dan jajaran manajemen.

Baca Juga: 3 Fakta Unik di Balik Kemenangan Inter Milan Atas Juventus

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya