Mateusz Musialowski, Prospek Cerah Liverpool Dijuluki The Next Hazard

Ia hampir meninggalkan Liverpool

Liverpool kembali memainkan salah satu talenta muda yang punya prospek cerah dalam raihan kemenangan 6-1 atas Sparta Praha dalam laga babak 16 besar leg kedua Liga Europa pada 14 Maret 2024. Sang pemain bernama Mateusz Musialowski yang masuk menggantikan Bobby Clark pada babak kedua menit ke-73. Ketika memasuki lapangan, komentator televisi langsung menyebut Musialowski sebagai The Next Hazard.

Beberapa media bahkan pernah melabelinya sebagai Messi dari Polandia. Sebutan itu bukan tanpa dasar. Musialowski beberapa kali menunjukkan skill dribel dan kecepatannya dalam laga kontra Sparta Praha. Ia memang tidak melakukan aksi apik seperti memberi assist, melepaskan tembakan ke arah gawang, atau mencetak gol. Akan tetapi, Musialowski disebut-sebut punya prospek cerah bersama Liverpool.

Ia hampir saja meninggalkan Liverpool. Akan tetapi, hal tersebut urung terjadi dan Musialowski tetap bertahan bersama The Reds pada 2023/2024. Lantas, sehebat apa Musialowski sampai disebut-sebut The Next Hazard atau Messi dari Polandia? Inilah profil seputar pemain berusia 20 tahun itu.

1. Merintis kariernya sebagai pesepak bola dari usia 5 tahun

Mateusz Musialowski, Prospek Cerah Liverpool Dijuluki The Next HazardMateusz Musialowski (liverpoolfc.com)

Mateusz Musialowski lari di Czetoschowa pada 16 Oktober 2003. Ia mulai merintis kariernya sebagai pesepak bola sejak usia 5 tahun. Musialowski menimba ilmu di Ajaks Czestochowa pada 2009.

Ia kemudian pindah ke akademi Rakow Czestochowa pada 2013. Musialowski sempat menjalani peminjaman bersama Skra Czetoschowa pada 2015/2016. Ia lalu hengkang ke SMS Lodz pada musim panas 2016. Penampilannya yang impresif membuat beberapa klub top Eropa tertarik kepada sang pemain seperti Arsenal dan Liverpool.

2. Pernah menjalani trial bersama Arsenal

Mateusz Musialowski, Prospek Cerah Liverpool Dijuluki The Next HazardMateusz Musialowski (instagram.com/mateuszmusialowski)

Musialowski sempat menjalani masa uji coba bersama Arsenal pada 2020. Meski tampil cukup impresif, The Gunners tidak menawarkannya kontrak profesional. Musialowski justru direkrut Liverpool dengan memberikan opsi kontrak profesional setelah menimba ilmu di akademi selama setahun.

Musialowski akhirnya menandatangani kontrak profesional pertamanya pada Juli 2021. Ia beberapa kali berlatih dengan skuad senior Liverpool. Musialowski pernah melakoni debut secara tidak resmi bersama tim utama Liverpool ketika menghadapi Strasbourg pada tur pra musim 2022. Akan tetapi, ia kesulitan menembus tim utama Liverpool. Musialowski sempat ditawari pindah ke klub Bundesliga Austria, TSV Hartberg, pada musim panas 2023. Namun, kesepakatan urung terjadi sehingga sang pemain tetap bertahan di Liverpool pada 2023/2024.

3. Mencetak gol fantastis dan meraih penghargaan Goal of the Month Maret 2021

Musialowski pernah melakukan aksi sensasional ketika menghadapi Newcastle United U-18 dalam laga English Premier League (EPL) U-18 pekan ke-20 pada 13 Maret 2021. Ia menggiring bola sendirian dari tengah, melewati para pemain Newcastle, dan menyelesaikannya dengan sepakan kaki kiri. Gol tersebut sampai membuat Musialowski memenangkan penghargaan individu bulanan Liverpool sebagai Goal of the Month Maret 2021. Ia mengalahkan gol Mohamed Salah ke gawang RB Leipzig pada laga babak 16 besar Liga Champions Eropa 2020/2021.

Aksinya itu juga mengundang reaksi dari berbagai kalangan media. Musialowski disebut-sebut sebagai The Next Hazard dan Messi dari Polandia berkat kemampuan dribel dan kecepatannya yang mirip dengan Hazard serta Messi. Dilansir LFCTV, sang pemain mengaku gaya permainannya mengandalkan skill olah bola dengan mendribel dan melewati beberapa pemain lawan. Menurut Musalowski, ketika melewati satu pemain, dirinya merasa lebih percaya diri.

Kemampuan Musialowski mendapat pengakuan dari asisten manajer Liverpool, Pep Lijnders. Dilansir Sport, Lijnders mengatakan Musialowski selalu mencari hal baru dalam gaya permainan menyerangnya. Ia bisa memanfaatkan celah kecil dan menciptakan peluang mencetak gol. Selain gol melawan Newcastle United U-18, Musialowski memamerkan kemampuannya saat melakukan nutmeg atau mengolongi kaki Fabinho di sesi latihan. Aksinya itu sampai mendapat tepuk tangan dari rekan-rekannya dan manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Keputusan Musialowski bertahan di Liverpool terbukti membuahkan hasil. Ia mendapat kesempatan melakoni debut di laga resmi saat Liverpool menang 6-1 atas Sparta Praha pada laga babak 16 besar leg kedua Liga Europa 2023/2024. Musialowski memang belum menampilkan permainan terbaiknya bersama skuad senior Liverpool. Akan tetapi, ia memiliki potensi menjadi pemain hebat dengan kemampuan olah bola serta kecepatan. Tentunya, teknik sepak bolanya dapat berkembang dengan baik jika ia menjaga sikap profesional dan terus berkomitmen mengembangkan diri dengan mengikuti arahan pelatih.

Baca Juga: 4 Pemain Muda yang Cetak Gol pada Leg Kedua 16 Besar UCL 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya