3 Rekor Apik Bayer Leverkusen pada Fase Grup Liga Europa 2023/2024

Tren positif terus berlanjut

Bayer Leverkusen dalam tren positif, baik di kompetisi domestik maupun Liga Europa, pada 2023/2024. Klub berjuluk Die Wekself itu tengah mengoleksi 36 poin dan memimpin puncak klasemen sementara Bundesliga Jerman 2023/2024. Leverkusen juga lolos ke babak 16 besar Liga Europa dengan finis sebagai juara Grup H lewat raihan 18 poin.

Khusus di Liga Europa, Leverkusen menorehkan berbagai rekor luar biasa selama babak grup. Pencapaian tersebut membuat Die Wekself dijagokan menjadi juara. Setidaknya, ada tiga rekor apik Bayer Leverkusen pada fase grup Liga Europa 2023/2024.

1. Mencatat 100 persen kemenangan

3 Rekor Apik Bayer Leverkusen pada Fase Grup Liga Europa 2023/2024Para pemain Bayer Leverkusen selebrasi merayakan gol melawan Molde. (uefa.com)

Bayer Leverkusen menjadi satu-satunya tim yang berhasil menorehkan 100 persen kemenangan pada babak grup Liga Europa 2023/2024. Mereka belum terkalahkan dari laga pertama Liga Europa melawan BK Hacken pada 21 September 2023. Leverkusen finis sebagai juara Grup H dengan koleksi 18 poin dari 6 pertandingan.

Tidak ada satu pun tim di Liga Europa yang mampu menang di semua laga babak grup pada 2023/2024. Bahkan, klub besar sekelas Liverpool saja mengalami dua kekalahan pada babak grup Liga Europa saat bertandang ke kandang Toulouse dan Union Saint-Gilloise. Rekor ini membuat Die Werkself digadang-gadang mampu keluar sebagai juara Liga Europa.

Baca Juga: 5 Pemain Bayer Leverkusen dengan Masa Bakti Terlama pada 2023/2024

2. Menjadi klub paling produktif dengan 19 gol

3 Rekor Apik Bayer Leverkusen pada Fase Grup Liga Europa 2023/2024Florian Wirtz mencetak gol ke gawang Qarabag. (uefa.com)

Bayer Leverkusen lolos ke babak 16 besar Liga Europa dengan catatan fantastis. Mereka mencetak 19 gol dalam 6 pertandingan pada babak grup Liga Europa. Leverkusen menjadi klub paling produktif di antara juara grup lainnya, seperti Liverpool dan Slavia Praha yang mengoleksi 17 gol.

Menurut data Fbref, Leverkusen memiliki rata-rata expected goals 2,79 per pertandingan. Statistik tersebut didukung oleh tingkat efektivitas serangan Leverkusen dan kualitas permainan di tiap pertandingan. Dilansir situs resmi UEFA, Leverkusen mampu menguasai bola 59,84 persen dengan tingkat akurasi operan 91 persen.

Die Wekself memiliki total 97 peluang dengan 41 di antaranya tercatat sebagai tembakan tepat sasaran. Leverkusen punya akurasi crossing 31 persen. Statistik tersebut menunjukkan Leverkusen mampu menguasai pertandingan dan memiliki tingkat efektivitas tinggi dalam membangun serangan.

3. Hanya kebobolan tiga gol selama babak grup

3 Rekor Apik Bayer Leverkusen pada Fase Grup Liga Europa 2023/2024Pemain Bayer Leverkusen (kiri tengah) dan pemain Molde (kanan) berebut bola. (uefa.com)

Selain memiliki tingkat efektivitas tinggi dalam melancarkan serangan, pertahanan Bayer Leverkusen juga tidak bisa diremehkan. Mereka baru kebobolan tiga kali selama bertanding pada fase grup Liga Europa 2023/2024. Jumlah tersebut merupakan yang terkecil di antara klub yang menjadi juara grup.

Dilansir Footystats, Leverkusen rata-rata kebobolan di laga kandang dan tandang 0,5 kali per pertandingan. Hal tersebut diperkuat dengan statistik dari situs resmi UEFA yang mencatat total tekel para pemain Leverkusen sebanyak 57 kali. Mereka juga berhasil merebut bola 226 kali. Kiper Leverkusen, Matej Kovar, yang tampil 5 kali, dan Niklas Lomb, yang sekali bermain di Liga Europa, melakukan total 19 penyelamatan dan hanya kebobolan 3 kali.

Statistik di atas menunjukkan betapa luar biasa performa Bayer Leverkusen selama bermain pada fase grup Liga Europa. Manajer Leverkusen, Xabi Alonso, terbukti melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dengan permainan menyerang yang tidak melupakan aspek pertahanan. Akankah mereka mampu meraih trofi Bundesliga dan Liga Europa?Menarik untuk memantau perkembangan Die Wekself sampai akhir 2023/2024. 

Baca Juga: Tidak Cuma di Jerman, Bayer Leverkusen Perkasa di Eropa

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya