5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Laga Barcelona Vs. Atletico Madrid

Hanya ada satu pemain Atletico Madrid di daftar ini

Persaingan antara Barcelona dengan Atletico Madrid di papan atas klasemen LaLiga Spanyol makin sengit sejak era 2010-an. Sebab, Atletico Madrid berubah menjadi klub elite LaLiga Spanyol sejak dilatih oleh Diego Simeone. Barcelona yang biasanya bersaing merebut gelar juara LaLiga dengan Real Madrid, kini memiliki rival baru dalam diri Atletico Madrid.

Pertemuan keduanya tidak hanya terjadi di LaLiga, tetapi juga di Copa Del Rey dan Liga Champions Eropa. Barcelona dan Atletico Madrid sama-sama kerap memiliki segudang talenta yang menjadi bintang ketika kedua klub bertemu. Beberapa di antaranya berhasil mengukir sejarah sebagai pemain paling produktif sepanjang masa.

Berikut lima top skor dalam laga Barcelona kontra Atletico Madrid. Kelima pemain ini telah diakui sebagai legenda bagi klubnya masing-masing. Torehan mereka pun diprediksi bakal sulit dipecahkan dalam waktu dekat.

1. László Kubala total mencetak 12 gol dalam laga Barcelona vs. Atletico Madrid

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Laga Barcelona Vs. Atletico MadridLászló Kubala (fcbarcelona.com)

László Kubala mengukir sejarah sebagai seorang second striker terbaik Barcelona pada era 1950-an. Pemain asal Hungaria itu didatangkan secara gratis setelah sempat menganggur selama 6 bulan. Akan tetapi, keputusan manajemen Barcelona mendatangkannya berbuah hasil positif.

Kubala sukses menorehkan 193 gol dari 254 laga di semua kompetisi bersama Barcelona. Dari 193 gol yang ia ciptakan, 12 di antaranya ia lakukan ketika melawan Atletico Madrid. Kubala lebih sering merobek gawang Atletico Madrid saat bertemu di Copa Del Rey daripada LaLiga Spanyol. Ia total mencetak 9 gol di Copa Del Rey berbanding hanya 3 gol yang berhasil ia torehkan di LaLiga Spanyol ketika melawan Atletico Madrid.

Baca Juga: 4 Eks Bintang Arsenal yang Gagal Total saat Bermain di Barcelona

2. Hristo Stoichkov memiliki rekor yang sama dengan Kubala

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Laga Barcelona Vs. Atletico MadridHristo Stoichkov (fcbarcelona.com)

Hristo Stoichkov adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah Barcelona miliki pada era 1990-an. Ia total mencetak 117 gol dan 26 assist dari 255 pertandingan di semua kompetisi. Salah satu tim yang paling sering dibobol Stoichkov di LaLiga Spanyol, yaitu Atletico Madrid.

Stoichkov tercatat memiliki koleksi 12 gol dari 20 kali bermain melawan Atletico Madrid bersama Barcelona. Gol pertamanya tercipta ketika Barcelona kalah 1-2 dari Atletico Madrid dalam laga LaLiga Spanyol pekan ke-9 pada 1990/1991. Sedangkan, pencapaian terbaiknya saat berhasil mencetak hattrick saat Barcelona menang 4-1 melawan Atletico Madrid pada LaLiga Spanyol pekan ke-3 pada 1992/1993.

3. Paco Campos merobek gawang Barcelona sebanyak 13 kali

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Laga Barcelona Vs. Atletico MadridPaco Campos (atleticodemadrid.com)

Paco Campos menjadi satu-satunya pemain Atletico Madrid yang masuk dalam daftar ini. Ia merupakan bintang Los Colchoneros pada era 1940-an. Campos total mengoleksi 87 gol dari 146 penampilannya bersama Atletico Madrid pada periode 1939--1948.

Campos cukup produktif ketika melawan Barcelona di kompetisi domestik. Ia berhasil mencetak 13 gol dari 18 pertandingan melawan Barcelona. Gol pertamanya ke gawang Barcelona terjadi ketika Atletico Madrid bermain imbang 4-4 dalam laga LaLiga Spanyol pada Oktober 1940.

4. César Rodríguez sempat menjadi yang paling subur dengan 16 gol bagi Barcelona

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Laga Barcelona Vs. Atletico MadridCésar Rodríguez (fcbarcelona.com)

César Rodríguez mengawali kariernya bersama akademi Barcelona, La Masia. Ia sempat menjalani peminjaman bersama Sabadell dan Granada sebelum akhirnya menjadi andalan Barcelona selama 12 tahun. Rodríguez tercatat menorehkan 226 gol dari 344 laga selama membela Barcelona pada periode 1942--1955.

Ia cukup sering membobol gawang Atletico Madrid sepanjang kariernya. Rodríguez mengoleksi 17 gol dari 32 kali bermain melawan Atletico Madrid sepanjang kariernya. Secara rinci, ia mencetak 16 gol saat bermain untuk Barcelona dan 1 gol ketika membela Elche.

5. Lionel Messi memiliki rekor gol yang sulit dipecahkan

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Laga Barcelona Vs. Atletico MadridLionel Messi (fcbarcelona.com)

Lionel Messi memiliki banyak catatan rekor yang sulit dipecahkan oleh pemain Barcelona lainnya. Ia telah mencetak 672 gol dan 303 assist dari 778 pertandingan di semua kompetisi bersama Barcelona. Atletico Madrid menjadi salah satu klub yang paling sering Messi bobol.

Pemain berjuluk La Pulga itu menorehkan 32 gol dari 43 kali bermain melawan Atletico Madrid. Ia langsung melesakkan dua gol ketika debut melawan Atletico Madrid dalam laga LaLiga Spanyol pekan ke-35 pada Mei 2007. Messi juga pernah mencetak hattrick ke gawang Los Colchoneros sebanyak tiga kali sepanjang kariernya.

Kelima pemain di atas memiliki catatan fantastis dalam laga panas antara Barcelona melawan Atletico Madrid. Rekor mereka masih belum terpecahkan sampai Desember 2023. Menarik untuk menantikan siapa yang akhirnya berhasil memecahkan rekor Messi sebagai top skor sepanjang masa dalam duel papan atas kasta tertinggi sepak bola Spanyol tersebut.

Baca Juga: 4 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Bermain di MLS, Termasuk Messi

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya