5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Duel Liverpool vs Tottenham

Sebagian besar dari Britania Raya

Liverpool dan Tottenham Hotspur merupakan salah 2 dari 6 klub besar Inggris yang biasa disebut Big Six. Liverpool memiliki reputasi mentereng dengan sejarah dan segudang prestasi di sepak bola Inggris dan Eropa. Sementara itu, Tottenham Hotspur mengalami transformasi dari klub papan tengah menjadi salah satu raksasa sepak bola Inggris, terutama sejak era kepelatihan Harry Redknapp dan Mauricio Pochettino.

Duel antara Liverpool dan Tottenham di English Premier League sendiri telah dianggap sebagai salah satu big match yang ditunggu-tunggu tiap musim. Persaingan ketat dalam memperebutkan posisi empat besar menjadi faktor panasnya laga kedua klub ini. Pertandingan Liverpool kontra Tottenham juga menjadi ajang bagi para pemain terbaik untuk unjuk gigi lewat torehan golnya.

Beberapa dari pemain Liverpool dan Tottenham berhasil menciptakan catatan impresif dengan menjadi top skor sepanjang masa dalam duel kedua klub ini. Tercatat, lima pemain berikut termasuk pencetak gol tersubur dalam sejarah pertandingan Liverpool vs Tottenham Hotspur.

1. Jimmy Greaves membobol gawang Liverpool sebelas kali sebagai pemain Tottenham

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Duel Liverpool vs TottenhamJimmy Greaves (thefa.com)

Jimmy Greaves mengawali kariernya sebagai pesepak bola usai dipromosikan ke tim utama Chelsea pada 1957. Ia sempat pindah ke AC Milan, tetapi hanya bertahan 6 bulan. Greaves memutuskan kembali ke Inggris bersama Tottenham Hotspur pada Desember 1961.

Ia menuai berbagai kesuksesan selama berseragam Tottenham pada periode Desember 1961--Maret 1970. Greaves mampu menampilkan ketajamannya dengan tampil dalam 258 pertandingan dan mencetak 202 gol. Salah satu klub yang sering Greaves bobol adalah Liverpool. Ia mencetak quattrick ketika Tottenham membantai Liverpool dengan skor 7-2 pada pekan ke-40 First Division pada 15 April 1963. Greaves mencetak total 11 gol dalam 19 laga selama membela Tottenham melawan Liverpool.

2. Ian Rush mencetak sebelas gol kontra Tottenham selama membela Liverpool

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Duel Liverpool vs TottenhamIan Rush (liverpoolfc.com)

Sama seperti Greaves, Ian Rush juga mengoleksi sebelas gol dalam duel Liverpool versus Tottenham Hotspur. Bedanya, Greaves memiliki catatan itu bersama Tottenham, sedangkan Rush mengukir rekor sebelas gol bersama Liverpool. Ia dan Greaves masih memegang rekor sebagai top skor sepanjang masa duel antara Liverpool dan Tottenham Hotspur.

Gol pertama Rush kontra Tottenham terjadi ketika kedua klub imbang 2-2 pada pekan ke-13 First Division 1983/1984. Ia pernah menjadi pahlawan kemenangan Liverpool atas Tottenham ketika menang 1-0 pada Community Shield 1982/1983 dan babak keempat Piala FA 1984/1985. Rush langsung mencetak brace atau dua gol ke gawang Tottenham pada pertemuan kedua dalam format English Premier League. Liverpool saat itu menang besar dengan skor 6-2 pada pekan ke-42 EPL 1992/1993.

Baca Juga: Misteri Darwin Nunez Hapus Foto Bareng Liverpool, Sinyal Cabut?

3. Mohamed Salah sejauh ini telah mengoleksi sepuluh gol kontra Tottenham

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Duel Liverpool vs TottenhamMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Mohamed Salah memiliki rekor mentereng ketika menghadapi Tottenham. Ia total mencetak 12 gol dalam 20 pertandingan menghadapi klub London Utara itu. Salah pernah mencetak masing-masing satu gol ke gawang Tottenham kala masih membela FC Basel dan Fiorentina pada Liga Europa 2012/2013 dan 2014/2015.

Pemain asal Mesir itu kemudian menciptakan total sepuluh gol ketika menghadapi Tottenham Hotspur sebagai pemain Liverpool. Momen terbaik Salah terjadi saat mencetak satu gol lewat tendangan penalti dalam kemenangan Liverpool 2-0 atas Tottenham pada final Liga Champions Eropa 2018/2019. Gol terbarunya tercipta saat Liverpool menang 4-2 atas Tottenham pada pekan ke-36 EPL 2023/2024.

4. Harry Kane menciptakan sembilan gol kontra Liverpool

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Duel Liverpool vs TottenhamHarry Kane (premierleague.com)

Legenda Tottenham Hotspur, Harry Kane, sering kali memberikan kenangan buruk bagi Liverpool. Sebab, sembilan gol Kane ke gawang Liverpool beberapa kali sukses mengubah jalannya pertandingan. Ini seperti yang terjadi pada pekan ke-32 EPL 2015/2016. Liverpool yang unggul terlebih dahulu melalui Philippe Coutinho mampu dibalas Kane. Alhasil, kedua klub bermain imbang 1-1.

Kapten Timnas Inggris menjadi pahlawan Tottenham saat mencetak gol pada detik-detik akhir pertandingan. Hal tersebut terjadi ketika Liverpool bermain imbang 2-2 melawan Tottenham Hotspur pada pekan ke-26 EPL 2017/2018. Fans Liverpool yang memadati Anfield siap berpesta menyambut kemenangan setelah Mohamed Salah mencetak gol pada menit 90+1. Namun, keunggulan Liverpool 2-1 itu menjadi imbang 2-2 usai Kane mencetak gol balasan pada menit 90+5.

5. Roger Hunt memiliki koleksi sembilan gol kontra Tottenham sebagai pemain Liverpool

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Duel Liverpool vs TottenhamRoger Hunt (liverpoolfc.com)

Legenda Liverpool, Roger Hunt, memiliki koleksi 9 gol ke gawang Tottenham Hotspur dari total 17 pertandingan. Gol pertamanya terjadi ketika mencetak brace dalam kekalahan Liverpool 2-7 kontra Tottenham pada pekan ke-40 First Division 1962/1963. Hunt kemudian membalas kekalahan tersebut dengan menorehkan hattrick saat menang 3-1 pada pekan ke-36 First Division 1963/1964.

Secara statistik, ia sukses mengukir 7 kemenangan, 5 seri, dan 5 kekalahan dalam 17 pertandingan selama membela Liverpool menghadapi Tottenham. Hunt mencetak total 262 gol dalam 451 laga bersama Liverpool di semua kompetisi. Ia juga merupakan salah satu pemain Inggris yang memenangkan Piala Dunia 1966.

Kelima pemain di atas merupakan talenta terbaik yang telah dianggap sebagai legenda bagi masing-masing klub. Selain rekor gol dalam laga Liverpool melawan Tottenham, mereka telah memberikan kontribusi bagi prestasi klub yang dibelanya. Dari lima pemain di atas, hanya Salah yang saat ini masih aktif bermain di Liverpool. Ia berpeluang menambah rekornya jika mencetak gol dalam pertemuan Liverpool kontra Tottenham pada 2024/2025. Kontrak Salah masih berlaku sampai Juni 2025.

Baca Juga: 3 Pemain Tottenham dengan Koleksi 300 Penampilan di EPL

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya