5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Laga Chelsea vs Manchester City

Ada yang mencetak gol untuk kedua klub

Chelsea sukses menahan imbang Manchester City dengan skor 4-4 dalam laga English Premier League (EPL) pekan ke-12 pada 12 November 2023. Duel kedua klub berlangsung sengit selama 90 menit. Gol-gol dari para pemain Manchester City, yakni Erling Haaland, Manuel Akanji, dan Rodri berhasil dibalas Chelsea lewat Thiago Silva, Raheem Sterling, Nicolas Jackson, dan Cole Palmer. Palmer menjadi pahlawan Chelsea setelah tendangan penaltinya membuyarkan keunggulan Manchester City pada injury time babak kedua.

Kedua tim memiliki rivailtas yang cukup panas setelah Manchester City diakuisisi pengusaha kaya asal Abu Dhabi, Sheikh Mansour. Tidak heran, pertemuan kedua klub ini sering kali menghasilkan jumlah gol yang cukup banyak. Para pemain bintang dari Chelsea maupun Manchester City bergantian menorehkan namanya di papan skor.

Berikut lima pemain yang menjadi top skor sepanjang masa dalam laga Chelsea vs Manchester City.

1. Joe Hayes menorehkan enam gol

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Laga Chelsea vs Manchester CityJoe Hayes (mancity.com)

Joe Hayes merupakan salah satu jebolan akademi Manchester City pada era 1950-an. Ia mulai masuk ke tim utama Manchester City dari tim U-18 pada 1953/1954. Hayes kemudian melakukan debut saat laga kasta atas Liga Inggris melawan Liverpool pada 7 November 1953.

Hayes pertama kali mencetak gol ke gawang Chelsea ketika pertandingan Liga Inggris pada 8 Desember 1956. Ia mencetak dua gol dalam kemenangan Manchester City atas Chelsea 5-4. Hayes total merobek gawang Chelsea sebanyak enam kali sepanjang kariernya. Ia secara keseluruhan mampu tampil 162 kali dengan torehan 68 gol selama membela Manchester City sampai Juli 1965.

2. Carlos Tevez mampu merobek gawang Chelsea enam kali

https://www.youtube.com/embed/MmhsVnfnQpQ

Carlos Tevez menjadi salah satu pemain bintang pertama yang Manchester City beli ketika awal kepemimpinan Sheikh Mansour sebagai pemilik klub pada musim panas 2009. Striker asal Argentina itu berhasil menjadi andalan lini depan The Citizens. Kecepatan dan naluri mencetak golnya sering kali meneror gawang lawan-lawannya termasuk Chelsea.

Tevez total merobek gawang Chelsea sebanyak enam kali selama berkarier di Inggris bersama West Ham United, Manchester United, dan Manchester City. Secara rinci, ia mencetak 1 gol ketika membela West Ham, 1 gol bersama MU, dan 5 gol saat di Manchester City. Tevez total menorehkan 73 gol dan 35 assist dalam 148 pertandingan bersama Manchester City di seluruh kompetisi.

Baca Juga: 3 Eks Manchester City yang Menjadi Pilar Girona pada 2023/2024

3. Jimmy Greaves mencetak enam gol ke gawang Manchester City

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Laga Chelsea vs Manchester CityJimmy Greaves (chelseafc.com)

Jimmy Greaves menjadi andalan lini depan Chelsea sejak promosi dari tim U-18 pada 24 Agustus 1957. Ia berhasil menorehkan 99 gol dari 92 pertandingan di seluruh kompetisi bersama Chelsea sampai 1960/1961. Dari 99 gol tersebut 6 di antaranya ia lakukan saat melawan Manchester City.

Gol pertama Greaves ke gawang Manchester City terjadi ketika Chelsea menelan kekalahan 2-3 dalam laga liga Inggris pada 28 Agustus 1957. Greaves lalu hengkang kepada AC Milan pada Juli 1961, tetapi kembali ke Inggris bersama Tottenham Hotspur pada Desember 2021. Ia mengakhiri kariernya setelah bermain untuk Woodford Town pada Juli 1980.

4. Frank Lampard (delapan gol) sempat mencetak gol ke gawang Chelsea

5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Laga Chelsea vs Manchester CityFrank Lampard (mancity.com)

Frank Lampard telah diakui sebagai legenda Chelsea. Ia bergabung dengan The Blues dari West Ham United pada musim panas 2001. Lampard berkembang menjadi gelandang yang rajin mencetak gol dan assist sejak saat itu.

Pemain asal Inggris itu bahkan menjadi top skor sepanjang masa Chelsea sampai November 2023. Ia menorehkan 211 gol dan 145 assist dalam 648 pertandingan selama membela Chelsea sampai 2014. Lampard kemudian hengkang kepada New York City FC, tetapi menjalani masa peminjaman di Manchester City terlebih dahulu selama setahun.

Dari torehan 211 gol, Lampard mencetak 7 gol ke gawang Manchester City ketika bermain untuk Chelsea. Akan tetapi, ia juga mampu mencetak satu gol ke gawang Chelsea saat menjalani masa peminjaman di Manchester City pada 2014/2015. Alhasil, Lampard menempati top skor kedua dalam laga Chelsea versus Manchester City dengan delapan gol.

5. Sergio Aguero top skor sepanjang masa dengan 13 gol

https://www.youtube.com/embed/L40AX0a8MVU

Sergio Aguero berhasil menjadi top skor sepanjang masa Manchester City dengan 260 gol dari 390 pertandingan. Ia telah diakui sebagai legenda The Citizens sampai dibuatkan patung. Sayangnya, Aguero harus mengakhiri kariernya karena mengalami masalah kesehatan ketika membela Barcelona pada .

Aguero merupakan mimpi buruk bagi klub-klub EPL termasuk Chelsea. Ia total mencetak 13 gol ke gawang Chelsea selama bermain untuk Manchester City pada periode 2011--2021. Salah satu momen terbaiknya ketika mencetak hattrick saat melawan Chelsea dalam laga EPL pekan ke-34 pada 2015/2016.

Rekor gol yang ditorehkan oleh lima pemain di atas diprediksi akan bertahan cukup lama. Pasalnya, belum ada yang mampu menyamai jumlah enam gol yang dicetak oleh Hayes, Tevez, dan Greaves. Menarik untuk menyaksikan keseruan duel kedua tim bertemu kembali di EPL pekan ke-25 pada 17 Februari 2024.

Baca Juga: 4 Pemain Amerika Selatan yang Memperkuat Chelsea pada 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya