Tumpulnya 3 Bintang Korea Selatan di Laga Kontra Yordania

Padahal mereka langganan starter di klub liga top Eropa

Intinya Sih...

  • Korea Selatan kalah 0-2 dari Yordania di babak semifinal Piala Asia 2023, gagal mencetak gol balasan.
  • Hwang Hee Chan dan Lee Kang In tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya, mendapat nilai 6,8 dan 6,7.
  • Son Heung Min sebagai kapten tim juga tampil kurang bagus dengan nilai 6,2, tanpa mencetak gol.

Korea Selatan secara mengejutkan gagal melaju ke babak final Piala Asia 2023. Tim berjuluk Taeguk Warriors itu kalah 0-2 atas Yordania di babak semifinal, Rabu (6/2/2024). Padahal, Korea Selatan termasuk salah satu tim favorit yang diprediksi menjuarai Piala Asia 2023. Apalagi ketika tim-tim unggulan lain, seperti Irak, Australia, dan Jepang telah tersingkir di babak sebelumnya.

Kekalahan Korea Selatan diperparah dengan fakta mereka gagal mencetak gol balasan ke gawang Yordania. Padahal, Taeguk Warriors diperkuat oleh tiga pemain bintang yang membela klub-klub top Eropa. Sayangnya, ketiga pemain ini tidak berkutik sama sekali menghadapi barisan pertahanan Yordania selama 90 menit.

1. Hwang Hee Chan tidak melakukan tembakan sama sekali

Tumpulnya 3 Bintang Korea Selatan di Laga Kontra YordaniaHwang Hee Chan (the-afc.com)

Hwang Hee Chan tampil sebagai starter dalam laga semifinal Piala Asia 2023 melawan Yordania. Pemain Wolverhampton Wanderers (Wolves) ini mendapat kepercayaan dari manajer Korea Selatan, Juergen Klinsmann, sebagai winger kiri dalam formasi 4-3-3. Sayangnya, performa Hwang cukup mengecewakan selama 81 menit.

Dilansir Fotmob, Hwang melakukan sentuhan bola 59 kali dan hanya 2 kali berada di kotak penalti lawan. Ia mencatat 67 persen dribel sukses dan akurasi operannya mencapai 72 persen. Namun, Hwang tidak menciptakan peluang sama sekali baik melalui operan maupun tembakan.

Ia bahkan tidak menembak sama sekali dan kalah 4 kali dalam duel fisik. Hwang kemudian ditarik keluar dan digantikan oleh Yang Hyun Ju. Penampilannya dalam laga melawan Yordania mendapat nilai 6,8.

Baca Juga: Musa Al Taamari, 'Messi' Yordania yang Bersinar di Piala Asia 2023

2. Lee Kang In tidak mampu menembus pertahanan Yordania

Tumpulnya 3 Bintang Korea Selatan di Laga Kontra YordaniaLee Kang In (the-afc.com)

Lee Kang In bermain sebagai winger kanan mendampingi Hwang Hee Chan dan Son Heung Min di lini depan Korea Selatan. Pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu diharapkan mampu merusak pertahanan Yordania dengan tusukan dan visinya. Akan tetapi, Lee gagal menunjukkan kualitas terbaiknya selama 90 menit.

Menurut Fotmob, Lee menyentuh bola 89 kali dan 5 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Ia mampu mencatat 51 operan sukses dari 55 kali percobaan dan 2 di antaranya menghasilkan peluang mencetak gol. Sayangnya, peluang tersebut gagal berbuah gol. Lee berusaha menjebol gawang Yordania dengan tembakannya, tetapi dua kali diblok oleh bek-bek Yordania. Ia mendapat nilai 6,7 atas performanya dalam laga melawan Yordania.

3. Son Heung Min gagal memberikan inspirasi kepada Korea Selatan

Tumpulnya 3 Bintang Korea Selatan di Laga Kontra YordaniaSon Heung Min (the-afc.com)

Son Heung Min memimpin skuad Timnas Korea Selatan sebagai striker utama sekaligus kapten. Pendukung Korea Selatan menaruh harapan besar kepada bintang Tottenham Hotspur itu untuk menjuarai Piala Asia 2023. Sebab, Son merupakan penyerang paling tajam yang dimiliki Taeguk Warriors dan Tottenham. Akan tetapi, penampilannya tidak begitu bagus di laga melawan Yordania.

Dilansir Fotmob, Son melakukan 54 kali sentuhan dengan bola dan 3 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Persentase keberhasilan dribelnya mencapai 63 persen dan operannya 94 persen, tetapi tidak ada satu pun yang menghasilkan peluang mencetak gol. Son bahkan tidak mampu melakukan tembakan berbahaya ke gawang Yordania dan kalah duel fisik sebanyak 10 kali. Ia mendapat nilai 6,2 atas performanya di pertandingan tersebut.

Son Heung Min meminta maaf kepada pendukung Korea Selatan atas kekalahan tersebut. Dilansir Eurosport, ia mengungkapkan rasa kekecewaannya yang begitu mendalam dan berterima kasih kepada fans Korea Selatan atas dukungannya. Son tidak lupa mengucapkan selamat kepada Yordania yang menjalani Piala Asia 2023 dengan performa luar biasa.

Ketiga pemain bintang Korea Selatan di atas diharapkan mampu membawa negaranya meraih gelar juara Piala Asia 2023. Namun, kekalahan tersebut membuat mereka dan seluruh jajaran tim mendapat kritik pedas dari media dan fans Korea Selatan. Menurutmu, apa yang membuat ketiga penyerang Korea Selatan ini gagal bersinar pada Piala Asia 2023?

Baca Juga: Menuju Final Piala Asia Pertama Timnas Yordania

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya