Valentin Barco, Wonderkid Baru Brighton yang Siap Bersinar di EPL

Gaya permainannya mirip Trent Alexander-Arnold

Brighton & Hove Albion berhasil mendatangkan salah satu talenta muda yang cukup menjanjikan dari Argentina. Pemain itu adalah Valentin Barco, yang direkrut dari Boca Juniors dengan harga 9,15 juta euro atau Rp154 miliar.

Barco menjadi pemain Argentina ketiga yang ditemukan pemandu bakat Brighton setelah pernah memoles talenta muda, seperti Alexis Mac Allister dan Facundo Buonanotte. Lantas, siapa sebenarnya sosok Valentin Barco? Mari mengenal sang pemain lebih dalam.

Berikut tiga hal menarik terkait pemain berusia 19 tahun itu.

1. Merintis karier sebagai pemain sepak bola dari usia 3 tahun

Valentin Barco, Wonderkid Baru Brighton yang Siap Bersinar di EPLValentin Barco (brightonandhovealbion.com)

Valentin Barco lahir di De Mayo pada 23 Juli 2004. Ia masuk sekolah sepak bola Sportivo Las Parejas saat usianya masih 3 tahun. Ia menimba ilmu selama 6 tahun sebelum bakatnya ditemukan klub elite Argentina, Boca Juniors.

Barco melakoni debutnya secara profesional sebagai pemain Boca Juniors saat bermain imbang 1-1 melawan Club Atletico Union. Saat itu, usianya baru 16 tahun pada 16 Juli 2021. Barco menorehkan gol pertamanya bagi Boca Juniors saat menang 4-0 atas Monagas dalam laga Copa Libertadores pada 29 Juni 2023. Tidak sampai sebulan, ia kembali mencetak gol di Argentine Primera Division ketika membawa Boca Juniors menang 2-1 atas Newell's Old Boys pada 24 Juli 2023.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Brighton & Hove Albion asal Argentina

2. Punya gaya bermain mirip Trent Alexander-Arnold

Valentin Barco, Wonderkid Baru Brighton yang Siap Bersinar di EPLValentin Barco disebut-sebut punya gaya bermain mirip Trent Alexander-Arnold. (brightonandhovealbion.com)

Dilansir laman resmi Brighton and Hove Albion, seorang pengamat sepak bola Amerika Selatan dan Founder The Copa Club, Nathan Joyes, menjelaskan gaya bermain Valentin Barco. Sang pemain sudah bermain di posisi bek kiri sejak di akademi, tetapi eks manajernya, Jorge Almiron, melihat potensinya sebagai gelandang dan penyerang sayap. Menurut Joyes, Barco memiliki visi yang luar biasa sehingga bisa mengirimkan umpan-umpan akurat dari posisi mana pun.

Gaya permainannya yang bisa menjadi seorang bek sayap dan inverted full back mirip dengan bek kanan Liverpool, Trent Alexander-Arnold. Itu terutama visi permainannya yang cukup luas. Joyes juga mengatakan Barco tidak takut membawa bola sampai ke area lawan kemudian mengoper kepada rekannya dalam waktu yang tepat. Kemampuannya dalam mengoper bola serta keberaniannya berduel fisik dengan pemain lawan membuat Barco diyakini tidak sulit menyesuaikan diri dengan gaya sepak bola di kasta tertinggi Liga Inggris.

3. Mendapat julukan El Colo

Valentin Barco, Wonderkid Baru Brighton yang Siap Bersinar di EPLValentin Barco (twitter.com/OfficialBHAFC)

Valentin Barco memiliki julukan yang melekat kepada dirinya sejak di akademi. Julukan tersebut adalah El Colo, yang merupakan kependekan dari Colorado merujuk kepada gaya rambutnya yang cepak dan pirang. Barco cukup nyaman dengan julukan tersebut. Ia bahkan menggunakannya untuk akun Instagramnya, colo.barco.

Sang pemain kini belum bergabung dengan skuad utama Brighton and Hove Albion. Ia masih bermain untuk Timnas Argentina U-23 dalam ajang Turnamen Pra-Olimpiade zona Conmebol. Barco sejauh ini telah bermain dalam 7 laga dengan mencetak 1 gol dan 4 assist bersama Timnas Argentina U-23.

Kehadiran Valentin Barco makin menambah deretan talenta muda asal Amerika Selatan yang membela Brighton. Beberapa pemain muda dari Amerika Selatan yang kini cukup bersinar di skuad Brighton. Mereka di antaranya Joao Pedro, Julio Enciso, Facundo Buonanotte, dan Pervis Estupinan.

Sebelumnya, Brighton pernah memoles talenta muda Amerika Selatan, seperti Alexis Mac Allister dan Moises Caicedo. Barco berpeluang mengikuti jejak para seniornya itu di Brighton. Sebab, ia memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi pemain top.

Baca Juga: 5 Kemenangan Terbesar Brighton di Premier League, Memukau!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya