Comscore Tracker

5 Kapten Terbaik Manchester United Sepanjang Masa, Berdampak Besar!

Mereka menjadi sosok kapten yang sangat disegani 

Manchester United merupakan salah satu tim terbesar dan terbaik di dunia. Dalam sejarahnya, klub yang memiliki julukan Setan Merah ini tercatat sudah memenangi semua gelar bergengsi di segala ajang.

Namun saat ini Manchester United tidak dalam performa terbaiknya. Dalam kondisi seperti ini, klub yang bermarkas di Old Trafford ini membutuhkan memiliki sosok pemimpin atau kapten, yang mampu membangkitkan rasa percaya diri semua pemain.

Harry Maguire yang saat ini dipercayai menjadi kapten tim dianggap belum bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Namun, di samping itu, Setan Merah pernah memiliki sejumlah kapten yang berkarisma dan sangat disegani oleh klub lawan. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Eric Cantona 

5 Kapten Terbaik Manchester United Sepanjang Masa, Berdampak Besar!Eric Cantona (premierleague.com)

Eric Cantona merupakan pesepak bola yang luar biasa dan dikenal memiliki watak temperamental tinggi. Pria asal Prancis ini membela Manchester United selama 5 tahun dari 1992 hingga 1997. Tapi, sang pemain baru diangkat menjadi kapten pada musim 1996/1997.

Terlepas dari hal negatif yang pernah dilakukannya di atas lapangan, Cantona adalah sosok pencetak gol yang cukup konsisten dan memiliki kemampuan dribbling yang baik. Seandainya tidak tiba-tiba pensiun pada akhir musim 1996/1997, Cantona pasti bakal meraih sejumlah gelar juara lagi bersama Manchester United.

2. Bryan Robson 

5 Kapten Terbaik Manchester United Sepanjang Masa, Berdampak Besar!Bryan Robson (thesefootballtimes.co)

Bryan Robson didatangkan Manchester United dari West Bromwich Albion pada tahun 1981. Pemain asal Inggris ini saat itu direkrut dengan biaya senilai Rp29 miliar. Nominal tersebut sempat membuat Robson menjadi pemain termahal dalam sejarah Inggris. Ia tercatat membela Manchester United selama 13 tahun.

Semasa waktunya itu, Robson memberikan kontribusi yang sangat besar dan kemudian dipercayai menjadi kapten tim. Visi permainan yang baik membuat perannya tak tergantikan di lini tengah Manchester United. Karena dedikasi yang luar biasa, tidak mengherankan jika dirinya dianggap sebagai bintang Setan Merah pada tahun 1980-an.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds United

3. Steve Bruce 

5 Kapten Terbaik Manchester United Sepanjang Masa, Berdampak Besar!Steve Bruce (skysports.com)

Steve Bruce bergabung dengan Manchester United pada akhir tahun 1980-an. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini membela Setan Merah selama hampir satu dekade. Kehadirannya saat itu langsung memberikan dampak besar dan sukses menciptakan duet yang menjanjikan di lini pertahanan bersama Gary Pallister.

Tidak hanya solid dalam bertahan, Bruce juga dikenal cukup produktif dalam urusan membantu penyerangan. Momen yang paling terkenal adalah dua golnya ke gawang Sheffield Wednesday di musim 1992/1993. Gol tersebut sekaligus memastikan Manchester United meraih gelar liga pertama dalam 26 tahun. Bruce sendiri dipercayai menjadi kapten sejak tahun 1991, setelah kepergian Bryan Robson.

4. Sir Bobby Charlton 

5 Kapten Terbaik Manchester United Sepanjang Masa, Berdampak Besar!Sir Bobby Charlton (planetfootball.com)

Jasa Sir Bobby Charlton tentu tidak bisa dilupakan begitu saja oleh para penggemar Manchester United. Setelah selamat dari tragedi Munich pada tahun 1958, ia secara sukarela membantu Manchester United untuk kembali bangkit. Kesabarannya itu akhirnya membuahkan hasil dengan tim meraih berbagai trofi bergengsi.

Ia lalu mulai dipercayai menjadi kapten tim pada tahun 1967. Selama memperkuat Setan Merah, Charlton sukses menciptakan 249 gol dari 758 pertandingan. Sang pemain juga sempat dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik Eropa dan memenangi penghargaan Ballon d’Or pada tahun 1966.

5. Roy Keane 

5 Kapten Terbaik Manchester United Sepanjang Masa, Berdampak Besar!Roy Keane (planetfootball.com)

Roy Keane bergabung dengan Manchester United dari Nottingham Forest pada tahun 1993. Pria asal Irlandia ini dikenal sebagai sosok yang temperamental dan sangat berapi-api ketika bermain. Semua hal dilakukan supaya tim yang dibelanya bisa meraih kemenangan. Bahkan, ia cukup sering menjegal pemain lawan dengan sengaja.

Keane menggunakan ban kapten Manchester United pada tahun 1997 setelah Eric Cantona pensiun. Keane langsung membayar kepercayaan itu dengan membawa Setan Merah memenangi treble winner di musim 1998/1999. Setelah meraih semua gelar bergengsi, ia kemudian memutuskan hengkang dari Old Trafford pada tahun 2006.

Itulah lima kapten terbaik Manchester United sepanjang masa. Dari nama-nama tersebut, tercatat hanya Roy Keane yang membela Manchester United di abad ke-21. Menurutmu, apakah Harry Maguire layak untuk memimpin Manchester United saat ini?

Baca Juga: 5 Legenda Chelsea yang Akhirnya Pensiun di Klub Lain, Ada Lampard

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya