5 Pelatih yang Cocok Menggantikan Mikel Arteta di Arsenal 

Arsenal gagal menang dalam beberapa laga terakhir 

Posisi Mikel Arteta sebagai pelatih Arsenal di musim ini mulai terancam. Teranyar, The Gunners harus kalah dari tim papan bawah, Burnley dengan skor 0-1. Lebih parahnya lagi, kekalahan itu terjadi di kandang Arsenal, Emirates Stadium. Kegagalan tersebut tentu menambah tren negatif klub asal London Utara itu.

Bagaimana tidak, Arsenal belum pernah meraih 1 kemenangan pun dalam 5 pertandingan terakhir. Catatan yang sangat buruk bagi tim sekelas Arsenal. Meski mampu bermain cemerlang di Liga Europa, tidak membuat posisi Arteta langsung aman sebagai pelatih Arsenal saat ini. Jika melihat laju Arsenal di Premier League, ada kemungkinan ia bakal dipecat dalam waktu dekat. Jika dipecat, siapa saja pelatih yang cocok untuk menggantikan Arteta di Arsenal? Check this out!

Baca Juga: Tinggalkan Spurs, Wanyama Gabung Klub MLS yang Dilatih Thierry Henry

1. Thierry Henry 

5 Pelatih yang Cocok Menggantikan Mikel Arteta di Arsenal bleacherreport.com

Thierry Henry merupakan salah satu legenda terbaik yang dimiliki oleh Arsenal. Saat masih aktif bermain, ia merupakan sumber gol utama bagi Arsenal. Sejumlah trofi domestik pun berhasil ia persembahkan untuk timnya saat itu. Karena sudah mengetahui seperti apa kondisi Arsenal, Henry dinilai cocok untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di Arsenal.

Terlebih lagi, pria asal Prancis itu belum menemukan performa terbaiknya bersama klub yang dilatihnya sekarang. Bisa jadi, ia akan menemukan performa terbaiknya sebagai pelatih saat menangani Arsenal. Karier kepelatihan pria berusia 43 tahun itu memang baru seumur jagung. Ia baru menangani AS Monaco dan klub Kanada, Montreal Impact.

2. Lucien Favre 

5 Pelatih yang Cocok Menggantikan Mikel Arteta di Arsenal goal.com

Lucien Favre baru saja dipecat sebagai pelatih Borussia Dortmund, lebih tepatnya pada 13 Desember lalu. Ia dianggap gagal mengantarkan Erling Haaland dan kolega tampil menjanjikan di awal musim ini. Pelatih asal Swiss itu dipecat setelah dipermalukan VfB Stuttgart dengan skor 1-5 di kandang sendiri.

Dengan menganggurnya Favre saat ini, Arsenal bisa saja langsung menunjuk pelatih berusia 63 tahun itu untuk menangani tim. Sepanjang kariernya melatih, ia sudah menangani sejumlah klub Jerman dan Prancis, seperti Hertha Berlin, Borussia Monchengladbach, Nice, dan yang terakhir Dortmund.

3. Patrick Vieira 

5 Pelatih yang Cocok Menggantikan Mikel Arteta di Arsenal goal.com

Sama seperti Henry, Patrick Vieira juga merupakan legenda di klub London Utara itu. Ia memiliki peluang untuk melatih Arsenal dalam waktu dekat. Sebab, pelatih asal Prancis itu saat ini sedang tidak melatih tim mana pun alias masih menganggur.

Vieira sendiri baru saja dipecat klub Prancis, Nice. Padahal, jika melihat perjalanannya selama melatih, pria berusia 44 tahun ini tidaklah buruk dalam menangani Nice. Meski demikian, hasil jelek dalam sejumlah pertandingan terakhir membuat pihak manajemen memecatnya.

4. Thomas Tuchel 

5 Pelatih yang Cocok Menggantikan Mikel Arteta di Arsenal goal.com

Thomas Tuchel saat ini masih melatih tim raksasa Prancis, Paris Saint-Germain. Selama 2 musim lebih melatih Mbappe dkk., ia sudah mempersembahkan sejumlah gelar domestik bagi klub berjuluk Les Parisiens itu. Bahkan, di musim lalu, pelatih asal Jerman itu berhasil mengantarkan timnya sampai di final Liga Champions untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Sayangnya, PSG harus kalah dari Bayern Munchen dengan skor 1-0.

Dengan keberhasilannya itu, Tuchel dianggap sudah cocok untuk melatih tim di kompetisi paling kompetitif di dunia, yaitu Premier League, salah satunya dengan membesut Arsenal. Tim yang berdiri pada tahun 1886 itu sebenarnya sempat dikaitkan dengan Tuchel saat Unai Emery dipecat. Namun, manajemen lebih memilih Arteta untuk menjadi penerusnya.

5. Massimiliano Allegri 

5 Pelatih yang Cocok Menggantikan Mikel Arteta di Arsenal en.as.com

Massimiliano Allegri menjadi nama paling favorit daripada pelatih lain. Setelah meninggalkan Juventus pada tahun 2019, ia belum juga melatih klub baru hingga saat ini. Sejumlah klub top Eropa kerap kali disangkutpautkan dengan pelatih asal Italia itu, salah satunya juga Arsenal.

Banyak yang menilai Allegri sebagai sosok yang tepat dan mampu membawa Arsenal kembali berjaya. Selama karier melatihnya, pria berusia 53 tahun itu hanya menangani klub-klub dari Italia saja. Dengan memilih Arsenal sebagai karier selanjutnya, itu tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi mantan pelatih AC Milan dan Juventus tersebut. Kabarnya, Arsenal juga sangat tertarik dengan jasa pelatih kelahiran Livorno itu.

Dalam beberapa laga terakhir, Arteta belum mampu membawa Arsenal menang di Premier League. Tak mengherankan jika saat ini The Gunners berada di posisi ke-15. Jika Arteta benar-benar dipecat, siapa yang lebih cocok untuk menggantikan posisinya?

Baca Juga: Diincar Manchester United, Massimiliano Allegri Abaikan Tawarannya

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya