Comscore Tracker

5 Pelatih yang Layak Kudeta Ronald Koeman dari Barcelona

Barcelona belum tampil menjanjikan di bawah Koeman 

Masa depan Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona sepertinya sudah berada di ujung tanduk. Pasalnya, pelatih asal Belanda itu belum bisa membawa Barcelona tampil menjanjikan sejauh ini. Ia dinilai tidak bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh setiap pemainnya.

Hal tersebut membuat Barcelona harus tercecer hingga posisi ke delapan di ajang LaLiga musim ini. Sementara itu, di kompetisi Liga Champions, klub asal Catalunya tersebut sudah dihajar oleh Bayern Munchen dengan skor 3-0. Akibat performa yang buruk, ada sejumlah nama yang bermunculan untuk menggantikan posisi Ronald Koeman di Barcelona.

Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Jordi Cruyff 

5 Pelatih yang Layak Kudeta Ronald Koeman dari Barcelonapotret Jordi Cruyff (everythingbarca.com)

Jordi Cruyff adalah putra dari legenda Barcelona, Johan Cruyff. Ia dinilai punya pengetahuan yang cukup untuk menggantikan Ronald Koeman dan menangani skuad Barcelona. Pria yang saat ini berusia 47 tahun itu juga sudah memiliki sejumlah pengalaman melatih.

Jordi pernah menangani Maccabi Tel Aviv (Israel), Shenzhen FC (Tiongkok), dan tim nasional Ekuador. Kini dirinya menjabat sebagai dewan penasehat di Barcelona.

2. Henrik Larsson 

5 Pelatih yang Layak Kudeta Ronald Koeman dari Barcelonapotret Henrik Larsson (dailyrecord.co.uk)

Opsi lain yang dapat dipertimbangkan oleh manajemen Barcelona adalah Henrik Larsson. Pria berpaspor Swedia itu tercatat pernah menjadi bagian dari Barcelona pada tahun 2004 hingga 2006. Meski sangat singkat, ia tetap menjadi sosok yang cukup populer di skuad Barcelona saat itu.

Saat ini pria berusia 50 tahun itu menjabat sebagai asisten pelatih di tim utama Barcelona. Hal tersebut setidaknya menunjukkan bahwa ia mempunyai pengalaman yang cukup untuk menangani Gerard Pique dan para kolega.

Baca Juga: Barcelona Semakin Terpuruk, Ronald Koeman Diusir Wasit

3. Erik Ten Hag 

5 Pelatih yang Layak Kudeta Ronald Koeman dari Barcelonapotret Erik Ten Hag (skysports.com)

Erik Ten Hag dianggap banyak orang sebagai sosok yang paling layak untuk menggantikan posisi Ronald Koeman dari kursi kepelatihan. Pasalnya, pelatih asal Belanda tersebut sudah menunjukkan kelasnya selama menangani Ajax Amsterdam. Strategi yang diterapkan dirinya selama melatih Ajax juga dinilai cocok jika diterapkan di Barcelona.

Di samping itu, Ten Hag sangat berpengalaman dalam menangani para pemain muda. Dengan kualitasnya itu, Barcelona sangat layak untuk mempertimbangkan pria berusia 51 tahun tersebut sebagai pelatih baru.

4. Roberto Martinez 

5 Pelatih yang Layak Kudeta Ronald Koeman dari Barcelonapotret Roberto Martinez (skysports.com)

Roberto Martinez adalah opsi lain yang bisa menggantikan Ronald Koeman di Barcelona jika pelatih asal Belanda itu benar-benar dipecat dalam waktu dekat. Sudah ada desas-desus yang menyatakan bahwa pria asal Spanyol itu sedang dipertimbangkan secara serius oleh jajaran petinggi klub. Martinez sendiri memiliki banyak pengalaman dengan pernah menjabat sebagai pelatih tim-tim Eropa seperti Real Zaragoza, Wigan, Swansea, Motherwell, dan Everton.

Kini pria berusia 48 tahun tersebut sedang menangani tim nasional Belgia. Namun, jika melihat persiapan tim nasional yang semakin mepet dengan jadwal Piala Dunia 2022, kans Martinez untuk datang ke Barcelona sangat tipis.

5. Xavi Hernandez 

5 Pelatih yang Layak Kudeta Ronald Koeman dari Barcelonapotret Xavi Hernandez (90min.com)

Xavi Hernandez berpeluang cukup besar untuk menggantikan Ronald Koeman. Selain karena bertitel legenda Barcelona, ia juga sudah menunjukkan kehebatannya selama melatih klub Qatar, Al-Sadd. Bahkan, tidak sedikit para penggemar dan jajaran dewan Barcelona yang mendukung penuh Xavi untuk menukangi tim Catalan tersebut.

Pria berusia 41 tahun itu dikenal memiliki pengetahuan mendalam tentang sistem tiki-taka Barcelona. Hal tersebut juga sudah dicoba ketika dirinya menangani Al-Sadd. Hasilnya, tim yang tangani itu pun sukses meraih beberapa gelar juara.

Jika Ronald Koeman benar-benar dipecat, kira-kira siapa yang pantas untuk menggantikannya menurutmu?

Baca Juga: Presiden Barcelona Ngamuk ke Ronald Koeman, Makin Panas

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya