Comscore Tracker

5 Bek Sayap Kiri Terhebat di Kompetisi Top Eropa pada Musim 2021/2022

Tak hanya solid bertahan, mereka juga bagus dalam menyerang

Seperti posisi lain, bek sayap kiri juga memiliki peran yang penting dalam permainan sepak bola. Tidak hanya dituntut untuk bertahan, sederet bek kiri ini juga bisa membantu penyerangan.

Di kompetisi elit Eropa saat ini, ada banyak sekali bek kiri yang memiliki kualitas mumpuni. Namun, hanya beberapa nama yang mampu menunjukkan performa yang konsisten dalam setiap pertandingan.

Siapa saja deretan pemain tersebut? Langsung simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Joao Cancelo 

5 Bek Sayap Kiri Terhebat di Kompetisi Top Eropa pada Musim 2021/2022potret Joao Cancelo (football365.com)

Joao Cancelo sebenarnya berposisi sebagai bek sayap kanan. Namun, posisinya kemudian diubah oleh Pep Guardiola sebagai bek kiri dalam beberapa musim terakhir. Meski bukan bermain di posisi aslinya, ia tetap mampu menunjukkan performa yang impresif.

Buktinya, Cancelo berhasil mencetak 3 gol serta 9 assist dari 45 pertandingan di semua kompetisi pada musim 2021/2022. Dengan kualitasnya tersebut, tidak mengherankan jika Cancelo disebut sebagai salah satu bek sayap terbaik di dunia saat ini.

2. Andrew Robertson 

5 Bek Sayap Kiri Terhebat di Kompetisi Top Eropa pada Musim 2021/2022potret Andrew Robertson (liverpoolfc.com)

Andrew Robertson sudah membela Liverpool sejak tahun 2017. Pemain asal Skotlandia tersebut tumbuh menjadi sosok yang hebat selama dilatih Jurgen Klopp. Sang pemain tidak hanya baik dalam bertahan, tapi ia juga sangat impresif ketika membantu penyerangan.

Sejauh ini, Robertson sudah membukukan 1 gol serta 15 assist dari 39 pertandingan di berbagai ajang. Catatan tersebut membuat Robertson menjadi pemberi assist terbanyak kedua setelah Trent Alexander-Arnold.

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Tampil Solid di Premier League Musim 2021/2022

3. Theo Hernandez 

5 Bek Sayap Kiri Terhebat di Kompetisi Top Eropa pada Musim 2021/2022potret Theo Hernandez (sempremilan.com)

AC Milan bermain sangat baik di kompetisi Serie A pada musim 2021/2022. Untuk sementara, klub yang bermarkas di Giuseppe Meazza itu berada di posisi pertama dengan perolehan 71 poin dari 33 pertandingan. Mereka pun berpeluang besar memenangi Scudetto musim ini.

Kesuksesan yang diraih Rossoneri itu sebenarnya tidak lepas dari peran Theo Hernandez. Ia kerap mencetak gol maupun menyumbangkan assist. Dari 36 pertandingan, Hernandez berhasil menciptakan 4 gol serta 9 assist. Berkat performanya itu, sang pemain akhirnya mendapatkan panggilan untuk bergabung dengan tim nasional Prancis.

4. Jordi Alba 

5 Bek Sayap Kiri Terhebat di Kompetisi Top Eropa pada Musim 2021/2022potret Jordi Alba (fcbarcelona.com)

Jordi Alba secara umur memang tidak lagi muda karena telah menginjak 33 tahun. Meski begitu, pemain jebolan akademi La Masia ini tetap mampu memberikan kontribusi besar untuk Barcelona pada musim 2021/2022. Ia tercatat sudah bermain sebanyak 39 pertandingan di semua kompetisi.

Alba mampu membukukan 2 gol serta 10 assist dari seluruh penampilannya tersebut. Barcelona sendiri sudah mendatangkan beberapa bek sayap kiri baru dalam beberapa tahun terakhir. Namun, posisi Alba masih belum juga tergantikan.

5. Alphonso Davies 

5 Bek Sayap Kiri Terhebat di Kompetisi Top Eropa pada Musim 2021/2022potret Alphonso Davies (planetfootball.com)

Alphonso Davies merupakan salah satu bek sayap tercepat di dunia. Ia sudah membela Bayern Munchen sejak tahun 2018. Awalnya, ia lebih sering dimainkan sebagai winger. Namun, pada akhirnya posisi sang pemain diubah menjadi bek sayap kiri.

Pergantian posisi ternyata menjadi berkah tersendiri bagi Davies. Pasalnya, ia justru tampil jauh lebih baik di posisi barunya tersebut. Pada musim 2021/2022, pria berusia 21 tahun itu sukses menciptakan 6 assist dari 27 penampilan di semua kompetisi.

Kelima bek sayap kiri itu diharapkan bisa tampil lebih bagus lagi di sisa musim 2021/2022. Adakah pemain idolamu dalam daftar tersebut?

Baca Juga: 5 Bek dengan Torehan Gol Sama, Bahkan Lebih Banyak dari Lionel Messi 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya