5 Bek Tengah yang Tampil Solid di Premier League Musim 2021/2022

Didominasi oleh sederet bek Liverpool dan Chelsea 

English Premier League (EPL) dianggap banyak orang sebagai kompetisi paling populer di dunia. Pasalnya, ada banyak sekali pemain bintang yang bermain di kasta tertinggi Inggris tersebut, terutama di posisi bek tengah.

Pada musim 2021/2022, ada sejumlah bek tengah yang tampil sangat baik dalam menjaga lini pertahanan klubnya. Beberapa di antaranya bahkan berhasil menciptakan gol.

Lantas, siapa saja bek tengah terbaik di Premier League saat ini? Langsung saja simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Virgil van Dijk (Liverpool) 

5 Bek Tengah yang Tampil Solid di Premier League Musim 2021/2022potret Virgil van Dijk (liverpoolfc.com)

Virgil van Dijk merupakan sosok penting di barisan pertahanan Liverpool. Pria asal Belanda itu sudah bermain sebanyak 30 pertandingan di kompetisi Premier League musim 2021/2022. Dari seluruh laga tersebut, ia mampu menciptakan 3 gol serta 1 assist.

Di samping itu, van Dijk turut membantu menciptakan 19 clean sheet bagi The Reds. Berkat ketangguhannya itu, tidak mengherankan jika pemain berusia 30 tahun tersebut kerap dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik di dunia saat ini.

2. Thiago Silva (Chelsea) 

5 Bek Tengah yang Tampil Solid di Premier League Musim 2021/2022potret Thiago Silva (planetfootball.com)

Setelah sukses bersama Paris Saint-Germain, Thiago Silva memilih melanjutkan kariernya bersama Chelsea. Ia bergabung bersama The Blues dengan status bebas transfer pada musim panas 2020. Keputusan Silva untuk bermain di Stamford Bridge terbukti tepat. Sebab, sang pemain mampu membantu tim meraih gelar Liga Champions pada musim debutnya.

Sementara pada musim 2021/2022, performa Silva masih cukup stabil. Pemain asal Brasil itu sudah bermain sebanyak 26 kali dan menciptakan 3 gol serta 1 assist di Premier League. Silva masih memiliki kontrak bersama Chelsea hingga Juni 2023.

Baca Juga: 6 Pemain dengan Tembakan Terbanyak di Premier League Musim 2021/2022

3. Antonio Rudiger (Chelsea) 

5 Bek Tengah yang Tampil Solid di Premier League Musim 2021/2022potret Antonio Rudiger (skysports.com)

Antonio Rudiger sempat mengalami periode yang sulit di bawah asuhan Frank Lampard. Namun, semua cerita berubah sejak tim diambil alih oleh Thomas Tuchel. Bek asal Jerman itu langsung menjadi sosok penting di lini pertahanan The Blues.

Hal yang sangat menonjol dari Rudiger adalah kepiawaiannya dalam urusan duel udara serta intersep. Dalam 28 pertandingan di Premier League, ia berhasil menorehkan 3 gol serta 2 assist bagi Chelsea. Sayangnya, kontrak Rudiger di Stamford Bridge akan berakhir dalam dua bulan lagi.

4. Ruben Dias (Manchester City) 

5 Bek Tengah yang Tampil Solid di Premier League Musim 2021/2022potret Ruben Dias (skysports.com)

Manchester City merupakan klub dengan kualitas skuad yang sangat mewah di Premier League musim 2021/2022. Di posisi bek, ada satu nama yang perannya hampir tak tergantikan, Ruben Dias. Penampilan solid Dias membuat The Citizens menjadi tim paling sedikit kebobolan di kasta tertinggi Inggris sejauh ini, yaitu hanya 20 gol.

Sayangnya, bek asal Portugal itu sekarang harus menepi untuk sementara waktu karena mengalami cedera. Meski begitu, Dias sudah bermain sebanyak 26 kali dan mencetak 2 gol serta 3 assist di Premier League.

5. Joel Matip (Liverpool) 

5 Bek Tengah yang Tampil Solid di Premier League Musim 2021/2022potret Joel Matip (planetfootball.com)

Selain Virgil van Dijk, Joel Matip juga menjadi salah satu pemain penting Jurgen Klopp di jantung pertahanan Liverpool. Pemain asal Kamerun itu menunjukkan penampilan yang impresif sejauh ini. Ia tercatat sudah bermain sebanyak 26 kali dan menciptakan 1 gol serta 2 assist di Premier League.

Penampilan apik yang ditunjukkan Matip tersebut mungkin saja membantu Liverpool meraih quadruple pada akhir musim. Peluang pemain berusia 30 tahun yang telah meraih lima gelar juara bersama The Reds untuk menambah koleksi trofinya masih sangat terbuka lebar.

Sederet palang pintu di atas tentu diharapkan bisa tampil lebih baik lagi di sisa pertandingan Premier League musim 2021/2022. Mempukah mereka menjaga konsistensinya?

Baca Juga: 6 Pemain dengan Rasio Gol Terbaik dalam Sejarah Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya