Comscore Tracker

5 Bek Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Gerard Pique hingga Sergio Ramos

Hanya diisi oleh pemain Real Madrid dan Barcelona

LaLiga dikenal sebagai salah satu kompetisi terbaik di Eropa. Semua itu tidak terlepas dari banyaknya pemain bintang yang merumput di kasta tertinggi Spanyol tersebut. Dari sekian posisi, bek menjadi salah satu posisi yang diisi oleh banyak sekali nama-nama berkualitas di ajang LaLiga. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang mampu tampil apik dan kemudian mendapatkan panggilan untuk bermain bersama negaranya masing-masing.

Beberapa bek di antaranya justru dianggap sebagai yang terbaik sepanjang sejarah karena dedikasi yang luar biasa bersama klubnya. Berikut ini lima bek yang tampil paling impresif selama bermain di kompetisi LaLiga.

1. Gerard Pique (Barcelona) 

5 Bek Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Gerard Pique hingga Sergio RamosGerard Pique. (eurosport.com)

Gerard Pique merupakan salah satu bek modern paling hebat di kompetisi LaLiga. Ia memberikan pengaruh yang luar biasa untuk lini pertahanan Barcelona. Peran pemain berusia 34 tahun itu sudah tidak tergantikan selama satu dekade lebih di tim utama Barcelona. Dengan postur tubuh yang tinggi, Pique juga sangat unggul dalam duel bola udara.

Namun, Pique sudah mulai menurun performanya dan musim ini harus absen beberapa kali lantaran mengalami masalah cedera. Selama membela Barcelona, ia telah memenangi 8 gelar LaLiga, 3 trofi Liga Champions, 7 Copa Del Rey, dan 5 Supercopa de Espana. Pique juga berhasil meraih trofi Piala Dunia dan Piala Eropa bersama tim nasional Spanyol.

Baca Juga: 6 Bek Terbaik yang Pernah Berseragam Barcelona, Puyol hingga Pique!

2. Roberto Carlos (Real Madrid) 

5 Bek Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Gerard Pique hingga Sergio RamosRoberto Carlos. (eurosport.com)

Roberto Carlos memulai kariernya sebagai seorang penyerang. Namun, dalam beberapa kesempatan, ia ditempatkan di posisi bek sayap kiri dan hasilnya lebih memuaskan. Alhasil, pemain asal Brasil itu dipatenkan di posisi tersebut, termasuk ketika membela Real Madrid. Ia bermain untuk Los Blancos selama 11 tahun sejak 1996 hingga 2007.

Carlos menikmati karier yang luar biasa bersama tim ibu kota tersebut. Tidak hanya solid menjaga lini pertahanan, ia juga sangat produktif dalam menciptakan gol serta assist. Carlos total memenangi 4 gelar LaLiga, 3 trofi Liga Champions, dan 3 Supercopa de Espana selama berseragam Real Madrid.

3. Jose Santamaria (Real Madrid) 

5 Bek Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Gerard Pique hingga Sergio RamosJose Santamaria. (trove42.com)

Real Madrid pernah berjaya pada tahun 1950-an hingga 1960-an ketika masih dibela oleh trio penyerang yang menakutkan, yaitu Alfredo Di Stefano, Paco Gento, dan Ferenc Puskas. Berkat mereka, Los Blancos berhasil meraih banyak sekali gelar juara di kompetisi Eropa. Akan tetapi, catatan tersebut sebenarnya juga tidak terlepas dari solidnya lini pertahanan Real Madrid saat itu.

Salah satu pemain yang membuat Real Madrid tampil apik di jantung pertahanan adalah Jose Santamaria. Pria asal Uruguay itu berhasil menunjukkan performa yang sangat apik sehingga membuat Real Madrid menjadi tidak terkalahkan. Selama 9 musim berseragam Los Blancos, sang pemain mampu meraih 6 gelar LaLiga, 4 trofi Piala Eropa, 1 Copa Del Rey, dan 1 Piala Eropa.

4. Carles Puyol (Barcelona) 

5 Bek Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Gerard Pique hingga Sergio RamosCarles Puyol. (eurosport.com)

Kesuksesan Barcelona pada abad ke-21 tidak terlepas dari sosok Carles Puyol. Pemain yang juga menjabat sebagai kapten itu memberikan kekuatan yang luar biasa di jantung pertahanan. Lebih hebatnya lagi, ia hanya menghabiskan seluruh kariernya untuk bermain bersama satu klub, yaitu Barcelona.

Walau postur tubuhnya hanya 178 cm, Puyol juga cukup andal dalam duel bola udara. Ia dikenal sebagai sosok bek yang tangguh dan berani di atas lapangan. Sepanjang kariernya membela Barcelona, sang bek berhasil memenangi 6 gelar LaLiga, 3 trofi Liga Champions, dan 1 Copa Del Rey.

5. Sergio Ramos (Real Madrid) 

5 Bek Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Gerard Pique hingga Sergio RamosSergio Ramos. (eurosport.com)

Setelah membela Real Madrid selama 16 musim, Sergio Ramos akhirnya memutuskan untuk hengkang dari Santiago Bernabeu pada musim panas ini. Meski akan hengkang, ia tetap akan dianggap sebagai salah satu legenda terbaik sepanjang sejarah Real Madrid. Pasalnya, sang pemain sudah memberikan pengaruh yang luar biasa untuk lini pertahanan Los Blancos.

Yang lebih hebatnya lagi, Ramos sangat produktif dalam menciptakan gol untuk Real Madrid. Ia tercatat mampu mencetak 101 gol dalam 671 pertandingan di semua ajang. Ramos bisa dibilang sebagai bek yang memiliki paket lengkap karena bagus dalam segala aspek. Ia total memenangi 5 gelar LaLiga, 4 trofi Liga Champions, 2 Copa Del Rey, dan 4 Supercopa de Espana. Ramos juga terpilih sebagai bek terbaik di LaLiga sebanyak 5 kali.

 

Soal kualitas, lima bek di atas tentu tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika mereka dianggap sebagai bek terbaik dalam sejarah LaLiga. Siapa bek LaLiga idolamu?

Baca Juga: 5 Klub yang Bisa Menjadi Destinasi Selanjutnya bagi Sergio Ramos

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya