5 Calon Pengganti David de Gea di Manchester United

Kontrak sang kiper akan habis per 1 Juli 2023 

David de Gea merupakan salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah Manchester United. Sejak direkrut pada 2011, ia sudah membukukan 190 clean sheets dari 545 pertandingan di semua ajang. Sayangnya, romansa kebersamaan sang pemain bersama Setan Merah tampaknya akan berakhir dalam waktu dekat. Pasalnya, kontrak de Gea akan habis per 1 Juli 2023. Namun, sampai saat ini, belum ada kesepakatan baru yang terjalin antara kedua belah pihak.

Apabila pada akhirnya berpisah, Manchester United perlu bergerak mencari pengganti. Mereka harus merekrut penjaga gawang baru yang tidak kalah tangguh dari de Gea. Setidaknya ada lima kiper yang berpotensi digaet Setan Merah pada musim panas 2023.

1. David Raya 

5 Calon Pengganti David de Gea di Manchester UnitedDavid Raya (twitter.com/BrentfordFC)

David Raya telah membuktikan dirinya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di English Premier League (EPL). Pria berusia 27 tahun itu tercatat membuat 154 penyelamatan pada musim lalu. Torehan itu merupakan yang tertinggi di antara kiper-kiper lain. Berkat penampilannya itu, Raya berhasil membuat David de Gea tidak masuk dalam skuad Timnas Spanyol dalam jeda internasional.

Raya sebenarnya santer dikaitkan dengan Tottenham Hotspur pada musim panas ini. Namun, Spurs pada akhirnya menarik diri karena tidak sanggup memenuhi tuntutan Brentford. The Bees kabarnya mematok harga Raya sebesar 46,7 juta euro atau Rp764 miliar. Nominal tersebut sepertinya bukan menjadi masalah bagi tim sekelas Manchester United.

2. Andre Onana 

5 Calon Pengganti David de Gea di Manchester UnitedAndre Onana (twitter.com/Inter_en)

Andre Onana kembali menemukan sentuhan terbaiknya sejak bergabung dengan Inter Milan. Kiper asal Kamerun ini tampil memukau sepanjang musim lalu. Ia menjadi sosok kunci dalam keberhasilan tim mencapai final Liga Champions Eropa (UCL). Tidak tanggung-tanggung, Onana mencatatkan 5 clean sheet dalam 6 laga babak gugur Liga Champions.

Oleh karena itu, tidak mengherankan Onana disanjung setinggi langit oleh banyak orang. Manchester United kabarnya tertarik dengan kualitas kiper berusia 27 tahun tersebut. Jika bergabung dengan Setan Merah, Onana akan kembali reuni dengan sang mantan pelatih, Erik ten Hag. Mereka sebelumnya sempat bekerja sama di Ajax Amsterdam.

Baca Juga: Andre Onana, Penjaga Keperawanan Gawang Inter Milan di Liga Champions

3. Jordan Pickford 

5 Calon Pengganti David de Gea di Manchester UnitedJordan Pickford (twitter.com/Everton)

Jordan Pickford merupakan penjaga gawang yang berpengalaman di Premier League. Kiper utama Timnas Inggris ini berhasil membawa Everton keluar dari zona degradasi pada musim lalu. Secara statistik, ia mampu menciptakan 8 nirbobol dari 37 pertandingan.

Everton sebenarnya tidak berminat untuk melepas sang kiper dalam waktu dekat. Pasalnya, kontrak Pickford masih tersisa hingga 2027. Kendati begitu, masih ada peluang bagi Manchester United untuk menebusnya asalkan Setan Merah mau membayar mahal kiper berusia 29 tahun itu.

4. Bart Verbruggen 

5 Calon Pengganti David de Gea di Manchester UnitedBart Verbruggen (instagram.com/bartverbruggen1)

Bart Verbruggen sudah mendapatkan kepercayaan besar pada usianya yang baru menginjak 20 tahun. Penjaga gawang asal Belanda ini telah menjadi kiper andalan Anderlecht. Ia berhasil membukukan total 13 clean sheet dari 37 pertandingan musim lalu.

Penampilannya yang apik membuat Verbruggen diincar banyak klub top Eropa. Salah satu klub yang tertarik dengan jasanya adalah Manchester United. Melihat umurnya yang masih sangat muda, Verbruggen bisa menjadi prospek jangka panjang untuk Setan Merah.

5. Diogo Costa 

5 Calon Pengganti David de Gea di Manchester UnitedDiogo Costa (instagram.com/diogomcosta99)

Terakhir, ada kiper milik FC Porto, Diogo Costa. Penjaga gawang berusia 23 tahun itu menjadi salah satu sosok yang sering dibicarakan pada transfer musim panas kali ini. Pasalnya, ia tampil baik di bawah mistar gawang, baik di level klub maupun tim nasional sehingga Costa diminati sejumlah klub besar.

Manchester United bisa merekrutnya dengan biaya sekitar 45 juta euro atau Rp737 miliar, sesuai dengan nilai pasarnya. Namun, perlu diingat bahwa nominal tersebut sangat mungkin berubah karena kontrak Costa masih tersisa 4 tahun lagi. Manchester United bisa menjadikan Costa sebagai penjaga gawang masa depan mereka.

Kelima penjaga gawang tersebut dianggap cocok untuk menggantikan sosok David de Gea pada musim depan. Menurutmu, Erik ten Hag akan memboyong siapa?

Baca Juga: 9 Fakta Diogo Costa, Kiper FC Porto yang Dilirik Manchester United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya