8 Catatan Kemenangan Atletico Madrid atas Manchester United di UCL

Diego Simeone untuk pertama kalinya menang dari CR7 

Atletico Madrid berhasil melaju ke babak perempat final Liga Champions Eropa 2021/2022. Tim asuhan Diego Simeone itu sukses mengalahkan Manchester United pada leg kedua babak enam belas besar dengan skor 1-0 di Old Trafford, Rabu (16/3/2022) dini hari WIB.

Hasil tersebut membuat Los Rojiblancos menang dengan agregat 2-1. Sama seperti leg pertama, pertandingan Atletico Madrid dan Manchester United kali ini juga menghasilkan sejumlah catatan menarik.

1. Cristiano Ronaldo gagal menciptakan satu pun tembakan

8 Catatan Kemenangan Atletico Madrid atas Manchester United di UCLCristiano Ronaldo (twitter.com/SquawkaNews)

Cristiano Ronaldo tampil penuh selama 90 menit saat menghadapi Atletico Madrid di Old Trafford. Akan tetapi, megabintang asal Portugal tersebut gagal menciptakan satu pun tembakan ke gawang Atletico Madrid. Catatan buruk itu menjadi yang ketiga dalam kariernya di Liga Champions.

Sebelumnya, CR7 juga gagal mencatatkan tembakan saat Manchester United melawan Panathinaikos pada November 2003. Pertandingan lainnya datang saat Ronaldo membela Real Madrid pada Mei 2011. Ronaldo nihil tembakan ketika menghadapi Barcelona.

2. Cristiano Ronaldo tak sebuas dahulu

8 Catatan Kemenangan Atletico Madrid atas Manchester United di UCLCristiano Ronaldo (planetfootball.com)

Cristiano Ronaldo dikenal sebagai pemain yang kerap membobol gawang Atletico Madrid di Liga Champions. Dari 15 pertandingan melawan wakil asal Spanyol itu, Ronaldo berhasil membukukan total 13 gol.

Bahkan, ia sempat mencetak 2 hattrick dalam 4 pertandingan terakhirnya. Momen itu tercipta bersama Real Madrid pada Mei 2017 dan Juventus pada Maret 2019. Sayangnya, pada laga dini hari tadi, Ronaldo gagal meneruskan catatan impresifnya tersebut.

3. Atletico Madrid jadi momok besar klub-klub Inggris 

8 Catatan Kemenangan Atletico Madrid atas Manchester United di UCLAksi Cristiano Ronaldo dalam pertandingan Manchester United melawan Atletico Madrid di Liga Champions. (twitter.com/Squawka)

Atletico Madrid menjadi satu-satunya tim dalam sejarah Liga Champions yang mampu menyingkirkan tiga klub Inggris. Mereka adalah Chelsea (semifinal 2013/2014), Liverpool (16 besar 2019/2020), dan Manchester United (16 besar 2021/2022).

Menariknya, ketiga tim itu berstatus sebagai klub yang pernah juara di Liga Champions. Kesuksesan Atletico Madrid tersebut tentu tidak terlepas dari racikan strategi Diego Simeone.

Baca Juga: 7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico Madrid

4. Untuk kedua kalinya perempat final Liga Champions tanpa Ronaldo dan Messi 

8 Catatan Kemenangan Atletico Madrid atas Manchester United di UCLCristiano Ronaldo dan Lionel Messi (twitter.com/OptaJean)

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi telah diakui sebagai pemain sepak bola terbaik pada abad 21. Kedua megabintang itu selalu menghiasi Liga Champions dalam beberapa tahun terakhir.

Kekalahan Manchester United dini hari tadi menjadi musim kedua berturut-turut perempat final Liga Champions tanpa CR7 dan La Pulga. Selain 2021, Ronaldo dan Messi terakhir kali tidak main di perempat final pada edisi 2005. Akhir dari sebuah era?

5. Manchester United nihil trofi pada 2021/2022

8 Catatan Kemenangan Atletico Madrid atas Manchester United di UCLManchester United (twitter.com/manutd)

Manchester United dipastikan tanpa gelar juara pada 2021/2022. Kepastian itu didapatkan setelah langkah Setan Merah terhenti pada babak enam belas besar Liga Champions. Sebelumnya, Manchester United terdepak dari Piala Liga Inggris dan Piala FA.

Sementara itu, kecil harapan bagi Manchester United untuk bisa juara di ajang Premier League. Pasalnya, Setan Merah saat ini terpaut dua puluh poin dari Manchester City di puncak klasemen. Ini menjadi musim pertama Cristiano Ronaldo kembali ke Old Trafford yang berakhir tanpa trofi.

6. Magis Antoine Griezmann mulai terlihat lagi 

8 Catatan Kemenangan Atletico Madrid atas Manchester United di UCLAntoine Griezemann (skysports.com)

Sejak bergabung dengan Barcelona, performa Antoine Griezmann mengalami penurunan yang sangat drastis. Alhasil, ia memutuskan hengkang ke Atletico Madrid pada 2021 lalu. Sejauh ini penampilannya memang belum terlalu mengesankan.

Meski begitu, Griezmann adalah pemain yang memberikan dampak besar di Liga Champions bagi Atletico Madrid. Buktinya, dari 7 laga yang telah dilalui, pemain asal Prancis itu mampu menciptakan 4 gol serta 2 assist. Satu assist-nya tercipta pada leg kedua menghadapi Manchester United di Old Trafford.

7. Diego Simeone untuk pertama kalinya mengalahkan Cristiano Ronaldo 

8 Catatan Kemenangan Atletico Madrid atas Manchester United di UCLDiego Simeone (twitter.com/SquawkaNews)

Cristiano Ronaldo selalu menjadi mimpi buruk Diego Simeone di Liga Champions. Pasalnya, langkah Atletico Madrid pada babak gugur selalu terhenti di tangan klub-klub yang dibela CR7.

Total lima kali Los Rojiblancos kalah dari tim Cristiano Ronaldo sejauh ini. Namun, catatan buruk itu akhirnya bisa dipecahkan Diego Simeone pada 2021/2022. Ini menjadi kemenangan perdana Simeone atas Ronaldo pada babak gugur Liga Champions.

8. Gol debut Renan Lodi di Liga Champions 

8 Catatan Kemenangan Atletico Madrid atas Manchester United di UCLRenan Lodi ketika mencetak gol ke gawang Manchester United di Liga Champions. (twitter.com/SquawkaNews)

Gol kemenangan Atletico Madrid dini hari tadi diciptakan Renan Lodi setelah menerima umpan dari Antoine Griezmann. Gol tersebut ternyata menjadi gol debut sang pemain di Liga Champions.

Untuk mendapatkan gol itu, Lodi harus mencatatkan 25 pertandingan di kasta tertinggi Benua Biru tersebut. Golnya itu makin berkesan karena mampu meloloskan Atletico Madrid ke babak perempat final.

Atletico Madrid menjadi klub keenam yang lolos ke babak selanjutnya. Sebelumnya, sudah ada lima klub yang dipastikan lolos ke perempat final, yakni Bayern Muenchen, Liverpool, Real Madrid, Manchester City, dan Benfica.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya