Deretan Pemain yang Cetak Back-to-back Hattrick di EPL

Selain Erling Haaland, ada siapa lagi? 

Erling Haaland menjadi buah bibir dalam beberapa hari terakhir. Semua itu tidak terlepas dari performa impresif sang pemain bersama Manchester City.

Saat menghadapi Crystal Palace, Sabtu (27/8/2022), pemain asal Norwegia tersebut sukses menciptakan hattrick. Tidak berhenti sampai di situ, Haaland kembali menunjukkan tajinya saat melawan Nottingham Forest, Kamis (1/9/2022), dengan membukukan hattrick lagi.

Haaland ternyata bukan satu-satunya pemain yang mencatatkan back-to-back hattrick di English Premier League (EPL). Sebelum dirinya, sudah ada enam pemain yang melakukan hal serupa.

Inilah deretan pemain yang cetak back-to-back hattrick di EPL.

1. Les Ferdinand 

Deretan Pemain yang Cetak Back-to-back Hattrick di EPLLes Ferdinand (qpr.co.uk)

Les Ferdinand adalah pemain pertama yang mampu menciptakan hattrick berturut-turut di Premier League. Pria asal Inggris ini melakukan hal tersebut saat masih membela Queens Park Rangers pada 1992/1993. Secara keseluruhan, ia ketika itu berhasil menorehkan 20 gol dan 5 assist dari 37 pertandingan di Premier League.

Ferdinand membukukan hattrick pertama pada pekan ke-38 saat menghadapi Nottingham Forest. Tiga golnya saat itu membawa QPR menang dengan skor 4-3.

Ia meneruskan performa impresifnya dengan mencetak tiga gol lagi saat melawan Everton pada pekan ke-39. Sebagai informasi, Premier League 1992/1993 masih menggunakan format lama dan diikuti 22 klub.

2. Ian Wright 

Deretan Pemain yang Cetak Back-to-back Hattrick di EPLIan Wright (arsenal.com)

Legenda Arsenal, Ian Wright, tak ketinggalan. Pria kelahiran London ini menorehkan back-to-back hattrick di Premier League 1993/1994, tepatnya pada pekan ke-30 dan ke-31.

Wright menjebol gawang Ipswich Town dengan tiga gol sekaligus dan mengantarkan Arsenal menang dengan skor 5-1. Pada laga berikutnya, Wright kembali melesatkan hattrick ketika Arsenal menang 4-0 dari Southampton.

Sang pemain kemudian mengakhiri musim dengan torehan 23 gol serta 3 assist dari 39 pertandingan. Meski performanya cukup impresif, Wright hanya mampu mengantarkan Arsenal finis di urutan empat pada musim itu.

3. Thierry Henry 

Deretan Pemain yang Cetak Back-to-back Hattrick di EPLThierry Henry (arsenal.com)

Thierry Henry menjadi bagian dari Arsenal sejak 1999. Tidak membutuhkan waktu lama, sang pemain langsung menjadi pilihan utama Arsene Wenger di lini serang The Gunners.

Musim 2004/2005 bisa dibilang salah satu musim terbaik Henry selama berseragam Arsenal. Ketika itu, ia berhasil keluar sebagai top skor Premier League setelah mencetak 25 gol.

Back-to-back hattrick yang dicetaknya tercipta saat melawan Portsmouth FC (pekan ke-29) dan Norwich City (pekan ke-31). Sedangkan, pada pekan ke-30, Henry harus absen karena mengalami cedera.

Baca Juga: Perbandingan Erling Haaland dan Sergio Aguero di 5 Laga Pertama EPL

4. Didier Drogba 

Deretan Pemain yang Cetak Back-to-back Hattrick di EPLDidier Drogba (chelseafc.com)

Chelsea adalah satu-satunya klub Inggris yang pernah dibela Didier Drogba. Selama bermain untuk klub London Barat ini, Drogba berhasil menciptakan total 164 gol serta 86 assist dari 381 pertandingan.

Ia melakukan back-to-back hattrick di Premier League saat usianya sudah 32 tahun. Momen itu tercipta pada pekan ke-38 musim 2009/2010 dan pekan pertama musim 2010/2011.

Wigan Athletic menjadi korban pertama Drogba. Setelah itu, sang pemain menghabisi West Bromwich Albion.

5. Wayne Rooney 

Deretan Pemain yang Cetak Back-to-back Hattrick di EPLWayne Rooney (twitter.com/ManUtd)

Wayne Rooney memulai musim 2011/2012 dengan performa luar biasa. Hanya dalam 5 pertandingan awal Premier League, ia sudah mampu menorehkan 9 gol serta 1 assist bagi Manchester United.

Pada pekan ketiga dan keempat, saat melawan Arsenal dan Bolton, Rooney berhasil membukukan back-to-back hattrick. Walau tampil gacor dengan mencetak 27 gol pada akhir musim, Rooney gagal meraih penghargaan top skor Premier League.

Ia saat itu kalah dari penyerang Arsenal, Robin van Persie, yang sukses menciptakan 30 gol di Premier League. Meski begitu, Rooney berhasil membawa Setan Merah meraih gelar juara Premier League 2011/2012.

6. Harry Kane (dua kali) 

Deretan Pemain yang Cetak Back-to-back Hattrick di EPLHarry Kane (twitter.com/SpursOfficial)

Harry Kane berbeda dengan pemain lain yang berada di daftar ini. Pria berusia 29 tahun itu tercatat pernah menorehkan back-to-back hattrick di Premier League sebanyak dua kali.

Pertama, pada 2016/2017, ia berhasil menjebol gawang Leicester City sebanyak 4 kali dan menjebol gawang Hull City sebanyak 3 kali. Momen itu terjadi pada pekan ke-37 dan ke-38.

Pada musim berikutnya, Kane kembali melakukan hal serupa dengan mencetak hattrick ke gawang Burnley (pekan ke-19) dan Southampton (pekan ke-20). Sampai saat ini, peran Kane belum juga tergantikan di lini serang Tottenham Hotspur. Bahkan, ia baru saja memecahkan rekor gol Sergio Aguero di Premier League.

Harry Kane menjadi pemain yang cetak back-to-back hattrick di EPL terakhir dalam daftar ini. Namun, Erling Haaland baru saja menyusulnya. Mengingat kualitas yang dimiliki Erling Haaland, bukan tidak mungkin ia juga bakal menyamai torehan Harry Kane.

Baca Juga: Catatan Apik Erling Haaland Usai Cetak Hattrick untuk Manchester City

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya