Usia di Atas 30 Tahun, 5 Kiper Ini Tetap Tampil Apik di Premier League

Umur hanyalah sebuah angka bagi mereka

Menjadi seorang penjaga gawang tentu bukanlah hal yang mudah. Selain harus jago dalam menepis tembakan lawan, kiper di era saat ini juga dituntut untuk bisa membangun serangan dari bawah. Karena tugas yang sulit itu, tak banyak kiper yang dapat melakukannya dengan baik.

Kompetisi Premier League dikenal sebagai rumah bagi penjaga gawang hebat dari seluruh dunia. Musim ini tidak hanya kiper muda saja yang tampil menawan di kasta tertinggi Inggris tersebut. Namun, ada juga sejumlah kiper veteran yang tetap tampil apik meski berusia lebih dari 30 tahun. Siapa saja penjaga gawang itu? Berikut ulasannya!

1. Ben Foster (Watford) 

Usia di Atas 30 Tahun, 5 Kiper Ini Tetap Tampil Apik di Premier LeagueBen Foster (teamtalk.com)

Ben Foster merupakan salah satu penjaga gawang tertua di kompetisi Premier League musim ini. Kiper asal Inggris itu saat ini sudah berusia 38 tahun dan 6 bulan. Walau begitu, ia tetap menjadi penjaga gawang andalan Watford di musim ini.

Ia tercatat sudah diturunkan sebanyak 6 kali di ajang Premier League musim ini. Meski telah kebobolan 11 gol, Foster juga mampu mencatatkan puluhan penyelamatan. Jika bukan dirinya yang berada di bawah mistar gawang, bukan tidak mungkin Watford akan kemasukan lebih banyak gol lagi.

2. Lukasz Fabianski (West Ham United) 

Usia di Atas 30 Tahun, 5 Kiper Ini Tetap Tampil Apik di Premier LeagueLukasz Fabianski (skysports.com)

Lukasz Fabianski memulai kariernya pertama kali di kompetisi Inggris dengan membela Arsenal pada tahun 2007. Penjaga gawang asal Polandia ini menghabiskan total 7 musim di klub asal London Utara tersebut. Ia kemudian memilih melanjutkan kariernya ke Swansea pada tahun 2014 sebelum akhirnya hengkang ke West Ham United 4 tahun setelahnya.

Sejauh ini Fabianski sudah membuat 111 pertandingan bersama The Hammers. Dari seluruh laga itu, ia mampu mencatatkan 29 clean sheet. Sementara di musim ini, penjaga gawang berusia 36 tahun itu sudah tampil sebanyak 10 kali dan mampu mencatatkan 3 clean sheet. Berkat dirinya, West Ham saat ini berhasil berada di posisi empat besar klasemen Premier League.

Baca Juga: 5 Fakta Tersingkirnya Manchester City oleh West Ham di Carabao Cup

3. Hugo Lloris (Tottenham Hotspur) 

Usia di Atas 30 Tahun, 5 Kiper Ini Tetap Tampil Apik di Premier LeagueHugo Lloris (twitter.com/squawka)

Musim ini merupakan tahun kesepuluh Hugo Lloris bersama Tottenham Hotspur. Kini penjaga gawang asal Prancis itu tidak hanya menjadi andalan di bawah mistar gawang, tapi ia juga dipercayai untuk menjadi kapten tim. Selama membela Spurs, sang kiper telah membuat 129 clean sheet dari 383 pertandingan di semua kompetisi.

Meski sudah sangat lama membela Spurs, Lloris belum pernah meraih satu pun gelar juara bersama klubnya tersebut. Capaian terbaik Tottenham Hotspur adalah mencapai final di Liga Champions pada tahun 2019. Sementara musim ini, penjaga gawang berusia 34 tahun itu telah tampil sebanyak 10 kali dan mencatatkan 3 clean sheet di Premier League.

4. Kasper Schmeichel (Leicester City) 

Usia di Atas 30 Tahun, 5 Kiper Ini Tetap Tampil Apik di Premier LeagueKasper Schmeichel (skysports.com)

Kasper Schmeichel telah bergabung dengan Leicester City sejak tahun 2011. Penjaga gawang asal Denmark ini sudah membawa The Foxes meraih dua trofi bergengsi sejauh ini, yakni Premier League musim 2015/2016 dan Piala FA pada musim 2020/2021. Dari 440 laga di semua ajang, ia sukses menciptakan total 139 clean sheet bersama klubnya itu.

Musim ini kiper berusia 34 tahun itu sudah membuat 10 penampilan di Premier League. Dari seluruh laga itu, ia memang hanya sukses menciptakan 1 clean sheet. Meski demikian, sang kiper tetap memainkan peran penting di setiap pertandingannya bagi Leicester City.

5. David de Gea (Manchester United) 

Usia di Atas 30 Tahun, 5 Kiper Ini Tetap Tampil Apik di Premier LeagueDavid de Gea (planetfootball.com)

David de Gea merupakan penjaga gawang paling konsisten di kompetisi Premier League dalam beberapa musim terakhir. Kiper asal Spanyol ini bergabung dengan Manchester United pada tahun 2011. Awalnya, ia sangat kesulitan untuk beradaptasi dengan kultur sepak bola Inggris. Namun, seiring berjalannya waktu, sang kiper mulai tampil apik di setiap musimnya.

Meski saat ini Setan Merah memiliki kiper muda berbakat, Dean Henderson, David de Gea tetap menjadi penjaga gawang nomor satu di Old Trafford. Musim ini kiper berusia 30 tahun itu sudah membuat 10 penampilan dan mencatatkan 2 clean sheet di Premier League. Ia bahkan sempat menggagalkan tendangan penalti ketika berjumpa dengan West Ham di pekan kelima.

 

Itulah lima penjaga gawang terbaik di kompetisi Premier League saat ini yang sudah berusia lebih dari 30 tahun. Meski tak lagi muda, tapi kontribusi mereka sangat penting bagi klubnya masing-masing. Siapa penjaga gawang veteran idolamu?

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik di 5 Liga Top Eropa Saat Ini, De Gea Kembali Bersinar!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya