5 Fakta Menarik Chelsea vs Dinamo Zagreb pada MD6 UCL 2022/2023

Denis Zakaria debut sekaligus cetak gol pertama

Chelsea memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa (UCL) 2022/2023 dengan status juara Grup E. Pada pertandingan pemungkas, wakil Inggris itu berhasil menang 2-1 atas Dinamo Zagreb di Stamford Bridge, Kamis (3/11/2022) dini hari WIB.

Semua gol tercipta pada babak pertama. Dinamo Zagreb unggul terlebih dahulu melalui sundulan Bruno Petkovic. The Blues kemudian berbalik unggul, masing-masing melalui gol Raheem Sterling dan Denis Zakaria.

Simak sederet fakta menarik Chelsea vs Dinamo Zagreb pada matchday keenam UCL 2022/2023 lewat ulasan berikut ini!

1. Gol Bruno Petkovic jadi salah satu gol tercepat ke gawang Chelsea 

5 Fakta Menarik Chelsea vs Dinamo Zagreb pada MD6 UCL 2022/2023Bruno Petkovic (kiri) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Chelsea pada matchday keenam UCL 2022/2023. (twitter.com/ChampionsLeague)

Dinamo Zagreb langsung memanfaatkan peluang pertamanya menjadi gol pada menit ketujuh. Bruno Petkovic berhasil memanfaatkan pertahanan The Blues yang kurang solid sehingga mampu menyundul bola masuk ke gawang Edouard Mendy.

Gol Petkovic tersebut ternyata menjadi salah satu gol tercepat ke gawang Chelsea di Stamford Bridge dalam kompetisi Liga Champions. Sebelum gol Petrovic, The Blues sendiri sempat dua kali mengalami kebobolan cepat pada awal laga di Liga Champions. Momen itu tercipta saat melawan Ajax pada 2019/2020 (menit kedua) dan menghadapi APOEL FC pada 2009/2010 (menit keenam).

2. Debut Denis Zakaria

5 Fakta Menarik Chelsea vs Dinamo Zagreb pada MD6 UCL 2022/2023Denis Zakaria (twitter.com/Deniszakaria8)

Denis Zakaria akhirnya menjalani debutnya bersama Chelsea saat melawan Dinamo Zagreb. Pada laga itu, pemain asal Swiss ini mampu menunjukkan performa yang cukup baik di lini tengah The Blues. Bahkan, ia berhasil mencetak gol pada menit ke-30.

Menariknya, gol itu merupakan gol pertamanya bagi Chelsea dalam pertandingan debut, juga lewat tendangan pertamanya. Sayang, pada menit ke-71, Zakaria ditarik keluar Graham Potter karena mengalami cedera.

Baca Juga: Serba Pertama di Balik Kemenangan Brighton Atas Chelsea

3. Graham Potter masih sempurna di Liga Champions 

5 Fakta Menarik Chelsea vs Dinamo Zagreb pada MD6 UCL 2022/2023Graham Potter (twitter.com/ChampionsLeague)

Graham Potter terus menunjukkan tajinya bersama Chelsea sejak menggantikan Thomas Tuchel. Pelatih asal Inggris itu sampai saat ini belum terkalahkan di Liga Champions. Di bawah tangan dinginnya, The Blues berhasil meraih 4 kemenangan dan 1 imbang dari 5 laga di Liga Champions.

Torehan impresif Potter itu menyamai catatan Roberto Di Matteo ketika menangani Chelsea yang tidak terkalahkan dalam lima laga beruntun di Liga Champions. Pada 2011/2012, Di Matteo berhasil membawa Chelsea keluar sebagai juara Liga Champions. Mampukah Potter mengulangi hal tersebut?

4. Mason Mount jadi Man of the Match 

5 Fakta Menarik Chelsea vs Dinamo Zagreb pada MD6 UCL 2022/2023Mason Mount jadi Man of the Match dalam pertandingan melawan Dinamo Zagreb pada matchday keenam UCL 2022/2023. (twitter.com/masonmount_10)

Mason Mount memang tidak mencetak gol atau assist bagi Chelsea dalam laga ini. Namun, dilansir laman resmi Liga Champions, gelandang asal Inggris itu tetap dinobatkan sebagai Man of the Match. Pergerakan serta pemosisian yang bagus dari Mount membuatnya terlihat menonjol dalam pertandingan ini.

Jika dilihat dari statistiknya, pria berusia 23 tahun itu mencatatkan sembilan umpan ke daerah sepertiga akhir lawan. Jumlah tersebut jadi yang paling tinggi di antara pemain lain.

5. Chelsea lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E

5 Fakta Menarik Chelsea vs Dinamo Zagreb pada MD6 UCL 2022/2023Para pemain Chelsea melakukan selebrasi setelah Denis Zakaria mencetak gol ke gawang Dinamo Zagreb pada matchday keenam UCL 2022/2023. (twitter.com/Deniszakaria8)

Dengan kemenangan ini, Chelsea mantap di puncak klasemen Grup E dengan raihan 13 poin dari 6 laga. Chelsea lolos ke babak 16 besar bersama AC Milan yang berada di urutan kedua dengan koleksi 10 poin.

Sementara itu, Dinamo Zagreb tersingkir dari Liga Champions dan tidak lolos ke babak playoff Liga Europa karena menempati posisi buncit dengan raihan empat poin. Di sisi lain, RB Salzburg akan melanjutkan perjalanannya ke Liga Europa karena berhasil menempati posisi ketiga Grup E dengan koleksi enam poin.

Drawing fase gugur Liga Champions 2022/2023 akan berlangsung pada Senin (7/11/2022) pukul 17.00 WIB. Siapa yang bakal jadi lawan Chelsea dan AC Milan selanjutnya?

Baca Juga: 5 Klub Premier League yang Paling Sering Mengalahkan Chelsea, Ada MU!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya