5 Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa, Deretan Nama Top! 

Secara kualitas, mereka tidak perlu diragukan lagi 

Gelandang bertahan merupakan posisi yang cukup sentral di dalam sepak bola. Meskipun demikian, peran pemain tersebut kerap kali dipandang sebelah mata karena jarang menghasilkan gol. Memang tidak dapat dimungkiri tujuan utama dalam permainan sepak bola adalah mencetak gol dan membawa tim memenangi laga.

Tugas utama yang diemban oleh gelandang bertahan juga tak kalah pentingnya. Salah satunya adalah memutus serangan lawan. Bahkan, tak jarang mereka juga rela bermain kotor di lini tengah untuk menggagalkan setiap upaya yang dilakukan oleh tim lawan.

Dari banyaknya pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan, terdapat sejumlah pemain yang dianggap layak menjadi yang terbaik dalam sejarah sepak bola. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Demi Penerus Busquets, Barcelona Tertarik Datangkan Sandro Tonali

1. Lothar Matthaus 

5 Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa, Deretan Nama Top! thesefootballtimes.co

Namanya mulai dikenal saat bermain bersama Bayern Munchen dan Inter Milan. Pria yang saat ini berusia 59 tahun ini saat masih aktif bermain bisa dibilang sebagai gelandang bertahan terbaik sepanjang sejarah. Pasalnya, ia sangat mendominasi di lini tengah dan membuat para lawannya kagum.

Kehebatan sang pemain bahkan disebut oleh Diego Maradona sebagai rival terberatnya. Matthaus bisa dikatakan sebagai gelandang bertahan yang paling sempurna yang pernah ada di lapangan hijau. Buktinya, meski saat ini ia sudah pensiun, namanya masih sering terdengar di kalangan penggemar sepak bola.

2. Sergio Busquets 

5 Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa, Deretan Nama Top! barcablaugranes.com

Dedikasi Sergio Busquets bersama Barcelona memang tidak perlu diragukan lagi. Pemain yang identik dengan nomor 5 ini sepanjang karier profesionalnya hanya bermain untuk klub Catalan tersebut. Bahkan, saat masih ada Iniesta dan Xavi, mereka bertiga membentuk trio lini tengah terbaik dalam beberapa musim.

Kehadiran Busquets jelas membuat nyaman Iniesta dan Xavi dalam memainkan bola dan memulai serangan. Busquets tidak hanya andal dalam merebut dan memutus serangan lawan, tetapi juga sangat bagus dalam membantu serangan dengan umpan sederhananya yang mematikan.

3. Roy Keane 

5 Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa, Deretan Nama Top! express.co.uk

Tak dapat disangkal bahwa Roy Keane merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik yang bermain di Premier League. Ia memiliki cerita dan kenangan yang sangat manis saat bermain untuk Manchester United. Sejumlah trofi bergengsi pun berhasil didapatkan, termasuk gelar Liga Champions pada musim 1998/1999.

Keane memang terkenal sebagai sosok yang menakutkan di atas lapangan. Sebab, ia tak akan memberi celah kepada sang lawan untuk memainkan bola. Bahkan, pria asal Irlandia sangat agresif dalam merebut bola. Tak mengherankan jika ia menjadi pemain penting di MU era Sir Alex Ferguson. Karena performanya itu, sang pemain dipercayai menjadi kapten tim.

4. Didier Deschamps 

5 Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa, Deretan Nama Top! 90min.com

Didier Deschamps merupakan kapten timnas Prancis pada Piala Dunia 1998. Saat itu ia berhasil mengantarkan timnya merengkuh trofi bergengsi antarnegara tersebut. Saat masih aktif bermain, pria berusia 52 tahun ini merupakan gelandang dengan tipikal permainan yang keras. Bahkan, ia tak segan-segan untuk memberikan tekel kepada pemain lawan.

Deschamps memainkan perannya dengan sempurna. Ia sering kali berhasil dalam memutus aliran bola lawan. Meski sempat bermain dengan sejumlah klub top Eropa, ia lebih sering dikenang sebagai pemain penting di Juventus.

5. Claude Makelele 

5 Gelandang Bertahan Terbaik Sepanjang Masa, Deretan Nama Top! thesefootballtimes.co

Claude Makelele sempat berjaya saat bermain untuk Real Madrid dan Chelsea. Ia dikenal sebagai gelandang bertahan yang ulet dan memiliki semangat juang yang tinggi. Tak hanya itu, ia juga sangat baik dalam merebut bola dan penempatan posisi.

Keberadaan sang pemain di lini tengah membuat Frank Lampard dan Zinedine Zidane bermain lebih tenang dalam membantu penyerangan. Tidak mengherankan jika pemain asal Prancis ini dianggap sebagai gelandang bertahan terbaik di eranya.

Dari kelima pemain di atas, kini hanya menyisakan Busquets yang masih aktif bermain di atas lapangan. Peran penting mereka kerap menjadi titik awal serangan balik cepat yang sering membuahkan gol bagi timnya.

Baca Juga: Kritik Gaya Selebrasi Pogba, Makelele: Itu Kurang Ajar!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya