Berusia 51 Tahun, Ini 10 Gol Indah Dennis Bergkamp Sepanjang Masa

Bergkamp berulang tahun pada 10 Mei lalu

Dennis Bergkamp merupakan pemain didikan akademi Ajax. Namanya semakin terkenal ketika pindah ke Arsenal pada tahun 1995. Ia memenangkan tiga gelar Liga Inggris dan empat trofi Piala FA. Bersama The Gunners, Bergkamp memainkan 402 pertandingan dan mencetak 109 gol serta 71 assist sebelum pensiun pada 2006.

Selain itu, pemain yang berposisi sebagai second striker itu juga menikmati perannya di timnas Belanda. Ia mencetak 37 gol dari 79 pertandingan. Untuk kembali mengingat penampilan terbaiknya, berikut ini 10 gol terbaik Bergkamp sepanjang masa.

1. Arsenal (vs. Newcastle United)

https://www.youtube.com/embed/1t_Dv2LEa3c

Gol ini akan selalu diingat oleh pendukung Arsenal. Cara Bergkamp melampaui bek lawan dengan bola sangatlah sulit untuk ditiru. Gol ini juga mungkin bisa dibilang merupakan salah satu yang terbaik sepanjang masa Liga Inggris.

Umpan Robert Pires berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Bergkamp. Dengan satu sentuhan, bola berhasil melewati bek Newcastle, Nikos Dabizas sebelum akhirnya Bergkamp berhasil melesatkan bola ke gawang Shay Given.

2. Arsenal (vs. Leicester)

https://www.youtube.com/embed/vfv0dyR8xvk

Gol kedua yang menakjubkan ketika melawan Leicester pada Agustus 1997. Dengan tenang menggunakan kedua kakinya silih berganti, ia berhasil melewati penjagaan bek lawan dengan juggling bola sebelum melakukan tendangan dengan kaki kanan.

3. Ajax (vs. Vitesse)

https://www.youtube.com/embed/lwVsD-WVvkU

Ajax adalah bagian terbesar dari karier Bergkamp. Bisa dibilang gol terbaiknya di klub Amsterdam itu saat melawan Vitesse pada tahun 1993. Ia sangat tenang dalam mengangkat bola melewati kiper. Pelatihnya saat itu, Louis van Gaal sampai terlihat begitu terpesona melihat gol tersebut.

4. Netherlands (vs. Argentina)

https://www.youtube.com/embed/XsZkCFoqSBs

Pada babak perempat final Piala Dunia 1998, penampilan Bergkamp sangat menjanjikan. Saat pertandingan sama kuat 1-1 melawan Argentina, ia muncul sebagai pahlawan hanya dengan tiga sentuhan. Bergkamp berhasil mencetak gol di menit ke-90 sekaligus meloloskan Belanda ke semifinal.

5. Arsenal (vs. Leicester City)

https://www.youtube.com/embed/MDXuFRZEiOQ

Pada Agustus 1997, pertandingan Arsenal melawan Leicester City di Liga Inggris menghasilkan salah satu gol indah dari kaki Bergkamp. Ia melakukan tendangan melengkung dari luar kotak penalti yang meluncur deras ke pojok kiri atas gawang dari Leicester. Membuat kiper lawan tak bisa berbuat apa-apa.

Baca Juga: Gol Benjamin Pavard Terpilih Sebagai Gol Terbaik Piala Dunia 2018

6. Arsenal (vs. Sunderland)

https://www.youtube.com/embed/yyTjpNhG2L8

Gol apik lain dari Bergkamp dengan berbaju Arsenal datang dari Piala FA pada Januari 1997. Di posisi yang tidak begitu mengancam, ia berhasil mencetak gol dengan kaki kanannya. Bola menukik ke pojok kiri atas gawang Sunderland.

7. Inter Milan (vs. Rapid Bucharest)

https://www.youtube.com/embed/UC14l_rjF7o

Salah satu gol terbaik Bergkamp berseragam Inter Milan hadir dari tendangan voli. Gol itu tercipta ketika melawan Rapid Bucharest di Piala UEFA pada September 1993. Pemain yang memiliki julukan “Non-flying Dutchman” itu juga mencetak hattrick pada pertandingan tersebut.

8. Arsenal (vs. Bayer Leverkusen)

https://www.youtube.com/embed/zQg6n1QIgQQ

David Seaman memberikan tepuk tangan, seperti tak percaya saat Bergkamp mencetak gol yang luar biasa saat melawan Bayer Leverkusen di Liga Champions pada Februari 2002. Mungkin gol ini tidak spektakuler seperti daftar di atas, namun caranya mengelabui para pemain dan melakukan tendangan seperti itu agaknya sulit untuk dilakukan kembali. Terlebih lagi ia melakukan tendangan tersebut dengan kondisi terjatuh.

9. Arsenal (vs. Derby County)

https://www.youtube.com/embed/8jlFAj1zSgs

Bergkamp mungkin memiliki hobi dengan cara mencetak gol seperti ini. Ini merupakan gol kesekian yang terdapat di daftar ini dengan cara mengangkat bola di atas kepala kiper lawan. Gol itu tercipta ketika melawan Derby County pada pertandingan Liga Inggris 1996-1997.

10. Arsenal (vs. Tottenham Hotspur)

https://www.youtube.com/embed/NOvaxECYrrw

Gol lain dari Bergkamp yang sangat menarik ketika menghadapi rival Arsenal yaitu Tottenham Hotspur di Highbury pada November 1996. Kala itu Ian Wright mengirimkan umpan silang dari sayap kanan sehingga berhasil diterima oleh Bergkamp. Dengan sekali kontrol, ia berhasil mengelabui bek lawan dan berhasil mencetak gol menggunakan kaki kanannya.

Itu tadi 10 gol terbaik Bergkamp sepanjang kariernya bermain sepak bola profesional. Dari semua gol tersebut, nomor berapa favoritmu?

Baca Juga: Keren, 4 Penyebab Gol Terbaik Sepanjang Masa Ini Terkuak Secara Ilmiah

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya