Comscore Tracker

5 Keputusan yang Perlu Dibuat Barcelona di Bursa Transfer Musim Panas

Salah satunya harus menjual pemain yang minim kontribusi

Musim ini bisa dibilang sebagai tahun yang kurang baik bagi Barcelona. Pasalnya, klub berjuluk Blaugrana tersebut hanya mampu meraih satu gelar juara, yaitu Copa del Rey. Catatan tersebut tentu sangat mengecewakan bagi klub sebesar Barcelona. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika klub tersebut akan berbenah di bursa transfer musim panas ini.

Barcelona sendiri sejauh ini sudah mendatangkan beberapa nama top, seperti Sergio Aguero dan Eric Garcia. Meski begitu, masih banyak hal yang harus dilakukan oleh klub asal Catalunya tersebut di musim panas ini. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Menjual sejumlah pemain yang minim kontribusi

5 Keputusan yang Perlu Dibuat Barcelona di Bursa Transfer Musim PanasPhilippe Coutinho. (beinsports.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, aktivitas bursa transfer Barcelona memang patut dipertanyakan. Para pemain top seperti Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, hingga Antoine Griezmann belum menunjukkan performa terbaiknya sejauh ini. Selain itu, Barcelona juga harus membayar gaji para pemain pinggiran dengan biaya yang sangat mahal.

Philippe Coutinho, Miralem Pjanic, dan Samuel Umtiti menjadi beberapa pemain yang memiliki gaji tertinggi dalam skuad Barcelona saat ini. Di sisi lain, performa mereka tidak terlalu maksimal pada musim ini. Tentunya satu hal yang harus dilakukan Barcelona adalah segera menjual sejumlah pemainnya yang minim kontribusi.

2. Mendatangkan gelandang baru 

5 Keputusan yang Perlu Dibuat Barcelona di Bursa Transfer Musim PanasSergio Busquets. (eurosport.fr)

Barcelona sebenarnya sudah mengincar sosok gelandang berpengalaman, yaitu Georginio Wijnaldum pada musim panas ini. Sayangnya, pemain asal Belanda tersebut lebih memilih bergabung bersama Paris Saint-Germain karena tawaran gaji yang lebih besar. Saat ini Barcelona memiliki dua gelandang muda hebat, yaitu Frankie de Jong dan Pedri.

Barcelona harus mendatangkan sosok gelandang baru karena Sergio Busquets sudah tidak lagi muda. Selain itu, Miralem Pjanic juga tidak mendapatkan kepercayaan lebih untuk bermain pada musim ini. Jika melihat komposisi lini tengah Barcelona tersebut, klub sepertinya harus mendatangkan minimal satu gelandang hebat pada musim panas ini. Lorenzo Pellegrini dan Gonzalo Villar kabarnya sedang dikaitkan dengan raksasa asal Spanyol tersebut.

Baca Juga: Tawaran Gaji PSG Lebih Menggiurkan, Wijnaldum Batal ke Barcelona

3. Meningkatkan lini pertahanan 

5 Keputusan yang Perlu Dibuat Barcelona di Bursa Transfer Musim PanasGerard Pique. (eurosport.com)

Lini pertahanan Barcelona musim ini bisa dibilang menjadi salah satu yang buruk dalam posisi lima besar di LaLiga. Semua itu tidak terlepas dari performa buruk sejumlah bek Barcelona. Clement Lenglet terlihat beberapa kali tampil inkonsisten dan melakukan blunder. Sementara itu, Sergi Roberto juga harus beberapa kali absen lantaran mengalami masalah cedera.

Terlebih lagi, Gerard Pique dan Jordi Alba sudah berusia lebih dari 30 tahun. Barcelona memang memiliki dua bek muda, Oscar Mingueza dan Ronald Araujo. Namun, kedua bek tersebut belum bisa diberikan tanggung jawab besar selama satu musim untuk mengawal lini pertahanan Barcelona. Otomatis Barcelona perlu sosok bek matang dan berpengalaman. Sejauh ini Matthijs de Ligt dan Aymeric Laporte telah dikaitkan dengan Barcelona.

4. Memberikan persaingan kepada Marc-Andre ter Stegen 

5 Keputusan yang Perlu Dibuat Barcelona di Bursa Transfer Musim PanasMarc-Andre ter Stegen. (eurosport.com)

Marc-Andre ter Stegen dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Akan tetapi, penjaga gawang asal Jerman tersebut tidak menikmati tahun yang baik di musim 2020/2021. Kiper berusia 29 tahun itu bahkan cenderung mengalami penurunan performa.

Barcelona sempat dikaitkan dengan Gianluigi Donnarumma, tapi Blaugrana sepertinya kembali dikalahkan oleh Paris Saint-Germain. Padahal, kiper kedua Barcelona, Neto, akan meninggalkan Camp Nou pada bursa transfer musim panas ini. Hal tersebut tentu saja membuat persaingan untuk merebut posisi inti penjaga gawang semakin mudah bagi Stegen karena tak ada kiper lain yang memiliki kualitas sepadan sepertinya.

5. Memperbarui kontrak Lionel Messi 

5 Keputusan yang Perlu Dibuat Barcelona di Bursa Transfer Musim PanasLionel Messi (eurosport.com)

Pada musim panas lalu, berita tentang Lionel Messi sangat mendominasi di berbagai media karena ia dikabarkan ingin hengkang dari Camp Nou. Namun, keinginannya tersebut gagal terwujud lantaran Barcelona menolak untuk melepasnya. Alhasil, megabintang asal Argentina itu masih membela Barcelona pada musim 2020/2021.

Bahkan, Messi berhasil keluar sebagai pencetak gol terbanyak di ajang LaLiga dengan torehan 30 gol dari 35 laga. Namun, kontrak Messi bersama Barcelona akan berakhir pada 30 Juni 2021. Kehadiran Sergio Aguero diharapkan mampu membantu manajemen untuk mempertahankan Messi pada musim depan dan memperpanjang kontraknya.

 

Jika ingin kembali berjaya pada musim depan, Barcelona harus melakukan lima hal tersebut demi memperbaiki kualitas tim. Setelah Aguero dan Garcia, kira-kira siapa lagi yang bakal direkrut oleh Barcelona pada musim panas ini?

Baca Juga: Kontrak Baru Messi Sampai 10 Tahun, Tapi Gajinya Dipotong Setengah

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya