5 Kiper Top dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak di Serie A

Mulai dari Samir Handanovic hingga Gianluigi Buffon 

Serie A telah melahirkan banyak sekali kiper berkualitas. Gianluca Pagliuca, Francesco Toldo, Gianluigi Buffon, hingga Gianluigi Donnarumma menjadi sederet kiper yang besar di ajang sepak bola tertinggi Italia tersebut.

Dari sekian nama, ada beberapa kiper yang dikenal sangat andal dalam urusan menggagalkan tendangan penalti. Inilah lima kiper dengan penyelamatan penalti terbanyak dalam sejarah Serie A.

1. Samir Handanovic (32 kali) 

5 Kiper Top dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak di Serie ASamir Handanovic (sempreinter.com)

Meski berasal dari Slovenia, Samir Handanovic menghabiskan sebagian besar kariernya dengan membela klub-klub asal Italia. Ia sampai saat ini masih memegang rekor penyelamatan penalti terbanyak di Serie A. Dari 90 tendangan penalti, ia berhasil menggagalkan 32 di antaranya.

Momen terbaiknya tercipta pada 2010/2011. Sang kiper mampu menyelamatkan enam tendangan penalti. Handanovic saat itu masih bermain untuk Udinese Calcio. Ia kini membela Inter Milan sejak 2012.

2. Gianluca Pagliuca (31 kali) 

5 Kiper Top dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak di Serie AGianluca Pagliuca (sempreinter.com)

Gianluca Pagliuca adalah salah satu penjaga gawang Italia terbaik pada generasinya. Selama berkarier di kasta tertinggi Italia, ia sukses memenangi banyak sekali gelar juara. Pagliuca total meraih 6 trofi bersama Sampdoria dan 1 trofi bersama Inter Milan.

Pagliuca memiliki penampilan terbanyak kelima dalam sejarah Serie A, yakni 592 pertandingan. Di samping itu, ia berhasil menyelamatkan penalti sebanyak 31 kali dari 91 percobaan.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier League

3. Gianluigi Buffon (22 kali) 

5 Kiper Top dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak di Serie AGianluigi Buffon (as.com)

Gianluigi Buffon kerap kali dianggap sebagai penjaga gawang terhebat dalam sejarah Italia. Pesepak bola kelahiran Florence ini memiliki penampilan terbanyak di Serie A, yaitu 657 laga. Dari seluruh torehan tersebut, ia berhasil menciptakan 299 clean sheet.

Buffon tercatat hanya membela dua klub berbeda di Serie A, yakni Parma dan Juventus. Sebelas gelar Serie A sukses diraih Buffon selama berseragam Bianconeri. Buffon sendiri total menggagalkan 22 penalti dari 74 percobaan.

4. Andrea Consigli (22 kali) 

5 Kiper Top dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak di Serie AAndrea Consigli (sempreinter.com)

Umur Andrea Consigli saat ini sudah tidak lagi muda, 35 tahun. Meski begitu, ia tetap menjadi penjaga gawang andalan Sassuolo di Serie A 2021/2022. Selain membela Sassuolo, Consigli juga pernah memperkuat Atalanta di kasta tertinggi Italia tersebut.

Secara keseluruhan, Consigli mampu menorehkan 435 pertandingan dan menciptakan 106 clean sheet di Serie A. Sang kiper juga sukses menyelamatkan 22 tendangan penalti dari 74 percobaan.

5. Luca Marchegiani (21 kali) 

5 Kiper Top dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak di Serie ALuca Marchegiani (twitter.com/lazio_land)

Luca Marchegiani mendominasi Serie A pada 1990-an hingga awal 2000-an. Momen terbaik Marchegiani datang saat dirinya bermain untuk Lazio dan Torino. Ia berhasil mengantarkan Torino promosi ke Serie A dan memenangi Copa Italia. Sang kiper juga mampu meraih scudetto dan trofi Piala Super Eropa bersama Lazio.

Marchegiani sempat menjadi penjaga gawang termahal di dunia pada 1993. Ia saat itu diboyong Lazio dari Torino. Marchegiani menghadapi tendangan penalti sebanyak 67 kali di Serie A. Ia mampu menyelamatkan gawang 21 kali dari seluruh catatan tersebut.

Tinggal dua nama yang masih aktif bermain di Serie A pada 2021/2022, yakni Samir Handanovic dan Andrea Consigli. Mereka pun berpotensi menambah lagi catatan pribadinya dalam urusan menggagalkan tendangan penalti.

Baca Juga: 6 Kiper Spanyol dengan Penyelamatan Terbanyak di Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya