5 Klub EPL dengan Trofi Terbanyak sejak Abramovich Ambil Alih Chelsea

Chelsea menyamai torehan Manchester United 

Kebersamaan Roman Abramovich dan Chelsea akan berakhir dalam waktu dekat. Pasalnya, taipan asal Rusia itu memutuskan untuk menjual klub asal London Barat tersebut.

Chelsea bertransformasi menjadi salah satu klub hebat sejak diakuisisi Abramovich pada 2003. Banyak sekali gelar juara yang sukses diraih The Blues.

Apabila bicara soal perolehan trofi, sejumlah klub top Premier League juga berhasil mendapatkan banyak gelar selama Abramovich mengambil alih The Blues. Lantas, klub mana saja yang dimaksud?

1. Liverpool (10 trofi) 

5 Klub EPL dengan Trofi Terbanyak sejak Abramovich Ambil Alih ChelseaPara pemain Liverpool melakukan selebrasi setelah Origi mencetak gol ke gawang AC Milan. (twitter.com/ChampionsLeague)

Liverpool merupakan salah satu klub yang memiliki sejarah panjang di kompetisi Inggris. Sejak Roman Abramovich mengambil alih Chelsea, The Reds sudah berhasil memenangi sepuluh gelar juara. Trofi teranyar Liverpool adalah Piala Liga Inggris 2022. Liverpool mampu mengangkat gelar itu setelah mengalahkan Chelsea dengan skor 11-10 lewat adu penalti.

Jurgen Klopp menjadi pelatih yang sukses mempersembahkan banyak trofi bagi Liverpool. Selain Piala Liga Inggris, pria asal Jerman tersebut juga mampu memenangi Premier League, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Champions Eropa.

2. Arsenal (11 trofi) 

5 Klub EPL dengan Trofi Terbanyak sejak Abramovich Ambil Alih ChelseaPara pemain Arsenal melakukan selebrasi setelah Gabriel Martinelli mencetak gol ke gawang Watford di Premier League. (twitter.com/Arsenal)

Arsenal pernah berjaya ketika dilatih Arsene Wenger. Namun, saat ini, The Gunners terlihat kesulitan untuk merebutkan gelar juara. Klub asal London Utara itu terakhir kali meraih gelar Premier League pada 2004.

Arsenal juga belum pernah memenangi trofi Liga Champions. Walau begitu, mereka berhasil mengoleksi sebelas trofi selama Chelsea dipimpin Roman Abramovich. Gelar yang paling sering diraih The Gunners adalah Piala FA.

Baca Juga: 8 Jenis Trofi yang Dimenangi Chelsea pada Era Roman Abramovich

3. Manchester City (16 trofi) 

5 Klub EPL dengan Trofi Terbanyak sejak Abramovich Ambil Alih ChelseaSelebrasi para pemain Manchester City ketika Raheem Sterling mencetak gol ke gawang Club Brugge. (skysports.com)

Sejak diakuisisi Sheikh Mansour pada 2008, Manchester City berkembang menjadi salah satu klub hebat di kompetisi Inggris. Sama seperti Chelsea, The Citizens juga merekrut banyak sekali pemain bintang ke Stadion Etihad.

Soal gelar juara, Manchester City saat ini sudah memiliki lima trofi Premier League. Walau sangat dominan di ajang domestik, tim yang saat ini dilatih Pep Guardiola itu belum pernah menjuarai kompetisi Eropa. Sejak 2003, Manchester City sendiri sudah mengoleksi enam belas gelar juara.

4. Manchester United (21 trofi) 

5 Klub EPL dengan Trofi Terbanyak sejak Abramovich Ambil Alih ChelseaPara pemain Manchester United melakukan selebrasi setelah Jadon Sancho mencetak gol ke gawang Manchester City di Premier League. (twitter.com/SquawkaNews)

Manchester United bisa dibilang sebagai tim tersukses dalam sejarah Premier League. Sejak Chelsea dibeli Roman Abramovich, Setan Merah sudah memenangi lima gelar Premier League. Selain itu, Manchester United berhasil meraih satu trofi Liga Champions.

Jika ditotal secara keseluruhan, Manchester United telah mengoleksi 21 trofi sejak 2003. Sebagian besar gelar itu datang saat klub ditangani Sir Alex Ferguson.

5. Chelsea (21 trofi) 

5 Klub EPL dengan Trofi Terbanyak sejak Abramovich Ambil Alih ChelseaSkuad Chelsea ketika melawan Zenit di Liga Champions. (twitter.com/ChelseaFC)

Roman Abramovich akhirnya melepaskan sahamnya di Chelsea setelah 19 tahun. Di bawah kepemimpinannya, Chelsea menjadi tim yang bergelimang prestasi. Dua gelar Liga Champions menjadi bukti keberhasilan Abramovich memimpin The Blues.

Selain itu, Chelsea sudah memenangi lima gelar Premier League. Terbaru, klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu menjuarai trofi Piala Dunia Antarklub. Apabila dijumlah, The Blues sudah mengoleksi 21 gelar juara selama dipimpin Abramovich.

Masa depan Chelsea tergantung pemilik barunya. Jika orangnya lebih royal dari Roman Abramovich, Chelsea dipastikan bakal jauh lebih baik lagi. Sebaliknya, apabila pemilik baru tidak bisa mengelola, The Blues sepertinya bakal mengalami kemunduran.

Baca Juga: 8 Pelatih yang Membawa Chelsea Meraih Trofi di Era Roman Abramovich

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya