Comscore Tracker

5 Pemain Amerika Utara dengan Torehan Gol Terbanyak di LaLiga

Hanya diisi oleh para pemain Meksiko

LaLiga adalah ajang sepak bola paling bergengsi di Spanyol. Seperti umumnya liga di Eropa, LaLiga juga diisi oleh deretan pemain hebat dari seluruh penjuru dunia, salah satunya dari Amerika Utara. Sejumlah pemain Amerika Utara memang mampu tampil mengesankan selama bermain di ajang tertinggi Spanyol tersebut.

Bahkan, beberapa nama berhasil menciptakan cukup banyak gol. Berikut 5 pemain Amerika Utara dengan catatan gol terbanyak di kompetisi LaLiga.

1. Hugo Sanchez (Meksiko) – 234 Gol

5 Pemain Amerika Utara dengan Torehan Gol Terbanyak di LaLigamarca.com

Sebelum era Cristiano Ronaldo, Real Madrid pernah memiliki penyerang hebat dalam diri Hugo Sanchez. Pria asal Meksiko itu merupakan pemain Amerika Utara dengan torehan gol terbanyak di LaLiga, yakni 234 gol. Semua gol itu diciptakan sang pemain dari 347 pertandingan.

Selain membela Real Madrid, Hugo juga pernah bermain untuk Atletico Madrid dan Rayo Vallecano di kompetisi Spanyol. Ia terakhir kali bermain di ajang LaLiga pada musim 1993/1994.

Baca Juga: 9 Jenis Sup yang Populer di Meksiko, Cocok untuk Menghangatkan Tubuh

2. Carlos Vela (Meksiko) – 69 Gol

5 Pemain Amerika Utara dengan Torehan Gol Terbanyak di LaLigagoal.com

Saat masih muda, Carlos Vela merupakan salah satu bakat hebat yang dimiliki oleh Meksiko. Hal itulah yang membuat Arsenal merekrutnya pada Januari 2006. Sayangnya, sang pemain gagal menunjukkan kualitasnya di Inggris. Alhasil, ia beberapa kali dipinjamkan ke tim LaLiga dan akhirnya dipermanenkan oleh Real Sociedad pada tahun 2012.

Selama berkarier di LaLiga, Vela berhasil menciptakan 69 gol dan 45 assist dari 252 pertandingan. Ia kemudian meninggalkan kompetisi LaLiga pada Januari 2018 dengan bergabung bersama tim MLS, Los Angeles FC.

3. Giovani dos Santos (Meksiko) – 26 Gol

5 Pemain Amerika Utara dengan Torehan Gol Terbanyak di LaLigagoal.com

Giovani dos Santos merupakan pemain Meksiko lainnya yang produktif di ajang tertinggi Spanyol. Ia memulai kariernya pertama kali di LaLiga bersama Barcelona. Sempat pindah ke Inggris, sang pemain kemudian kembali lagi ke LaLiga dengan bergabung bersama Racing Santander, RCD Mallorca, dan Villarreal.

Bersama klub-klub itu, Giovani mampu menciptakan 26 gol dan 28 assist dari 130 pertandingan di LaLiga. Setelah cukup lama merantau ke Eropa, ia saat ini bermain dengan tim Meksiko, CF America.

4. Andres Guardado (Meksiko) – 15 Gol

5 Pemain Amerika Utara dengan Torehan Gol Terbanyak di LaLigaas.com

Nama Andres Guardado mungkin tidak begitu familier bagi pencinta sepak bola. Maklum saja, pemain asal Meksiko ini tidak pernah tampil dengan klub-klub elite Eropa sepanjang kariernya. Di kompetisi Spanyol, ia tercatat pernah membela Deportivo de La Coruna, Valencia, dan Real Betis.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sudah berhasil menciptakan 15 gol dan 36 assist dari 254 pertandingan di LaLiga. Kini, Guardado menjadi salah satu pemain penting di skuad Real Betis musim ini.

5. Guillermo Franco (Meksiko) – 14 Gol

5 Pemain Amerika Utara dengan Torehan Gol Terbanyak di LaLigagoal.com

Tidak seperti pemain lain, Guillermo Franco sepanjang kariernya hanya bermain dengan satu tim di ajang LaLiga, yakni Villarreal. Ia bermain dengan klub tersebut selama 3 musim sejak tahun 2006 hingga 2009. Selama waktunya itu, sang pemain mampu menciptakan 14 gol dan 7 assist.

Semua torehan itu dicatatkan oleh Franco dalam 81 pertandingan. Setelah meninggalkan Villarreal, ia melanjutkan kariernya bersama klub Inggris, West Ham United. Pria yang saat ini berusia 44 tahun itu memutuskan pensiun dari sepak bola pada tahun 2013.

 

Itulah lima pencetak gol terbanyak Amerika Utara di ajang tertinggi Spanyol. Dari kelima pemain tersebut, hanya Andres Guardado yang masih aktif tampil di LaLiga musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Bela Villarreal, Berkelas!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya