Tak Sebaik Messi, 5 Pemain Argentina Ini Gagal Berkembang di Barcelona

Maxi Lopez salah satunya 

Barcelona dikenal sebagai salah satu tim dengan prestasi terbaik di Eropa. Dengan banyaknya trofi yang didapatkan oleh Blaugrana, tak mengherankan jika klub ini kerap menjadi tujuan destinasi bagi para pemain dari seluruh penjuru dunia, termasuk yang berasal dari Argentina.

Sejauh ini, sudah ada 16 pemain asal Argentina yang bermain untuk klub asal Catalunya itu. Nama yang paling terkenal tentu saja Lionel Messi. Namun, tidak semua pemain asal Argentina mampu meraih sukses seperti Messi ketika berseragam Blaugrana.

Ada juga beberapa nama yang tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya setelah bergabung di Camp Nou. Berikut ini 5 pemain Argentina yang gagal berkembang di Barcelona.

1. Gabriel Milito 

Tak Sebaik Messi, 5 Pemain Argentina Ini Gagal Berkembang di Barcelonaas.com

Barcelona merekrut Gabriel Milito dari sesama klub Spanyol, Real Zaragoza pada musim panas 2007. Saat itu, Barcelona memboyong sang pemain dengan harga sebesar 20 juta euro atau setara dengan Rp340 miliar.

Sayangnya, selama kariernya di Camp Nou, ia kerap kali menderita cedera. Alhasil, ia hanya bermain dengan Barcelona 76 pertandingan selama 4 musim.

Milito kemudian memutuskan untuk berpisah dengan Barcelona pada tahun 2011. Milito memilih kembali memperkuat tim masa kecilnya di Argentina, Independiente.

2. Maxi Lopez 

Tak Sebaik Messi, 5 Pemain Argentina Ini Gagal Berkembang di Barcelonasillyseason.com

Blaugrana mendatangkan pemain yang berposisi sebagai penyerang ini dari River Plate pada musim dingin 2005. Selama waktunya di Barcelona, ia benar-benar kesulitan untuk menembus tim reguler.

Sebab, Barcelona saat itu diisi oleh deretan penyerang hebat seperti Samuel Eto'o, Lionel Messi, Henrik Larsson, hingga Ludovic Giuly. Lopez pun sempat dipinjamkan ke RCD Mallorca selama semusim pada tahun 2006. Karena tak kunjung menunjukkan kualitas terbaiknya, sang pemain akhirnya dilepas secara permanen ke FC Moscow pada musim panas 2007.

Selama berseragam Barcelona, ia hanya membukukan 2 gol dalam 19 laga di semua ajang. Kini, Lopez masih aktif bermain dengan membela klub Italia, Sambenedettese.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil yang Bermain Apik Bersama Barcelona, Deretan Bintang!

3. Juan Roman Riquelme 

Tak Sebaik Messi, 5 Pemain Argentina Ini Gagal Berkembang di Barcelonabarcablaugranes.com

Juan Roman Riquelme memulai kariernya pertama kali di Eropa dengan bergabung bersama Barcelona. Saat itu, sang pemain didatangkan dari Boca Juniors pada musim panas 2002.

Sayangnya, karier pemain kelahiran San Fernando, Argentina itu justru menurun setelah datang ke Camp Nou. Riquelme gagal menunjukkan kualitas terbaiknya karena tidak dimainkan di posisi aslinya oleh Louis Van Gaal. Ketika itu, pelatih asal Belanda ini lebih banyak memainkan sang playmaker di posisi sayap kiri.

Tercatat, Riquelme hanya menciptakan 6 gol dan 9 assist dari 42 pertandingan di semua kompetisi. Sempat dipinjamkan satu musim, sang pemain kemudian dilepas secara permanen ke Villarreal.

4. Juan Pablo Sorin 

Tak Sebaik Messi, 5 Pemain Argentina Ini Gagal Berkembang di Barcelonagoal.com

Juan Pablo Sorin direkrut oleh Barcelona dari klub Brasil, Cruzeiro pada Februari 2003. Saat itu, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini datang ke Camp Nou dengan status peminjaman.

Selama membela Barcelona, ia hanya menciptakan 1 gol dalam 15 pertandingan. Pada Juni 2003, Sorin memilih meninggalkan Barcelona. Ia kemudian kembali dipinjamkan oleh klubnya itu ke tim asal Prancis, Paris Saint-Germain.

5. Javier Saviola 

Tak Sebaik Messi, 5 Pemain Argentina Ini Gagal Berkembang di Barcelonagoal.com

Javier Saviola direkrut oleh Barcelona pada tahun 2001. Ketika itu, sang pemain didatangkan dari River Plate dengan biaya yang cukup besar, yakni 35,9 juta euro atau setara dengan Rp611 miliar. Sayangnya, ia gagal menjadi pilihan pemain utama selama membela Barcelona.

Saviola bahkan sempat dipinjamkan ke AS Monaco dan Sevilla agar bisa mendapatkan kesempatan reguler. Tak kunjung tampil apik, ia kemudian memilih hengkang ke tim rival, Real Madrid pada musim panas 2007.

 

Itulah lima pemain Argentina yang gagal tampil menjanjikan bersama Barcelona. Walau tidak sesukses Messi, setidaknya mereka patut berbangga karena pernah bermain dengan klub terbaik di Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Latin yang Kini Membela Barcelona, Gak Hanya Messi!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya