Comscore Tracker

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Bundesliga, Jago!

Dua pemain Korea Selatan berada di urutan teratas 

Kompetisi Bundesliga memang dikenal sangat bersahabat bagi para pemain non-Eropa untuk berkarier. Salah satu benua yang para pemainnya cukup sering tampil di ajang tertinggi Jerman tersebut adalah Benua Asia. Meski secara keseluruhan masih tertinggal jauh, sejumlah pemain Asia berhasil tampil menjanjikan di kancah Bundesliga.

Beberapa nama bahkan menciptakan cukup banyak gol selama waktunya di Bundesliga. Berikut ini 5 pemain Asia dengan torehan gol terbanyak di kompetisi tertinggi Jerman tersebut.

1. Cha Bum Kun (Korea Selatan) – 98 gol

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Bundesliga, Jago!thesefootballtimes.co

Cha Bum Kun merupakan salah satu pemain Korea Selatan terbaik pada masanya. Ia bisa dibilang sebagai pembuka jalan bagi para pemain Asia untuk mencoba peruntungan di Eropa.

Awalnya, Bum Kun membela tim asal negaranya, yakni Korea Air Force. Pada tahun 1979, ia direkrut oleh Eintracht Frankfurt karena performanya yang mengesankan. Seperti orang Asia pada umumnya, Bum Kun juga dikenal sebagai pemain yang tak kenal lelah dalam berlari.

Pria yang saat ini sudah berusia 67 tahun itu selama berkarier di Jerman hanya membela 2 klub, yakni Eintracht Frankfurt dan Bayer Leverkusen. Dari 308 pertandingan di Bundesliga, ia mampu membukukan 98 gol dan 5 assist.

2. Son Heung Min (Korea Selatan) – 41 gol

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Bundesliga, Jago!bundesliga.com

Son Heung Min mungkin menjadi pesepak bola Asia terbaik saat ini. Pasalnya, ia bermain sangat cemerlang di kompetisi Premier League bersama Tottenham Hotspur. Pemain berusia 28 tahun ini dikenal memiliki kelebihan dalam kecepatan lari, teknik, dan stamina.

Sebelum bermain dengan Spurs, sang pemain juga pernah berjaya di ajang Bundesliga. Semuanya dimulai saat Son bergabung dengan akademi Hamburg, di mana ia dengan cepat berkembang menjadi pemain muda potensial dan masuk ke tim senior.

Penampilannya yang bagus membuat Bayer Leverkusen jatuh hati. Alhasil, sang pemain didatangkan ke BayArena pada musim panas 2013. Bersama tim-tim itu, Son berhasil menciptakan 41 gol dan 10 assist dari 135 pertandingan di Bundesliga.

Baca Juga: Dari Son Heung Min Hingga Hiroki Sakai, 5 Pemain Asia Terbaik Saat Ini

3. Shinji Kagawa (Jepang) – 41 gol 

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Bundesliga, Jago!bleacherreport.com

Shinji Kagawa memulai kariernya di Eropa dengan bermain bersama Borussia Dortmund pada musim panas 2010. Meski baru pertama kali tampil di kompetisi top Eropa, ia sudah langsung mendapatkan kepercayaan lebih untuk bermain di tim utama.

Tampil sangat baik dalam dua musim berturut-turut membuat Manchester United kepincut. Sempat berkarier 2 tahun di tanah Inggris, sang pemain akhirnya kembali lagi ke Dortmund pada musim panas 2014.

Sayangnya di periode kedua itu, Kagawa tidak sesukses tugas pertamanya. Sempat dipinjamkan ke Besiktas, pemain asal Jepang itu akhirnya dilepas secara permanen ke klub Spanyol, Real Zaragoza pada musim panas 2019.

Kini, ia bermain untuk tim Yunani, PAOK. Selama berkarier di Bundesliga, Kagawa sukses menciptakan 41 gol dan 37 assist dari 148 pertandingan.

4. Vahid Hashemian (Iran) – 38 gol 

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Bundesliga, Jago!skysports.com

Vahid Hashemian mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu pemain Asia Barat terbaik yang pernah bermain di Bundesliga. Sebab, ia bermain sangat memuaskan bersama VfL Bochum pada tahun 2001 hingga 2004.

Tak hanya mencetak banyak gol, sang pemain juga mengantarkan timnya itu promosi ke ajang tertinggi di Jerman. Selain membela VfL Bochum, Hashemian juga sempat bermain dengan sejumlah tim Jerman lain, seperti Hamburg, Bayern Munchen, dan Hannover 96.

Pemain asal Iran itu meninggalkan kompetisi Jerman pada musim panas 2010. Dari 208 pertandingan di Bundesliga, ia mampu mencetak 38 gol dan 21 assist.

5. Shinji Okazaki (Jepang) – 37 gol 

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Bundesliga, Jago!swr.de

Tak jauh berbeda dari Shinji Kagawa, Shinji Okazaki juga memulai karier sepak bolanya di Eropa dengan klub Jerman. Pada Januari 2011, ia meninggalkan klub J1 League, Shimizu S-Pulse dan bergabung bersama VfB Stuttgart. Pemain internasional Jepang itu membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di Stuttgart.

Karena dianggap tak terlalu membantu tim, Okazaki akhirnya dijual ke FSV Mainz pada musim panas 2013. Bersama klub barunya itu, performa sang pemain mulai terlihat. Pelatih Mainz saat itu, Thomas Tuchel, sukses memanfaatkan kualitas sang pemain dengan sangat baik.

Karier Okazaki sendiri semakin meningkat ketika diboyong oleh tim Premier League, Leicester City. Selama tampil di ajang tertinggi Jerman tersebut, pemain yang saat ini berusia 34 tahun itu mampu membukukan 37 gol dan 8 assist dalam 128 pertandingan.

 

Kelima pemain tersebut merupakan nama-nama besar dan pemain hebat pada masanya. Tercatat baru Cha Bum-Kun yang sudah gantung sepatu alias pensiun.

Baca Juga: 5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Kompetisi Serie A

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya