5 Pemain Asing Tersubur dalam Sejarah Manchester United

Cristiano Ronaldo berada di urutan keempat

Manchester United merupakan salah satu klub tersukses di Inggris. Kesuksesan yang diraih Setan Merah tidak lepas dari kontribusi besar para pemain kuncinya.

Sebagai klub besar, Manchester United tidak hanya mengandalkan pemain dari Inggris. Mereka juga diperkuat deretan pemain asing berkualitas.

Bahkan, tidak sedikit pemain asing yang memberikan andil besar dalam kisah sukses Manchester United. Misalnya dalam urusan mencetak gol. Berikut lima pemain asing tersubur dalam sejarah Manchester United.

1. Denis Law (184 gol) 

5 Pemain Asing Tersubur dalam Sejarah Manchester UnitedDenis Law (twitter.com/ManUtd)

Denis Law meraih banyak kesuksesan saat berseragam Manchester United. Pemain asal Skotlandia tersebut memperkuat Setan Merah selama 11 tahun pada 1962–1973.

Selama periode itu, ia menjadi mesin gol dengan mencatatkan 184 gol dalam 307 penampilan. Berkat kontribusi besar Law, Manchester United mampu memenangi total enam gelar juara.

Law sendiri meninggalkan Old Trafford pada usia 33 tahun. Ia dilepas pelatih Setan Merah, Tommy Docherty, ke Manchester City secara gratis saat itu.

2. Ryan Giggs (164 gol) 

5 Pemain Asing Tersubur dalam Sejarah Manchester UnitedRyan Giggs (twitter.com/ManUtd)

Ryan Giggs memiliki karier yang panjang bersama Manchester United. Pesepak bola berpaspor Wales ini naik kasta ke tim utama pada 1991 dan baru pensiun pada 2014.

Giggs mencatatkan 949 pertandingan selama waktunya di Old Trafford. Torehan itu sampai masih menjadi rekor penampilan terbanyak untuk Setan Merah saat ini.

Sang pemain juga menjadi salah satu pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub. Giggs membukukan 164 gol bagi Manchester United.

Baca Juga: 5 Pemain Wales yang Pernah Juara Premier League, Bukan Hanya Giggs

3. Ruud van Nistelrooy (150 gol) 

5 Pemain Asing Tersubur dalam Sejarah Manchester UnitedRuud van Nistelrooy (twitter.com/ManUtd)

Karier Ruud van Nistelrooy tergolong cukup impresif di Manchester United. Bomber asal Belanda itu membela Setan Merah selama 5 tahun pada 2001–2006.

Dalam urusan menjebol gawang lawan, Van Nistelrooy tidak perlu diragukan lagi. Ia berhasil membukukan 150 gol dan 29 assist dari 219 laga di semua kompetisi.

Momen terbaik Van Nistelrooy selama bermain di Old Trafford tercipta pada 2002/2003. Ia berhasil keluar sebagai top skor English Premier League (EPL) dengan torehan 25 gol. Van Nistelrooy juga turut mengantarkan tim meraih gelar juara liga.

4. Cristiano Ronaldo (145 gol) 

5 Pemain Asing Tersubur dalam Sejarah Manchester UnitedCristiano Ronaldo (twitter.com/Cristiano)

Cristiano Ronaldo dikenal sebagai pesepak bola yang tajam dalam urusan mencetak gol. Megabintang asal Portugal ini berseragam Manchester United dalam dua periode berbeda.

Ronaldo pertama kali membela Setan Merah pada 2003–2009. Sempat hijrah ke Real Madrid dan Juventus, ia kembali ke Old Trafford pada 2021–2022.

Ronaldo sukses menciptakan 145 gol dan 64 assist dari 346 laga bersama Manchester United. Kontribusi besarnya itu membantu tim merengkuh sejumlah gelar bergengsi, termasuk trofi Liga Champions Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

5. George Best (137 gol) 

5 Pemain Asing Tersubur dalam Sejarah Manchester UnitedGeorge Best (twitter.com/ManUtd)

George Best bergabung dengan tim muda Manchester United pada 1961. Ia naik kasta ke tim utama 2 tahun setelahnya. Sejak promosi, pemain asal Irlandia Utara itu tampil apik.

Best tercatat mencetak 137 gol dari 353 penampilan di berbagai ajang. Ia juga mempersembahkan sejumlah gelar juara bersama Manchester United, macam trofi Premier League, Piala FA, hingga Liga Champions.

Andil besar Best membuatnya meraih beberapa penghargaan individu. Salah satunya Ballon d’Or 1968.

Lima pemain asing di atas layak disebut sebagai legenda Manchester United berkat gol-golnya. Sebagian besar pemain sudah pensiun. Tinggal Cristiano Ronaldo yang masih aktif. Itu pun tidak di Manchester. Ronaldo kini bermain di Arab Saudi.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Masih Moncer, Rahasianya Tidur 5 Kali Sehari

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya