Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Tendangan Bebas Piala Dunia Terakhir sebelum Rashford

Mayoritas tercipta pada edisi Piala Dunia 2018

Gol lewat direct free-kick atau tendangan bebas langsung akhirnya tercipta di Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain pertama yang berhasil melakukan itu adalah Marcus Rashford.

Pemain Manchester United tersebut mencetak gol indah dari tendangan bebas saat Inggris melawan Wales pada partai pamungkas Grup B, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. Gol Rashford itu sekaligus membuat The Three Lions lolos ke fase gugur dengan status juara grup.

Sebelum Rashford, ada juga sejumlah pemain yang mencetak gol lewat tendangan bebas di Piala Dunia. Untuk menyegarkan ingatan football lovers, berikut ulasan kelima pemain terakhir yang mencetak gol lewat tendangan bebas langsung di Piala Dunia.

1. Luis Suarez (Uruguay vs. Rusia) 

https://www.youtube.com/embed/_3x2WeKzAv0

Di Piala Dunia 2018, Luis Suarez tampil tidak terlalu mengesankan. Ia hanya mencetak 2 gol dan 1 assist dari 5 pertandingan bersama Timnas Uruguay. Meski torehan golnya minim, Suarez tetap layak berbangga diri karena salah satu golnya tercipta indah melalui tendangan bebas.

Berhadapan dengan tuan rumah, Rusia, pada matchday kedua Grup A, Senin (25/6/2018), sepakan mendatar Suarez ke sudut kiri gawang Rusia tidak mampu diantisipasi oleh Igor Akinfeev. Gol Suarez itu sempat membuat Uruguay unggul 1-0 sebelum akhirnya mereka menang dengan skor akhir 3-0.

2. Juan Fernando Quintero (Kolombia vs. Jepang) 

Gol tendangan bebas yang dilakukan Juan Fernando Quintero juga tidak kalah indah. Gol itu diukir sang pemain saat Kolombia kalah 1-2 dari Jepang pada matchday pertama Grup H Piala Dunia 2018, Selasa (19/6/2018).

Quintero berhasil mengecoh pagar betis Jepang yang sudah terlebih dahulu melompat lewat tendangan pelan mendatar. Penjaga gawang Jepang, Eiji Kawashima, sebetulnya bisa menangkap bola tersebut. Hanya saja bola tetap melesat masuk ke gawangnya.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Hanya Sekali Membela Timnas Inggris

3. Aleksandar Kolarov (Kosta Rika vs. Serbia) 

Aleksandar Kolarov dikenal sebagai salah satu bek yang cukup andal dalam mengeksekusi tendangan bebas. Di Piala Dunia 2018, pemain kidal itu kembali menunjukkan kualitasnya. Ia mencetak gol tendangan bebas saat Serbia melawan Kosta Rika pada matchday pertama Grup E, Minggu (17/6/2018).

Momennya tercipta saat Serbia mendapat tendangan bebas di sisi tengah kiri pertahanan Kosta Rika. Kolarov kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kirinya. Bola melambung melewati pagar pemain Kosta Rika dan masuk ke pojok kiri atas gawang Keylor Navas.

4. Cristiano Ronaldo (Spanyol vs. Portugal) 

Gol melalui direct free-kick bukanlah hal yang asing bagi Cristiano Ronaldo. Mantan pemain Real Madrid itu dikenal sebagai sosok yang memiliki kemampuan dalam mengeksekusi bola mati dengan cukup piawai. Ia memamerkannya saat Portugal menghadapi Spanyol pada matchday pertama Grup B Piala Dunia 2018, Sabtu (16/6/2018).

Dengan kaki kanannya, CR7 mengarahkan bola ke sisi kiri atas gawang Spanyol. David De Gea sendiri hanya bisa terpana oleh tendangan cantik Ronaldo tanpa berusaha menghalaunya. Gol itu terasa spesial karena tercipta pada menit ke-88 sekaligus membuat skor menjadi imbang 3-3.

5. Aleksandr Golovin (Rusia vs. Arab Saudi) 

Rusia membuka partai pertama Grup A Piala Dunia 2018 dengan hasil yang mengesankan. Menghadapi Arab Saudi, Kamis (14/4/2018), Igor Akinfeev dan kolega berhasil menang besar dengan skor 5-0. Lima gol Rusia kala itu diciptakan oleh Denis Cheryshev (dua gol), Yuriy Gazinskiy, Artem Dzyuba, dan Aleksandr Golovin.

Khusus gol Golovin tercipta melalui tendangan bebas langsung. Mendapat tendangan bebas di sisi tengah kiri pertahanan Arab Saudi, Golovin dengan kaki kanannya mengantarkan bola masuk ke gawang Abdullah Al-Mayouf.

Piala Dunia 2022 masih sangat panjang. Bukan tidak mungkin bakal ada lagi gol-gol tendangan bebas langsung yang tercipta. Dalam daftar di atas, menurutmu gol mana yang paling cantik?

Baca Juga: Cetak Brace, Rashford Persembahkan untuk Mendiang Sahabatnya

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya