5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester City dari Klub Rival EPL

Manchester City cukup sering merekrut pemain dari Arsenal

Manchester City berubah sangat drastis sejak diakuisisi oleh Abu Dhabi United Group pada 2008. Sejak saat itu mereka gemar sekali mendatangkan pemain top ke Stadion Etihad.

Dari sekian banyak bintang yang digaet Manchester City, ada beberapa nama yang didatangkan dari tim rival English Premier League (EPL). Berikut lima pemain terakhir yang dibeli The Citizens dari klub rival.

1. Emmanuel Adebayor (Arsenal) 

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester City dari Klub Rival EPLEmmanuel Adebayor (twitter.com/ManCity)

Emmanuel Adebayor diboyong Manchester City pada 2009 setelah tampil impresif bersama Arsenal. Pemain asal Togo ini saat itu dibeli dengan harga 29 juta euro atau Rp440 miliar. Bersama The Citizens, ia berhasil membukukan 19 gol serta 6 assist dalam 45 pertandingan di semua kompetisi.

Momen paling ikonik Adebayor selama membela Manchester City adalah mencetak gol ke gawang Arsenal. Ketika itu, ia lari sangat jauh dan melakukan selebrasi di depan penggemar The Gunners. Tak ayal, para penggemar Arsenal emosi dan tidak sedikit dari mereka yang melemparkan barang ke arahnya.

2. Gael Clichy (Arsenal) 

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester City dari Klub Rival EPLGael Clichy (twitter.com/ManCity)

Nama Gael Clichy mencuat pertama kali saat bermain untuk Arsenal. Ia membela klub asal London Utara itu selama 8 tahun dari 2003–2011. Karena memiliki pengalaman yang banyak di kompetisi Premier League, Manchester City memutuskan merekrut sang pemain pada 2011.

Clichy memainkan peran kunci selama berseragam The Citizens. Ia mampu menorehkan 3 gol serta 14 assist dalam 203 penampilan di berbagai ajang. Pemain asal Prancis ini juga berhasil mempersembahkan 2 gelar Premier League dan 2 trofi Piala Liga Inggris untuk Manchester City sebelum meninggalkan tim pada 2017.

Baca Juga: Butuh Bek Kiri Baru, 5 Pemain Ini Masuk Radar Transfer Manchester City

3. Samir Nasri (Arsenal) 

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester City dari Klub Rival EPLSamir Nasri (twitter.com/ManCity)

Setelah merekrut Gael Clichy, Manchester City kembali memboyong pemain Arsenal lain, yaitu Samir Nasri pada 2011. Untuk mendapatkan jasanya, City harus membayar uang ke Arsenal sebesar 27,5 juta euro atau Rp417 miliar. Nasri saat itu memiliki reputasi sebagai pemain hebat selama membela The Gunners.

Ia tercatat sukses membukukan 176 pertandingan dan mencetak 27 gol serta 40 assist bersama The Citizens. Di samping itu, Nasri juga berhasil membawa klubnya meraih 2 gelar Premier League dan 1 Piala Liga Inggris sebelum meninggalkan klub dengan status pinjaman pada 2016. Pada musim berikutnya, sang pemain dilepas secara permanen ke Antalyaspor.

4. Raheem Sterling (Liverpool) 

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester City dari Klub Rival EPLRaheem Sterling (twitter.com/sterling7)

Raheem Sterling merupakan talenta muda yang sangat berbakat pada masanya. Ia sempat membentuk trio “SSS” bersama Luis Suarez dan Daniel Sturridge di Liverpool. Ketika umurnya sudah menginjak 20 tahun, Sterling memutuskan pindah ke Manchester City dengan biaya senilai 63,7 juta euro atau Rp966 miliar pada 2015.

Penyerang asal Inggris itu memiliki karier yang ciamik di Stadion Etihad. Dari 337 pertandingan di semua kompetisi, Sterling sukses mencatatkan 131 gol dan 94 assist. Selain itu, ia juga berhasil memenangkan total 12 gelar domestik selama 7 musim di Manchester City. Sayangnya, kebersamaan Sterling dan Manchester City harus berakhir pada musim panas ini karena sang pemain memilih pindah ke Chelsea.

5. Kyle Walker (Tottenham Hotspur) 

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester City dari Klub Rival EPLKyle Walker (twitter.com/kylewalker2)

Manchester City mendatangkan Kyle Walker dari Tottenham Hotspur pada musim panas 2017. Pemain asal Inggris ini saat itu digaet dengan biaya 52,7 juta euro atau sekitar Rp799 miliar. Di bawah asuhan Pep Guardiola, ia tumbuh menjadi salah satu bek terbaik di kompetisi Premier League.

Meski memiliki postur tubuh yang gempal, Walker tetap memiliki kecepatan lari yang kencang. Sejauh ini sang pemain sudah tampil untuk The Citizens sebanyak 215 pertandingan di berbagai ajang. Ia berhasil menorehkan 6 gol serta 17 assist dari seluruh penampilannya tersebut. Pemain berusia 32 tahun itu juga sudah meraih semua gelar domestik selama berkarier di Stadion Etihad.

 

Ternyata, hampir semua rekrutan Manchester City dari klub rival memberikan hasil yang positif. Mengingat bursa transfer musim panas 2022 yang masih akan berlangsung cukup lama, bukan tidak mungkin Manchester City akan kembali merekrut nama baru dari tim rival Premier League.

Baca Juga: 5 Bek Sayap Kanan Terbaik Saat Ini, Achraf Hakimi hingga Kyle Walker

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya