Berstatus Bintang, 6 Pemain Ini Justru Dilepas Arsenal Secara Gratis

Arsenal membakar uang sebesar Rp2,5 triliun

Arsenal merupakan salah satu klub besar di English Premier League (EPL). Dengan status itu, tidak mengherankan jika klub asal London Utara itu kerap mendatangkan pemain bintang ke Stadion Emirates.

Selain mendatangkan pemain bintang, The Gunners juga cukup sering melepas pemain bintangnya ke klub lain. Anehnya, beberapa pemain bintang justru dilepas secara gratis.

1. Pierre-Emerick Aubameyang 

Berstatus Bintang, 6 Pemain Ini Justru Dilepas Arsenal Secara GratisPierre-Emerick Aubameyang (planetfootball.com)

Arsenal mengeluarkan biaya 63,75 juta euro atau setara Rp1 triliun untuk memboyong Pierre-Emerick Aubameyang. Penyerang asal Gabon itu datang ke Stadion Emirates pada bursa transfer musim dingin 2018. Tidak butuh waktu lama, ia langsung menjadi andalan Arsenal di lini depan.

Mantan pemain Borussia Dortmund itu bahkan sukses memenangi penghargaan top scorer Premier League pada 2018/2019 dengan torehan 22 gol. Namun, pada Januari 2022 ini, Aubameyang secara mengejutkan dilepas gratis ke Barcelona.

Arsenal melakukan hal tersebut karena tenaga sang pemain sudah tidak lagi dibutuhkan. Selain itu, melepas gratis Aubameyang juga menghemat pengeluaran gaji.

2. Mesut Ozil 

Berstatus Bintang, 6 Pemain Ini Justru Dilepas Arsenal Secara GratisMesut Ozil (skysports.com)

Arsenal merekrut Mesut Ozil dari Real Madrid pada musim panas 2013. Ketika itu pemain asal Jerman ini dibeli dengan nominal sebesar 47 juta euro atau setara Rp762 miliar. Harga tersebut sempat membuat Ozil menjadi rekrutan termahal sepanjang sejarah The Gunners.

Selama bermain di Arsenal, Ozil tampil baik dengan mengoleksi 44 gol serta 77 assist dalam 254 pertandingan di berbagai ajang. Namun, pada bursa transfer musim dingin 2021, Ozil dilepas Arsenal secara gratis ke Fenerbahce.

Ozil saat itu dianggap tidak cocok dengan skema permainan yang diterapkan Mikel Arteta. Ia juga kerap bermasalah dengan manajemen.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang Arsenal yang Dilepas secara Gratis ke Klub Lain

3. Aaron Ramsey 

Berstatus Bintang, 6 Pemain Ini Justru Dilepas Arsenal Secara GratisAaron Ramsey (skysports.com)

Aaron Ramsey sudah bermain untuk Arsenal sejak 2008 silam. Sang gelandang kala itu digaet dari Cardiff City dengan harga 6,4 juta euro atau setara Rp103 miliar.

Sempat kesulitan menembus skuad inti, Ramsey berhasil menjadi andalan Arsenal seiring berjalannya waktu. Ia bahkan masih menjadi pemain kunci The Gunners pada 2018/2019.

Meski begitu, permintaan gaji yang tinggi dari Ramsey tidak dikabulkan manajemen Arsenal. Alhasil, sang gelandang pindah ke Juventus dengan status bebas transfer pada musim panas 2019. Kini pemain berusia 31 tahun tersebut sedang dipinjamkan Juventus ke Rangers.

4. Willian 

Berstatus Bintang, 6 Pemain Ini Justru Dilepas Arsenal Secara GratisWillian (planetfootball.com)

Willian bisa dibilang sebagai salah satu pemain terbaik Chelsea dalam satu dekade terakhir. Ia berhasil memberikan kontribusi yang sangat besar bagi klub asal London Barat tersebut. Akan tetapi, pemain asal Brasil itu memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan Chelsea pada 2020.

Willian lebih memilih melanjutkan kariernya bersama Arsenal. Sayangnya, ia gagal tampil menawan selama waktunya di Stadion Emirates.

Hanya bertahan semusim, Willian dan Arsenal menyepakati pemutusan kontrak. Alhasil, sang pemain bergabung bersama Corinthians dengan status bebas transfer.

5. Henrikh Mkhitaryan 

Berstatus Bintang, 6 Pemain Ini Justru Dilepas Arsenal Secara GratisHenrikh Mkhitaryan (arsenal.com)

Arsenal dan Manchester United membuat kesepakatan untuk menukar Alexis Sanchez dan Henrikh Mkhitaryan pada bursa transfer musim dingin 2018. Hal itu dilakukan Arsenal karena tidak ingin kehilangan Sanchez secara cuma-cuma pada akhir musim 2018/2019.

Sayangnya, kesepakatan pertukaran itu tidak berjalan mulus bagi kedua pihak. Sanchez dan Mkhitaryan sama-sama kesulitan menemukan sentuhan terbaiknya bersama klub baru.

Khusus Mkhitaryan, ia hanya bermain bersama Arsenal selama 1,5 tahun. Setelah itu, sang pemain dilepas secara gratis ke AS Roma pada musim panas 2019. Kini Mkhitaryan menjadi salah satu pemain penting Jose Mourinho di klub ibukota Italia tersebut.

6. Shkodran Mustafi  

Berstatus Bintang, 6 Pemain Ini Justru Dilepas Arsenal Secara GratisShkodran Mustafi (arsenal.com)

Penampilan apik Shkodran Mustafi bersama Valencia membuat Arsenal jatuh hati dan memutuskan untuk membelinya pada 2016. Bek asal Jerman ini ketika itu diboyong dengan harga sebesar 41 juta euro atau setara Rp665 miliar.

Nominal itu sempat membuat Mustafi menjadi bek termahal sepanjang masa yang didatangkan Arsenal. Namun, penampilan Mustafi tidak terlalu menjanjikan bersama The Gunners.

Ia kerap melakukan blunder dan membuat tim kebobolan. Pada Januari 2021 lalu, Arsenal memutuskan untuk melepasnya secara gratis ke Schalke. Kini pemain berusia 29 tahun itu bermain untuk klub Spanyol, Levante.

Arsenal melepas keenam pemain itu secara gratis hanya dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Jika ditotal, Arsenal membakar uang sekitar 158 juta euro atau Rp2,5 triliun untuk mendatangkan mereka ke Stadion Emirates.

Baca Juga: Arsenal Melepas 6 Pemain Tanpa Membeli Pemain Baru, Ada Apa?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya