5 Pemain yang Paling Sering Masuk 3 Besar Penghargaan Ballon d’Or

Ada Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo! 

Ballon d’Or merupakan penghargaan individu terbesar untuk pemain sepak bola. Siapa pun berhak mendapatkan trofi itu asalkan performanya cemerlang. Dalam proses pemilihannya, pemenang ditentukan dari hasil pemungutan suara yang dilakukan oleh jurnalis internasional, pelatih serta kapten tim nasional.

Para voters berhak memilih tiga nama yang dianggapnya paling layak untuk memenangi penghargaan Ballon d’Or. Bagi pemain yang masuk nominasi, berada di posisi tiga besar tentu sangatlah membanggakan, apalagi bisa memenanginya. Jika peraih Ballon d’Or terbanyak diraih oleh Messi, maka kira-kira siapa pemain yang paling sering masuk tiga besar penghargaan Ballon d’Or?

5. Johan Cruyff (4 kali) 

5 Pemain yang Paling Sering Masuk 3 Besar Penghargaan Ballon d’OrJohan Cruyff. (goal.com)

Johan Cruyff merupakan legenda sepak bola yang akan selalu diingat namanya. Sebab, pria asal Belanda itu memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perubahan sepak bola. Saat masih aktif bermain, ia bisa dibilang menjadi pemain terbaik pada masanya. Buktinya, sang pemain sukses memenangi total tiga trofi Ballon d’Or.

Cruyff meraih penghargaan tersebut pada tahun 1971, 1973, dan 1974. Ia juga sempat sekali lagi masuk tiga besar Ballon d’Or pada tahun 1975. Sayangnya, ia hanya bisa duduk di urutan ketiga saat itu karena kalah bersaing dengan Franz Beckenbauer dan Oleg Blokhin.

4. Franz Beckenbauer (5 kali) 

5 Pemain yang Paling Sering Masuk 3 Besar Penghargaan Ballon d’OrFranz Beckenbauer. (fcbayern.com)

Biasanya, peraih Ballon d’Or merupakan pemain yang berposisi sebagai penyerang atau gelandang. Akan tetapi, Franz Beckenbauer mampu membuat perbedaan karena ia berhasil masuk ke dalam tiga besar sebanyak lima kali. Bagi pemain yang berposisi sebagai bek, hal tersebut tentu sangat luar biasa.

Beckenbauer sendiri memenangi penghargaan Ballon d’Or sebanyak 2 kali, yaitu pada tahun 1972 dan 1976. Capaian kedua sang pemain juga bisa dibilang cukup istimewa karena ia sukses mengantarkan Bayern Munchen meraih trofi Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or setelah Menjadi Juara Piala Eropa

3. Michel Platini (5 kali) 

5 Pemain yang Paling Sering Masuk 3 Besar Penghargaan Ballon d’OrMichel Platini. (transfermarkt.co.id)

Michel Platini adalah pesepak bola yang berjaya pada tahun 1980-an. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ia kerap kali masuk ke dalam tiga besar peraih Ballon d’Or pada saat itu. Tepatnya, pria asal Prancis itu masuk sebanyak lima kali di posisi tiga besar dalam penghargaan individu paling prestisius tersebut.

Meski catatannya sama dengan Franz Beckenbauer, Paltini lebih layak berada di urutan ketiga dalam daftar ini. Sebab, ia memenangi penghargaan Ballon d’Or lebih banyak daripada mantan bek Bayern Munchen itu, yakni sebanyak tiga kali. Lebih hebatnya lagi, Platini meriah ketiga trofi itu selama 3 musim berturut-turut.

2. Cristiano Ronaldo (12 kali) 

5 Pemain yang Paling Sering Masuk 3 Besar Penghargaan Ballon d’OrCristiano Ronaldo. (eurosport.com)

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pesepak bola yang paling digemari di era modern. Pemain asal Portugal ini sudah bermain bersama tiga klub raksasa berbeda di kompetisi top Eropa, yaitu Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. Bersama klub-klub itu, ia meraih banyak sekali gelar juara, termasuk penghargaan Ballon d’Or.

Ronaldo sendiri sudah sebanyak 12 kali masuk ke posisi tiga besar dalam penghargaan Ballon d’Or sepanjang kariernya. Dari belasan kesempatan itu, pemain berusia 36 tahun ini sukses memenangi sebanyak lima kali. Hal tersebut membuktikan jelas bahwa CR7 memberikan pengaruh yang sangat besar setiap musimnya.

1. Lionel Messi (12 kali) 

5 Pemain yang Paling Sering Masuk 3 Besar Penghargaan Ballon d’OrLionel Messi. (skysports.com)

Jika membahas Cristiano Ronaldo, maka tidak adil rasanya apabila tidak juga berbicara tentang Lionel Messi. Sama seperti CR7, La Pulga juga sudah 12 kali masuk ke dalam tiga besar kandidat peraih Ballon d’Or. Dari 12 kali tersebut, Messi sukses meraih gelar Ballon d’Or sebanyak 6 kali pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019.

Messi sendiri masih memiliki peluang untuk menambah lagi trofi Ballon d’Or pada tahun ini. Sebab, ia tampil sangat cemerlang di musim lalu dengan sukses menjadi top skor di LaLiga dan membawa Barcelona juara Copa del Rey. Tidak berhenti sampai di situ, Messi baru saja mengantarkan Argentina memenangi gelar Copa America 2021.

 

Mereka bisa sering masuk posisi tiga besar karena selalu tampil impresif bersama klubnya masing-masing. Kira-kira, apakah rekor Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan bisa terpecahkan pada masa mendatang?

Baca Juga: 7 Peraih Ballon d'Or yang Pernah Main di Ligue 1, Messi Terbaru

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya