Comscore Tracker

5 Pemain Serie A Terbaik pada Abad ke-21, Ada Satu Nama dari Brasil

Deretan nama-nama legenda Serie A!

Tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa Serie A adalah salah satu kompetisi terbaik di Eropa. Pada awal tahun 2000-an, ajang tertinggi di Italia itu bahkan sempat menjadi liga teratas di Eropa karena banyaknya pemain top yang merumput bersama klub-klub elite, seperti Inter Milan, Juventus, AS Roma, AC Milan, Lazio, Fiorentina, hingga Napoli.

Seiring berjalannya waktu, Serie A mengalami sedikit kemunduran, tetapi para pemainnya masih berstatus kelas dunia. Salah satu buktinya adalah keberadaan Cristiano Ronaldo di kompetisi tersebut. Menyambut musim 2021/2022 yang akan segera dimulai, berikut ini kami sajikan lima pemain Serie A terbaik pada abad ke-21.

1. Alessandro Del Piero

5 Pemain Serie A Terbaik pada Abad ke-21, Ada Satu Nama dari BrasilAlessandro Del Piero. (eurosport.com)

Alessandro Del Piero bisa dibilang sebagai sosok legenda bagi Italia, khususnya publik Juventus. Sang penyerang menghabiskan kariernya di Turin total selama 19 tahun. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ia sukses menjadi pencetak gol terbanyak Juventus sepanjang sejarah dengan catatan 290 gol dari 705 pertandingan.

Del Piero juga turut membantu tim memenangi enam trofi Serie A dan satu gelar Liga Champions. Lebih istimewanya lagi, ia masih bertahan bersama Juventus ketika tim terdegradasi ke Serie B pada tahun 2006.

2. Ricardo Kaka 

5 Pemain Serie A Terbaik pada Abad ke-21, Ada Satu Nama dari BrasilRicardo Kaka. (eurosport.com)

Ricardo Kaka adalah salah satu pemain kunci AC Milan pada awal tahun 2000-an. Performa yang impresif bersama AC Milan saat itu bahkan berhasil membuatnya memenangi Ballon d’Or tahun 2007 sebelum akhirnya penghargaan tersebut didominasi oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dan baru dipecahkan Luka Modric pada tahun 2018.

Kaka tercatat bermain di Serie A selama 6 musim sejak 2003 hingga 2009 sebelum akhirnya hengkang ke LaLiga. Selama membela AC Milan, gelandang asal Brasil itu sukses mencetak 104 gol serta 85 assist dari 307 pertandingan.

Baca Juga: Jalan Berliku Ricardo Kaka, Sosok Religius di Atas Lapangan Hijau

3. Andrea Pirlo 

5 Pemain Serie A Terbaik pada Abad ke-21, Ada Satu Nama dari BrasilAndrea Pirlo. (eurosport.com)

Andrea Pirlo dianggap banyak orang sebagai deep-lying playmaker terbaik di dunia pada masanya. Satu hal yang membuat ia berbeda dari para gelandang lain adalah ketenangannya dalam mengatur tempo permainan. Berkat keahliannya tersebut, Pirlo mendapatkan julukan sebagai Mozart.

Pirlo meraih masa kejayaannya ketika membela AC Milan dan meraih berbagai gelar juara, seperti 2 trofi Liga Champions, 2 gelar Piala Super Eropa, dan 1 Piala Dunia Antarklub. Ia kemudian melanjutkan kariernya di Juventus dan kembali memenangi Scudetto secara berturut-turut sebelum akhirnya pindah ke MLS.

4. Gianluigi Buffon 

5 Pemain Serie A Terbaik pada Abad ke-21, Ada Satu Nama dari BrasilGianluigi Buffon. (eurosport.com)

Gianluigi Buffon adalah kiper legendaris milik Italia. Banyak sekali rekor yang sudah dipecahkan oleh kiper kelahiran Carrara tersebut. Ia juga sudah memenangi banyak sekali trofi untuk tim ataupun individu.

Meski usianya kini sudah 43 tahun, Buffon nyatanya masih bermain aktif sebagai seorang kiper. Ia baru saja kembali ke klub masa kecilnya, Parma, setelah berkelana selama 20 tahun lebih. Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepak Bola (IFFHS) bahkan menobatkan Buffon sebagai kiper terbaik pada abad 21.

5. Fabio Cannavaro 

5 Pemain Serie A Terbaik pada Abad ke-21, Ada Satu Nama dari BrasilFabio Cannavaro. (eurosport.com)

Fabio Cannavaro merupakan salah satu bek yang berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or selain dua legenda Jerman, Franz Beckenbauer dan Matthias Sammer. Ia meraih penghargaan tersebut karena performa impresifnya yang membawa Italia juara Piala Dunia 2006.

Di tahun tersebut, Cannavaro juga dinobatkan sebagai pemain terbaik versi FIFA. Catatan tersebut membuat ia menjadi satu-satunya bek dalam sejarah sepak bola yang mampu meraih dua penghargaan tersebut sekaligus. Cannavaro sendiri menghabiskan hampir seluruh karienya di kompetisi Italia dan meraih banyak kesuksesan ketika membela Parma dan Juventus.

 

Dari kelima nama tersebut, tercatat hanya Gianluigi Buffon yang masih aktif bermain sampai saat ini. Empat nama lainnya sudah menggeluti dunia kepelatihan. Siapa pemain Serie A idolamu dalam daftar tersebut?

Baca Juga: Ketika Cannavaro dan Pato Kalah oleh Boy Band Tiongkok

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya