Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan Barcelona

Mulai dari Deco hingga Pedro Rodriguez

Chelsea dan Barcelona merupakan dua klub besar di kompetisi Eropa. Mereka dikenal selalu diperkuat deretan pemain bintang setiap musimnya.

Menariknya, Chelsea dan Barcelona juga kerap dibela pemain yang sama. Beberapa di antaranya bahkan menunjukkan penampilan yang impresif, baik di Stamford Bridge maupun Camp Nou.

1. Deco 

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan BarcelonaDeco (planetfootball.com)

Deco dianggap banyak orang sebagai salah satu playmaker terbaik di generasinya. Pria berpaspor Portugal itu dikenal dengan kemampuan brilian dalam menguasai bola serta mendikte permainan. Ia menghabiskan total 4 tahun di Camp Nou dari 2004–2008. Selama periodenya itu, sang pemain mampu menorehkan 20 gol dan 45 assist dari 161 pertandingan.

Deco juga berhasil mempersembahkan total enam gelar juara, termasuk trofi Liga Champions 2005/2006. Setelah karier yang sukses di Barcelona, Deco memilih bergabung dengan Chelsea pada 2008. Ia tercatat membuat 58 penampilan di bawah asuhan Felipe Scolari. Dari seluruh pertandingan itu, Deco sukses menciptakan 6 gol serta 5 assist. Ia memenangkan 1 gelar Premier League dan 2 Piala FA bersama klub London Barat tersebut.

2. Samuel Eto'o 

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan BarcelonaSamuel Eto'o (twitter.com/FCBarcelona)

Samuel Eto'o adalah legenda terbaik dalam sejarah sepak bola Kamerun. Ketika masih aktif bermain, ia mampu memenangkan banyak sekali gelar juara dan penghargaan individu di level klub ataupun negara. Performa terbaik Eto’o tercipta saat berseragam Barcelona. Selama 5 musim di Camp Nou, sang penyerang sukses menciptakan 130 gol dan 40 assist dari 198 laga.

Eto’o juga berhasil meraih delapan trofi di Barcelona, termasuk dua gelar Liga Champions. Pria yang saat ini berusia 41 tahun itu memiliki karier yang singkat di Chelsea. Ia bermain di Stamford Bridge hanya selama setahun. Meski begitu, sang pemain berhasil menorehkan 12 gol dan 7 assist dari 35 pertandingan di semua ajang.

Baca Juga: Manchester United Tolak Jual Cristiano Ronaldo ke Chelsea

3. Eidur Gudjohnsen 

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan BarcelonaEidur Gudjohnsen (twitter.com/chelseafc)

Eidur Gudjohnsen dikenal sebagai pemain yang kerap bergonta-ganti klub ketika masih aktif bermain. Sepanjang kariernya, ia tercatat bermain untuk lima belas klub berbeda. Namanya mencuat pertama kali saat membela Chelsea. Gudjohnsen membuat total 262 pertandingan dan mencetak 78 gol serta 31 assist bagi The Blues.

Lima gelar juara berhasil dipersembahkan Gudjohnsen, termasuk trofi liga back-to-back di bawah asuhan Jose Mourinho. Penampilan ciamik Gudjohnsen membuat Barcelona jatuh hati dan memutuskan untuk merekrutnya pada 2006. Gudjohnsen memainkan total 114 penampilan untuk klub asal Catalunya tersebut. Ia berhasil membukukan 19 gol dan 10 assist. Gudjohnsen juga menjadi bagian dari skuad Pep Guardiola yang memenangkan treble winner pada musim 2008/2009.

4. Cesc Fabregas 

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan BarcelonaCesc Fabregas (fcbarcelona.com)

Cesc Fabregas tidak diragukan lagi sebagai salah satu gelandang terbaik pada masanya. Pemain asal Spanyol ini dikenal memiliki kemampuan passing yang sangat baik. Produk asli akademi La Masia itu mulai dikenal banyak orang saat membela Arsenal. Pada tahun 2011, ia dikontrak kembali oleh Barcelona dengan biaya sebesar 34 juta euro atau setara Rp532 miliar.

Fabregas menghabiskan waktunya di Camp Nou selama 3 musim dari 2011–2014. Ia memainkan total 151 pertandingan dan mencetak 42 gol serta 50 assist. Fabregas juga meraih enam gelar juara di Barcelona. Setelah itu, sang gelandang memilih melanjutkan kariernya lagi di Inggris dengan membela Chelsea. Ia menghabiskan 4,5 musim di Stamford Bridge dan memainkan 198 laga. Fabregas mencetak 22 gol dan 57 assist dari seluruh penampilannya itu. Total, lima gelar juara berhasil dipersembahkan Fabregas untuk The Blues.

5. Pedro Rodriguez 

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan BarcelonaPedro Rodriguez (twitter.com/chelseafc)

Pedro Rodriguez menghabiskan total dua belas tahun bersama Barcelona dan Chelsea. Ia naik kasta ke tim utama Barcelona pada tahun 2008. Selama 7 musim di Camp Nou, sang pemain tampil luar biasa dengan menciptakan 98 gol dan 62 assist dari 320 pertandingan di semua kompetisi. Pedro juga memenangkan dua puluh trofi bersama klub asal Catalunya tersebut.

Pedro kemudian pindah ke Chelsea pada musim panas 2015. Pedro membuat 206 penampilan untuk The Blues selama 4 tahun. Ia berhasil menciptakan 43 gol serta 23 assist dari seluruh pertandingan tersebut. Trofi Premier League, Liga Europa, dan Piala FA berhasil diraih Pedro selama membela Chelsea.

 

Hubungan baik Chelsea dan Barcelona kembali berlanjut pada musim panas 2022. Bek andalan Chelsea, Andreas Christensen, resmi bergabung bersama Barcelona dengan status bebas transfer. Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah Christensen bersama Blaugrana.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Diboyong Barcelona dari AC Milan sebelum Kessie

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya