Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Bisa Pensiun pada Tahun 2021, Buffon Salah Satunya! 

Apakah sudah waktunya bagi mereka untuk pensiun? 

Pensiun merupakan perkara yang emosional dan begitu rumit bagi setiap atlet, termasuk pesepak bola. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk meninggalkan olahraga yang telah membuat namanya terkenal. Bisa jadi itu bakal menjadi keputusan yang terberat yang harus diambil dalam karier seorang pemain.

Tidak sedikit pemain yang masih relatif muda memilih untuk pensiun, seperti Eric Cantona. Ia lebih fokus untuk mengejar minatnya yang lain. Di sisi lain, para pemain yang sudah memasuki usia senja biasanya memilih melanjutkan kariernya di kompetisi yang tidak terlalu berat seperti di Amerika Serikat atau Asia. Namun tidak demikian dengan 5 pemain ini, mereka masih aktif bermain di Eropa hingga usia yang tidak lagi muda dan berpotensi akan pensiun di tahun depan. Siapa sajakah pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1. Lukasz Piszczek – 35 tahun 

5 Pemain Top yang Bisa Pensiun pada Tahun 2021, Buffon Salah Satunya! sport.sky.de

Lukasz Piszczek sudah membela Borussia Dortmund sejak musim 2010/11. Ia secara total telah mempersembahkan 7 gelar, termasuk 2 trofi Bundesliga. Pemain asal Polandia ini sebenarnya telah mengumumkan pensiun pada tahun 2020 ini.

Namun pada akhirnya ia masih menandatangani perpanjangan kontrak satu musim. Jika sang pemain sudah pensiun nanti, Piszczek pasti akan dikenang sebagai legenda klub karena dedikasinya. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini merupakan tipe pemain yang tidak terlalu menonjol, tapi menjadi pilar penting bagi Dortmund.

2. Zlatan Ibrahimovic – 39 tahun 

5 Pemain Top yang Bisa Pensiun pada Tahun 2021, Buffon Salah Satunya! skysports.com

Zlatan Ibrahimovic tentu tidak lagi muda untuk menjadi penyerang andalan bagi AC Milan. Namun nyatanya, ia mampu tampil spektakuler di musim ini. Jika melihat hal tersebut, ia terlihat masih mampu tampil menjanjikan setidaknya satu musim lagi.

Berkat performanya itu, AC Milan berada di puncak klasemen Serie A tanpa mengalami kekalahan sekali pun. Jika mampu membawa Milan menjuarai scudetto, mungkin ia bakal berpikir untuk pensiun supaya menjadi akhir yang manis di penghujung kariernya. Namun, Ibrahimovic sulit untuk ditebak.

3. Wayne Rooney – 35 tahun 

5 Pemain Top yang Bisa Pensiun pada Tahun 2021, Buffon Salah Satunya! skysports.com

Wayne Rooney telah memenangi 5 gelar Premier League dan 1 trofi Liga Champions bersama Manchester United. Selain itu, ia juga menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Inggris dan Setan Merah. Pilihan kariernya setelah membela Manchester United memang cukup aneh.

Ia melanjutkan kariernya dengan bermain bersama Everton saat usianya 32 tahun dan kemudian membela klub MLS, DC United di musim berikutnya. Kini, sang penyerang bermain untuk Derby County sekaligus merangkap jabatan menjadi pelatih tim.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Mengesankan!

4. Franck Ribery – 37 tahun 

5 Pemain Top yang Bisa Pensiun pada Tahun 2021, Buffon Salah Satunya! beinsports.com

Saat Franck Ribery memberi salam perpisahan dengan Bayern Munchen, sang pemain menegaskan bahwa akan melanjutkan karier profesionalnya selama 2 musim dan memilih untuk gantung sepatu setelahnya. Jika tak lupa dengan perkataannya itu, ia bakal pensiun tepat pada tahun 2021.

Pemain asal Prancis tersebut saat ini membela klub Italia, Fiorentina. Dari 27 pertandingan yang telah dijalani, ia hanya membukukan 3 gol dan 5 assist. Mengingat sudah mencapai prestasi yang tinggi bersama Bayern Munchen, Ribery sepertinya bakal mengakhiri kariernya di musim depan.

5. Gianluigi Buffon – 42 tahun 

5 Pemain Top yang Bisa Pensiun pada Tahun 2021, Buffon Salah Satunya! skysports.com

Mungkin salah satu alasan yang membuat Gianluigi Buffon tetap bermain aktif di umurnya yang sekarang karena ia belum pernah menjuarai Liga Champions. Seperti yang diketahui, sang kiper hanya mampu mencapai runner-up sebanyak 3 kali. Mungkin masih ada rasa penasaran bagi kiper asal Italia itu, sehingga ia masih terus melanjutkan kariernya dan berharap mampu memenangi trofi bergengsi se-Eropa itu.

Uniknya, Buffon usianya lebih tua daripada pelatihnya saat ini, yaitu Andrea Pirlo yang sudah berumur 41 tahun. Di musim ini, Buffon telah dipercayai oleh Pirlo dalam 2 pertandingan Serie A di pekan keempat dan enam.

Meninggalkan sepak bola yang sudah membesarkan nama mereka tentu bukan hal yang mudah untuk mengakhiri kariernya. Jika sudah resmi pensiun, apakah para pemain tersebut bakal menjadi pelatih yang sukses?

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Masih Aktif Bermain di Premier League Musim Ini 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya