5 Pemain Top yang Pernah Bermain untuk Juventus dan Barcelona 

Kedua tim dikenal memiliki hubungan yang baik 

Ketenaran Juventus dan Barcelona memang tak perlu diperdebatkan lagi. Kedua tim itu merupakan klub terbaik di kompetisi domestik masing-masing. Jika Barcelona memiliki pemain hebat sekelas Lionel Messi, maka Juventus juga mempunyai pemain top seperti Cristiano Ronaldo.

Dalam sejarah kedua tim tersebut, mereka memiliki hubungan baik dalam transfer pemain. Sejumlah pemain pun pernah bermain untuk Juventus dan Barcelona. Bahkan tidak sedikit yang mampu menjadi bintang di kedua klub tersebut. Lantas, siapa saja pemain yang pernah membela Juventus dan Barcelona? Berikut ulasannya.

1. Dani Alves 

5 Pemain Top yang Pernah Bermain untuk Juventus dan Barcelona bleacherreport.com

Dani Alves menjadi pemain yang sangat sukses ketika membela Barcelona. Ia menjadi bagian tim yang dilatih oleh Pep Guardiola dan memenangi begitu banyak trofi. Ketika berganti kursi pelatih ke Luis Enrique, Alves tetap menjadi pemain andalan dan mampu kembali memenangi treble winner.

Secara keseluruhan, pemain asal Brasil itu membela Barca selama 8 musim dan mencatatkan 391 pertandingan. Setelah meninggalkan Blaugrana pada tahun 2016, ia melanjutkan kariernya bersama Juventus dengan status bebas transfer. Tidak seperti saat membela Barca, Alves hanya bermain selama 1 musim di Turin. Walau terbilang sangat singkat, ia masih mampu meraih 2 gelar yaitu Serie A dan Coppa Italia.

2. Gianluca Zambrotta 

5 Pemain Top yang Pernah Bermain untuk Juventus dan Barcelona skysports.com

Gianluca Zambrotta merupakan salah satu bek sayap terbaik yang dimiliki oleh Italia. Ia bermain untuk Juventus selama 7 musim dari tahun 1999 hingga 2006. Mantan pemain Bari itu beradaptasi dengan sangat baik dan langsung menjadi andalan bagi Juventus. Jika dirata-rata, ia memainkan 41 pertandingan tiap musimnya bersama Bianconeri. Selama periode itu, Zambrotta berhasil memenangi 4 gelar.

Ia meninggalkan Juventus pada tahun 2006 setelah timnya itu terdegradasi ke Serie B karena kasus Calciopoli. Sebelum bergabung dengan Barcelona, ia sempat menolak beberapa tawaran dari klub-klub besar. Menghabiskan 2 musim bersama Barca, Zambrotta berhasil mencatatkan 80 penampilan dan memenangi Piala Super Spanyol. Ia meninggalkan klub pada 2008 setelah Pep Guardiola ditunjuk sebagai pelatih Barcelona.

Baca Juga: 7 Pemain Aktif dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Champions, Moncer!

3. Arturo Vidal 

5 Pemain Top yang Pernah Bermain untuk Juventus dan Barcelona beinsports.com

Arturo Vidal didatangkan Juventus pada musim panas 2011 setelah tampil menjanjikan bersama Bayer Leverkusen. Ia dengan cepat mampu beradaptasi dan menjadi pemain andalan di bawah asuhan Antonio Conte. Selama 4 tahun berseragam Bianconeri, pemain asal Chile ini mampu menciptakan 48 gol dari 171 pertandingan. Ia meninggalkan tim pada tahun 2014 setelah mempersembahkan 7 trofi, termasuk 4 gelar Serie A.

Ia kemudian bergabung bersama Barcelona pada tahun 2018 setelah tampil impresif bersama Bayern Munchen. Selama 2 musim membela Barcelona, Vidal berhasil mencatatkan 11 gol dari 96 pertandingan, di mana ia meraih 2 trofi. Pemain berusia 33 tahun itu meninggalkan Barcelona pada musim panas ini dan bergabung bersama Inter Milan.

4. Zlatan Ibrahimovic 

5 Pemain Top yang Pernah Bermain untuk Juventus dan Barcelona goal.com

Juventus merupakan klub pertama yang dibela oleh Zlatan Ibrahimovic di Italia. Pemain asal Swedia itu bergabung dengan Bianconeri pada 2004 setelah tampil menjanjikan bersama Ajax Amsterdam. Ia mengalami musim debut yang baik menyusul cederanya David Trezeguet. Namun setelah Trezeguet kembali dari cedera, sang penyerang mengalami penurunan performa.

Alhasil, Ibrahimovic dijual ke Inter Milan pada tahun 2006. Setelah 3 musim berseragam Inter, ia melanjutkan kariernya ke Spanyol bersama Barcelona. Bersama Lionel Messi, mereka berdua membentuk duet yang menjanjikan. Namun kebersamaan Ibra dan Barca harus usai setelah sang pemain memiliki hubungan yang kurang baik dengan Pep Guardiola.

5. Michael Laudrup 

5 Pemain Top yang Pernah Bermain untuk Juventus dan Barcelona goal.com

Michael Laudrup bisa dibilang sebagai pesepak bola terbaik yang pernah dimiliki oleh Denmark. Ia bergabung dengan Juventus pada tahun 1983. Namun, ia harus menunggu selama 2 tahun untuk bisa bermain bersama klub Turin tersebut. Kebijakan Serie A yang hanya memperbolehkan 2 pemain asing di satu tim menjadi penyebabnya. Alhasil, ia dipinjamkan ke sesama klub Serie A, Lazio selama 2 musim.

Laudrup melakukan debutnya di Juventus 1985 dan membuat 151 penampilan selama 4 musim. Ia kemudian diboyong oleh Barcelona pada tahun 1994. Laudrup juga menjadi bagian dari Dream Team di bawah asuhan Johan Cruyff. Namun karena tidak dimainkan pada partai final Liga Champions, ia memutuskan untuk hijrah ke tim rival yakni Real Madrid. Laudrup sendiri memenangi 9 trofi bersama Barcelona, termasuk 4 gelar LaLiga berturut-turut.

Dari kelima pemain tersebut, kini hanya menyisakan Dani Alves, Arturo Vidal, dan Zlatan Ibrahimovic yang masih aktif bermain. Kedua tim sendiri bakal saling berjumpa di fase grup Liga Champions musim ini. Apakah kedua tim itu akan lolos ke babak selanjutnya di Liga Champions?

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Ini Tetap Moncer Meski Usianya Sudah 30-an Tahun

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya