Selain Ibrahimovic, Ini 6 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanya

Ibrahimovic mendatangani kontrak enam bulan dengan AC Milan

Setelah pamit dari LA Galaxy pada Oktober 2019 lalu, Ibra sempat diincar oleh beberapa klub, sebelum akhirnya pemain berkebangsaan Swedia tersebut lebih memilih kembali bergabung bersama AC Milan yang sempat dibelanya pada tahun 2010-2012.

Selain Ibrahimovic berikut beberapa pemain yang sempat dijual oleh klubnya dan kembali lagi merumput bersama klub lamanya tersebut.

1. Mario Gotze – Borussia Dortmund

Selain Ibrahimovic, Ini 6 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanyainstagram.com/mariogotze

Sempat membela Borussia Dortmund pada tahun 2009-2013 dan berhasil mencetak 31 gol dari 116 penampilan di seluruh ajang kompetisi membuat tim rival mereka Bayern Munchen kepincut untuk mendatangkan pemain jebolan akademi sepak bola Die Borussen tersebut.

Sempat digadang-gadang akan bersinar bersama Thomas Muller dan kawan-kawan, ternyata Gotze kalah bersaing dengan Franck Ribery, Douglas Costa, serta Arjen Robben sehingga membuat Mario Gotze lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Pada tahun 2016 kesempatan itu dimanfaatkan oleh Borussia Dortmund untuk kembali menggunakan jasa sang gelandang andalan timnas Jerman tersebut. Die Borussen kabarnya mengeluarkan dana hingga 26 juta euro untuk membawa pulang Gotze.

2. Paul Pogba – Manchester United

Selain Ibrahimovic, Ini 6 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanyainstagram.com/paulpogba

Pogba datang ke Manchester United pada tahun 2009, sebagai anak didik akademi sepak bola Manchester United. Bakatnya sempat diprediksi akan menjadi pemain dengan nama besar berkat talenta yang dimilikinya. Sempat naik kasta pada tahun 2011-2012 di era Sir Alex Ferguson, namun pemain berkebangsaan Prancis tersebut hanya bermain sebanyak tiga kali pada tahun 2011-2012.

Pada musim panas 2012 Juventus mendapatkan Pogba dengan status bebas transfer. Empat tahun membela La Vecchia Signora Pogba berhasil mempersembahkan empat gelar Scudetto. Hal ini menarik minat sang mantan klub untuk bisa kembali membawa Pogba ke Old Trafford. Pada Agustus 2016 Manchester United berhasil membawa pulang sang pemain sekaligus menjadikan pemain termahal sedunia pada saat itu setelah The Red Devils mengeluarkan uang 105 juta euro.

3. Wayne Rooney - Everton

Selain Ibrahimovic, Ini 6 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanyainstagram.com/waynerooney

Wayne Rooney adalah pesepak bola didikan Everton pada tahun 1996 sebelum akhirnya pada tahun 2004 sang pemain dibeli oleh Manchester United sebesar 27 juta euro. Saat itu umur Rooney masih 18 tahun. Selama memperkuat Manchester United, Rooney berhasil menyumbangkan 16 trofi domestik maupun internasional. Masuknya Jose Mourinho sebagai pelatih Manchester United membuat pemain yang berposisi sebagai striker tersebut kehilangan tempat.

Pada tahun 2017-2018 Everton kembali menggunakan jasa Rooney. Pemain berkebangsaan Inggris itu berhasil mengemas 10 gol dari 31 pertandingan. Kemudian pada tahun 2018-2019 Wayne Rooney melanjutkan kariernya bersama D.C. United dan musim 2020 ini pemain bernama lengkap Wayne Mark Rooney tersebut bermain untuk Derby Country.

Baca Juga: Rooney Sukses Mengantarkan Derby County Maju ke Babak 4 Piala Inggris

4. Diego Costa – Atletico Madrid

Selain Ibrahimovic, Ini 6 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanyainstagram.com/diego.costa

Pemain yang lahir di Lagarto, Brazil ini sempat membela Atletico Madrid pada tahun 2010-2014. Ia berhasil mencetak 43 gol dari 94 pertandingan. Sempat juga dipinjamkan ke Rayo Vallecano pada tahun 2012 dan berhasil mencetak 10 gol dari 16 pertandingan.

Sempat dibeli oleh Chelsea pada tahun 2014, Costa berhasil menunjukkan taringnya dengan mengemas 59 gol dari 120 kali penampilan. Pada tahun 2017, Costa kembali ke Wanda Metropolitano dengan banderol 65 juta euro.

5. Alvaro Morata – Real Madrid

Selain Ibrahimovic, Ini 6 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanyainstagram.com/alvaromorata

Penyerang berkebangsaan Spanyol ini merupakan produk dari Real Madrid Castilla. Ia mencatatkan debut La Liga tahun 2010, ketika masih dibesut oleh Jose Mourinho. Pada tahun 2014 saat era Carlo Ancelotti, Morata dilepas ke Juventus dengan harga 20 juta euro dengan klausul khusus pembelian kembali pada kontrak sang pemain.

Dua musim membela Juventus, Real Madrid kembali mengaktifkan klausul khusus tersebut untuk membawa pulang Morata ke Santiago Bernabeu dengan harga 30 juta euro. Ia hanya bertahan satu musim di era Zinedine Zidane, Morata direkrut kembali oleh Antonio Conte manajer Chelsea saat itu yang juga membawa Morata ke Juventus. Pada musim 2019, Morata dipinjamkan oleh Chelsea ke Atletico Madrid.

6. Mats Hummels – Borussia Dortmund

Selain Ibrahimovic, Ini 6 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanyainstagram.com/aussenrist15

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini merupakan jebolan akademi Bayern Munchen. Hummels berhasil naik kasta ke tim utama Bayern pada tahun 2007. Sempat dipinjamkan satu musim ke Dortmund pada tahun 2008-2009. Sampai akhirnya Hummels berhasil dipermanenkan oleh Dortmund pada tahun 2009 dengan harga 4,2 juta euro.

Delapan musim berkostum Die Borussen Hummels menunjukkan perkembangan yang signifikan. Pemain andalan timnas Jerman tersebut sering digosipkan menjadi incaran beberapa klub besar seperti Barcelona dan Manchester United.

Pada Mei 2016, Bayern yang tertarik memulangkan Hummles harus merogoh kocek yang tidak sedikit yaitu 35 juta euro. Bermian selama tiga tahun di klub masa kecilnya tersebut Hummels berhasil memenangi tujuh trofi.

Perjalanan karier pemain berumur 31 tahun tersebut tak berhenti sampai di situ. Kembali dibeli oleh Dortmund pada Mei 2019 dengan harga 30,5 juta euro dengan durasi kontrak tiga tahun.

Kisah bolak-balik Hummles seperti halnya cerita cinta pada sinetron FTV. Balik maning, balik maning.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Ibrahimovic Memilih Nomor 21 di AC Milan

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya