Comscore Tracker

8 Penjualan Termahal Sepanjang Sejarah Bundesliga, Dembele Tertinggi! 

Hampir semua pemain dibeli oleh klub Premier League 

Tak diragukan lagi, Bundesliga merupakan salah satu kompetisi yang menghasilkan pemain-pemain bintang. Meski masih kalah populer dengan kompetisi lain, Bundesliga tak pernah kehabisan pemain hebat. Kompetisi tertinggi di Jerman ini menjadi destinasi bagi para pemain muda untuk mengembangkan potensinya, macam Jadon Sancho dan Erling Haaland.

Dalam beberapa tahun terakhir, klub-klub Bundesliga menjual pemain hebatnya ke tim top Eropa di luar Jerman. Dari kepindahan pemain tersebut, terdapat beberapa transfer yang tergolong memiliki harga tinggi. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Berikut pembahasannya. 

Baca Juga: 6 Debutan Termuda Borussia Dortmund di Bundesliga, Ada Rekor Baru!

1. Ousmane Dembele (130 Juta Euro)

8 Penjualan Termahal Sepanjang Sejarah Bundesliga, Dembele Tertinggi! beinsports.com

Didatangkan dari klub Prancis, Stade Rennais dengan harga 15 juta euro pada musim panas 2016, Ousmane Dembele langsung menjadi andalan di lini depan Borussia Dortmund. Meski saat itu usianya masih 19 tahun, ia mampu membuktikan diri sebagai salah satu pemain muda berbakat. Di musim debutnya, Dembele mampu tampil cukup apik dengan catatan 10 gol dan 22 assist dari 50 laga.

Hal itulah yang membuat Barcelona memboyong pemuda asal Prancis itu ke Camp Nou dengan biaya 130 juta euro pada musim panas 2017. Sayang, selama berseragam Barcelona, Dembele lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bergulat dengan cedera. Selama 3 tahun membela Blaugrana, ia sudah bermain sebanyak 84 pertandingan dan menciptakan 22 gol dan 17 assist.

2. Kai Havertz (80 Juta Euro)

8 Penjualan Termahal Sepanjang Sejarah Bundesliga, Dembele Tertinggi! talksport.com

Kai Havertz merupakan pemain akademi Bayer Leverkusen. Ia promosi ke skuat utama pada tahun 2016 saat usianya masih 17 tahun. Meski terbilang masih sangat muda, Havertz mampu menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu pemain terbaik di Bundesliga.

Bahkan di musim debutnya, ia sudah bermain sebanyak 28 pertandingan di semua ajang dengan menciptakan 6 gol dan 6 assist. Setelahnya, Havertz bermain konsisten hingga akhirnya dipanggil oleh timnas Jerman asuhan Joachim Low. Berkat performa hebatnya itu, pemain berusia 21 tahun itu diboyong oleh Chelsea pada musim panas tahun ini dengan harga yang cukup mahal, yaitu 80 juta euro.

3. Kevin de Bruyne (76 Juta Euro)

8 Penjualan Termahal Sepanjang Sejarah Bundesliga, Dembele Tertinggi! skysports.com

Gagal mendapatkan tempat utama di Chelsea, Kevin de Bruyne akhirnya memilih melanjutkan karier bersama klub Jerman, Wolfsburg pada tahun 2014 setelah dibeli dengan harga 22 juta euro. Hanya satu musim bermain di Bundesliga, de Bruyne berhasil memukau banyak penggemar sepak bola dengan kualitasnya di atas lapangan. Dari 51 pertandingan, ia berhasil mencatatkan 16 gol dan 28 assist.

Pemain asal Belgia itu juga menjadi pemain Bundesliga pertama yang mampu menciptakan 21 assist dalam semusim, sebelum akhirnya berhasil disamakan oleh Thomas Muller musim lalu. Tak berpikir lama, Manchester City pun langsung memboyongnya kembali ke Inggris dengan biaya 76 juta euro pada musim panas 2015. Sampai saat ini, ia masih menjadi pemain andalan di lini tengah The Citizens.

4. Christian Pulisic (64 Juta Euro)

8 Penjualan Termahal Sepanjang Sejarah Bundesliga, Dembele Tertinggi! goal.com

Christian Pulisic merupakan salah satu pemain berbakat yang berhasil diorbitkan oleh akademi Borussia Dortmund. Ia naik kasta ke skuat utama ketika Dortmund masih dilatih oleh Jurgen Klopp. Tiga tahun membela tim senior, Pulisic sejatinya tak terlalu menonjol. Ia hanya mencatatkan 19 gol dan 26 assist dari 127 pertandingan.

Namun, langkah cukup mengejutkan diambil oleh Chelsea. Tim asal London ini memberanikan diri merekrut Pulisic dengan biaya yang cukup mahal, yaitu 64 juta euro pada musim dingin 2019. Sempat dipinjamkan lagi ke Dortmund, pemain asal Amerika ini baru bergabung dengan Azpilicueta dkk. pada musim panas tahun lalu. Bersama Chelsea, Pulisic mampu menunjukkan kehebatannya. Sejauh ini, ia telah mencetak 11 gol dan 10 assist dari 40 pertandingan.

Baca Juga: Baru Gabung, Christian Pulisic Sudah Ingin Tinggalkan Chelsea

5. Pierre-Emerick Aubameyang (63,75 Juta Euro)

8 Penjualan Termahal Sepanjang Sejarah Bundesliga, Dembele Tertinggi! Twitter/barcacentre

Dortmund seperti tak pernah kehabisan pemain hebat di lini depan. Tim berjuluk Die Borussen ini sebelumnya juga memiliki penyerang haus gol dalam diri Pierre-Emerick Aubameyang. Penyerang asal Gabon tersebut didatangkan oleh Dortmund dari klub Prancis, Saint-Etienne dengan harga 13 juta euro pada musim panas 2013.

Performa Aubameyang bersama Dortmund sendiri sangat cemerlang dengan catatan 141 gol dan 36 assist dari 213 pertandingan. Hal itulah yang membuat Arsenal kepincut dengan mantan penggawa AC Milan tersebut. Di hari terakhir jendela transfer musim dingin 2018, Aubameyang berhasil didatangkan ke Inggris dengan biaya 63,75 juta euro.

6. Luka Jovic (60 Juta Euro)

8 Penjualan Termahal Sepanjang Sejarah Bundesliga, Dembele Tertinggi! givemesport.com

Real Madrid mendatangkan Luka Jovic dari Eintracht Frankfurt pada musim panas musim lalu dengan harga 60 juta euro. Tiga puluh persen dari harga transfer tersebut dibayarkan oleh Los Blancos ke Benfica, klub yang dibela oleh Jovic sebelum berseragam Frankfurt. Di Spanyol, ia dikontrak lima tahun hingga Juni 2025.

Sebelumnya, pemain berusia 22 tahun itu tampil mengesankan bersama Frankfurt pada musim 2018/19. Jovic berhasil mencetak 27 gol dan 7 assist dari 48 pertandingan. Ia juga mampu membawa Frankfurt lolos ke semifinal Liga Europa musim itu dan berhasil mencetak 10 gol. Sayang, debutnya di Spanyol musim lalu tidak berjalan mulus. Dari 27 pertandingan, ia hanya mampu membukukan 2 gol dan 2 assist.

7. Naby Keita (60 Juta Euro)

8 Penjualan Termahal Sepanjang Sejarah Bundesliga, Dembele Tertinggi! teamtalk.com

Naby Keita direkrut oleh Liverpool pada musim panas tahun 2018 setelah tampil apik bersama RB Leipzig. Ia dibeli dengan harga 60 juta euro yang sempat membuatnya menjadi rekrutan termahal Liverpool. Sejak didatangkan 2 tahun lalu, pemain internasional Guinea itu telah mempersembahkan beberapa trofi bergengsi kepada publik Anfield, seperti Piala Dunia Antarklub, Liga Champions, dan Premier League.

Musim lalu performa Keita sedikit terganggu karena sering diterpa cedera. Meski demikian, ia masih terlibat dalam 27 pertandingan. Secara keseluruhan, ia telah mencatatkan 68 pertandingan dan membukukan 7 gol dan 4 assist di semua ajang.

8. Timo Werner (53 Juta Euro)

8 Penjualan Termahal Sepanjang Sejarah Bundesliga, Dembele Tertinggi! goal.com

Setelah beberapa kali dikaitkan dengan kepindahannya ke Liverpool, Timo Werner malah merapat ke Chelsea musim panas ini. Ia direkrut dengan harga 53 juta euro yang membuatnya sebagai salah satu rekrutan termahal di bursa transfer musim panas ini. Werner sendiri dikontrak oleh Chelsea selama 5 musim hingga Juni 2025.

Pemain asal Jerman itu bermain cemerlang di musim lalu bersama RB Leipzig. Ia mampu mencatatkan 34 gol dan 13 assist dari 45 pertandingan. 28 golnya tercipta di Bundesliga. Namun, ia gagal keluar sebagai top skor pada akhir musim karena kalah jumlah gol dengan penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski yang mencetak 34 gol.

Dengan masih banyaknya pemain berpotensi di Bundesliga saat ini, tidak menutup kemungkinan bahwa para pemain tersebut bakal dijual lebih mahal. Dari kedelapan pemain itu, siapa transfer tersukses?

Baca Juga: Termasuk Timo Werner, Inilah 5 Penjualan Termahal RB Leipzig

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya