Comscore Tracker

7 Klub yang Menyumbangkan Pemain Paling Banyak di Piala Eropa 2020

Ada tiga tim Premier League

Piala Eropa 2020 yang telah lama dinantikan akhirnya sudah resmi digelar pada hari ini. Semua negara sudah mempersiapkan yang terbaik dengan memanggil para pemain hebat di dalam skuadnya. Kebanyakan para pemain yang mendapatkan panggilan merupakan sosok yang tampil impresif bersama klubnya di musim 2020/2021.

Pasalnya, hanya pemain terbaiklah yang sangat layak membela negaranya di Piala Eropa 2020. Sejumlah klub bahkan menyumbangkan cukup banyak pemainnya di turnamen tersebut. Berikut 7 klub yang menyumbangkan pemain paling banyak dalam ajang Piala Eropa 2020.

1. Chelsea (17 pemain) 

7 Klub yang Menyumbangkan Pemain Paling Banyak di Piala Eropa 2020Skuad Chelsea musim 2020/2021. (eurosport.com)

Chelsea menjadi tim dengan penyumbang pemain terbanyak di Piala Eropa 2020. Klub berjuluk The Blues itu mengirimkan total 17 pemainnya dalam ajang tersebut. Mason Mount, Reece James, dan Ben Chilwell dipanggil oleh Gareth Southgate untuk membela tim nasional Inggris. Sementara itu, Kurt Zouma, N'Golo Kante, dan Olivier Giroud akan bermain untuk Prancis.

Di tim nasional Jerman, ada tiga nama top, yakni Antonio Rudiger, Timo Werner, dan Kai Havertz. Performa apik yang ditunjukkan Cesar Azpilicueta juga membuatnya mendapatkan panggilan untuk bergabung bersama Spanyol. Tujuh nama lainnya adalah Andreas Christensen (Denmark), Emerson Palmieri (Italia), Jorginho (Italia), Mateo Kovacic (Kroasia), Billy Gilmour (Skotlandia), Ethan Ampadu (Skotlandia), dan Michy Batshuayi (Belgia).

2. Manchester City (16 pemain) 

7 Klub yang Menyumbangkan Pemain Paling Banyak di Piala Eropa 2020Skuad Manchester City musim 2020/2021. (manchestereveningnews.co.uk)

Juara Premier League musim ini, Manchester City, menyumbangkan total 16 pemainnya di Piala Eropa 2020. Phil Foden, Raheem Sterling, Kyle Walker, dan John Stones mendapatkan panggilan dari tim nasional Inggris. Sementara itu, Bernardo Silva, Joao Cancelo, dan Ruben Dias akan berusaha membawa Portugal mempertahankan gelar juara Piala Eropa.

Aymeric Laporte, Eric Garcia, Rodri, dan Ferran Torres juga akan menampilkan performa terbaiknya bersama Spanyol. Para pemain lainnya adalah Kevin De Bruyne (Belgia), Ilkay Gundogan (Jerman), Nathan Ake (Belanda), dan Oleksandr Zinchenko (Ukraina).

3. Bayern Munchen (14 pemain) 

7 Klub yang Menyumbangkan Pemain Paling Banyak di Piala Eropa 2020Skuad Bayern Munchen musim 2020/2021. (eurosport.com)

Dominasi Bayern Munchen dalam kompetisi Jerman memang tidak terlepas dari komposisi pemain yang hebat. Juara Bundesliga musim 2020/2021 itu total menyumbangkan 14 pemain dalam ajang Piala Eropa 2020. Manuel Neuer, Thomas Muller, Jamal Musiala, Joshua Kimmich, Serge Gnabry, Leroy Sane, Niklas Sule, dan Leon Goretzka masuk dalam skuad tim nasional Jerman.

Penyerang andalan Bayern Munchen, Robert Lewandowski, akan memimpin lini depan Polandia. Benjamin Pavard, Lucas Hernandez, Corentin Tolisso, dan Kingsley Coman akan berusaha membawa Prancis meraih juara.

Baca Juga: 7 Pemain Prancis yang Kini Membela Bayern Munchen, Upamecano Menyusul

4. Juventus (12 pemain) 

7 Klub yang Menyumbangkan Pemain Paling Banyak di Piala Eropa 2020Skuad Juventus musim 2020/2021. (eurosport.com)

Juventus yang sangat mendominasi ajang Serie A dalam satu dekade terakhir menyumbangkan 12 pemainnya di Piala Eropa 2020. Pelatih Italia, Roberto Mancini, memanggil dua bek berpengalaman, yaitu Leonardo Bonucci (34) dan Giorgio Chiellini (36). Tidak hanya itu, pemain muda yang tampil apik musim ini, Federico Chiesa dan Federico Bernardeschi, juga dimasukkan dalam daftar tim nasional Italia.

Cristiano Ronaldo akan menjadi pemain kunci bagi Portugal dalam menciptakan banyak gol. Sementara itu, Matthijs de Ligt akan menjadi pilihan utama di jantung pertahanan Belanda karena absennya Virgil van Dijk. Enam pemain lainnya adalah Merih Demiral (Turki), Aaron Ramsey (Wales), Wojciech Szczesny (Polandia), Alvaro Morata (Spanyol), Dejan Kulusevski (Swedia), dan Adrien Rabiot (Prancis).

5. Manchester United (11 pemain) 

7 Klub yang Menyumbangkan Pemain Paling Banyak di Piala Eropa 2020Skuad Manchester United musim 2020/2021. (thenationalnews.com)

Meski gagal meraih gelar juara, setidaknya Manchester United mampu finis di urutan kedua Premier League dan mencapai partai final Liga Europa musim ini. Semua keberhasilan itu tentu tidak terlepas dari komposisi pemain yang berkualitas. Marcus Rashford, Dean Henderson, Luke Shaw, dan  Harry Maguire mendapatkan panggilan untuk membela Inggris.

Pemain terbaik tahun ini, Bruno Fernandes, akan membantu Portugal untuk mempertahankan gelar juara Piala Eropa. Sementara itu, Paul Pogba siap tampil menjanjikan bersama Prancis. Daniel James dan Dylan Levitt akan bermain untuk Wales. Tiga pemain lainnya adalah David de Gea (Spanyol), Victor Lindelof (Swedia), dan Scott McTominay (Skotlandia). Donny van de Beek harus absen dari ajang Piala Eropa karena mengalami cedera.

6. Dynamo Kyiv (11 pemain) 

7 Klub yang Menyumbangkan Pemain Paling Banyak di Piala Eropa 2020Skuad Dynamo Kyiv musim 2020/2021. (worldfootball.net)

Dynamo Kyiv adalah salah satu klub terbaik di kasta tertinggi Ukraina. Di Piala Eropa edisi tahun ini, Kyiv total mengirimkan 11 pemainnya. Dari seluruh pemain tersebut, 10 nama bergabung bersama tim nasional Ukraina.

Satu-satunya pemain Kyiv yang membela negara lain adalah Tomasz Kedziora. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu akan membela Polandia dalam ajang Piala Eropa 2020. Kedziora akan ditemani oleh dua bek berpengalaman, yaitu Kamil Glik dan Jan Bednarek.

7. Borussia Dortmund (10 pemain) 

7 Klub yang Menyumbangkan Pemain Paling Banyak di Piala Eropa 2020Skuad Borussia Dortmund musim 2020/2021. (eurosport.com)

Sepuluh pemain dari Borussia Dortmund akan berpartisipasi di Piala Eropa 2020. Tim nasional Jerman memanggil dua nama senior dalam skuad Dortmund, yakni Emre Can dan Mats Hummels. Sementara itu, Axel Witsel, Thorgan Hazard, dan Thomas Meunier akan membantu Belgia melangkah jauh dalam ajang tersebut.

Thomas Delaney yang menjadi gelandang bertahan andalan Dortmund akan membela tim nasional Denmark. Dua pemain muda Dortmund, Jude Bellingham dan Jadon Sancho, akan menggunakan seragam Inggris. Dua nama terakhir adalah Raphael Guerreiro (Portugal) dan Manuel Akanji (Swiss).

 

Tujuh klub tersebut merupakan tim besar di kompetisi Eropa. Tentu tidak mengherankan jika banyak sekali pemainnya yang ikut serta dalam meramaikan ajang Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Negosiasi dengan Dortmund, MU Segera Daratkan Sancho?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya